January 14, 2020

Intip Paten Mobil Terbang Porsche yang Nongol di Internet, Yuk!

Penulis: Rizki Romdoni
Intip Paten Mobil Terbang Porsche yang Nongol di Internet, Yuk!  

Mobitekno – Beberapa bulan setelah terungkapnya rencana mobil terbang yang melibatkan Porsche dan Boeing, kedua perusahaan ini mulai menapaki langkah awal untuk mewujudkannya. Sebuah pengajuan paten dari produsen mobil Jerman telah muncul secara daring yang menunjukkan seperti apa bentuk kendaraan terbang ini.

Paten yang ditemukan oleh Taycan EV Forum, kemudian diajukan ke Kantor Hak Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat pada 2 Juli 2019, dan diterbitkan pada 9 Januari 2020. Rinciannya adalah kendaraan terbang yang mampu lepas landas dan mendarat secara vertikal (vertical take-off and landing/VTOL) dan termasuk serangkaian gambar dasar.

Porsche, Boeing, dan anak perusahaan Boeing, Aurora Flight Sciences akan bekerja sama untuk mengembangkan mobil terbang listrik mewah

Dari gambaran paten yang dilansir Carscoops, kendaraan itu memiliki fitur empat baling-baling besar. Dua dari baling-baling ini menghadap ke bawah untuk memberikan dorongan ke atas (atau ke bawah), sedangkan satu set kipas yang lebih besar ditemukan di bagian belakang yang juga dapat mengarah ke bawah untuk membawa kendaraan keluar dari tanah dan kemudian berputar 90 derajat untuk mengirim pesawat VTOL maju. Kabin kecil dengan tempat duduk untuk dua orang juga terlihat jelas.

Paten ini juga menggambarkan pesawat menggunakan tenaga listrik.

Boeing dan Porsche adalah di antara lusinan perusahaan yang mengejar beberapa bentuk layanan taksi udara perkotaan. Tetapi sebagai salah satu perusahaan kedirgantaraan terbesar di dunia, jelas, Boeing memiliki sumber daya dan keahlian teknik untuk mendapatkan sesuatu di udara lebih cepat daripada yang lain. Dan Boeing bukan satu-satunya raksasa kedirgantaraan yang tertarik dengan penerbangan listrik.

Tahun lalu, saingan mereka, Airbus mendemonstrasikan pesawat Vahana eVTOL dalam uji terbang yang sangat mirip dengan Boeing. Tapi tidak seperti Boeing, Airbus berencana meluncurkan jaringan taksi terbangnya sendiri.

Tags: , , , ,


COMMENTS