August 13, 2020

Terlalu Murah, SUV Listrik Premium Cadillac Lyriq Dibanderol ‘Hanya’ Rp800 Jutaan

Penulis: Rizki Romdoni
Terlalu Murah, SUV Listrik Premium Cadillac Lyriq Dibanderol ‘Hanya’ Rp800 Jutaan  

Mobitekno – Pekan lalu, GM telah meluncurkan SUV listrik Cadillac Lyriq, kendaraan listrik pertama yang menggunakan platform Ultium GM. Pasca-pengumuman itu, kini GM baru mengonfirmasi bahwa SUV listrik tersebut akan dijual dengan harga kurang dari US$ 60.000 (Rp800 jutaan). Jelas itu merupakan harga yang relatif rendah untuk SUV premium.

Dengan harga tersebut, GM dinilai telah membuat komunitas kendaraan listrik berbahagia. Ini lantaran Cadillac Lyriq membawa desain yang nyaris sempurna, dapat menjangkau 300 mil (482 km), pengisian cepat 150 kW, dan masih banyak lagi. Namun perhatian utamanya ada pada harga, yang notabene belum diumumkan saat peluncuran.

Steve Carlisle, presiden General Motors Amerika Utara, membenarkan bahwa harga Cadillac Lyriq akan dimulai kurang dari US$ 60.000. Eksekutif tersebut mengatakan pada JP Morgan Auto Conference melalui Automotive News:

“Kami harus berada di zona [harga] yang sama. Mobil ini perlu diberi harga yang serupa dengan harga industri SUV menengah-mewah saat ini, mungkin sedikit lebih premium pada awalnya. Harganya tidak boleh lebih dari lima digit. Dan tidak akan dimulai dengan angka tujuh dan enam,” ujar Carlisle.

GM berencana untuk membawa Cadillac Lyriq ke pasar pada tahun 2022.

“Kita semua tahu bahwa saat ini ada beberapa negara bagian dengan kecenderungan lebih tinggi [untuk pembelian EV] daripada yang lain. Kami perlu memperhatikan itu, tetapi kami juga perlu bercita-cita untuk seluruh jajaran kami. Kami yakin dalam 7 hingga 10 tahun ke depan, kami akan go elektrik, dan kami harus beroperasi di seluruh negeri,” lanjut Carlisle.

Setelah peluncurannya, sepertinya kebanyakan orang mengira Cadillac Lyriq akan dipatok lebih dari US$ 70.000, tetapi sekarang kedengarannya akan mendekati $ 50.000, membuatnya bersaing dengan versi Model Y saat ini, yang dimulai dari US$ 50.000. Dengan harga segitu, kemungkinan Cadillac Lyriq bisa sukses di pasar terbuka lebar. Sekarang masalahnya adalah SUV mewah itu akan dirilis pada tahun 2022, sementara pasar sudah berkembang dimana ruang pasar mobil listrik bergerak sangat cepat.

Bagaimana menurutmu? Kasih tanggapan di kolom komentar, ya.

Tags: , , ,


COMMENTS