May 13, 2020

Kata VW, Teknologi Hidrogen Lebih Pas untuk Mobil Komersial Ketimbang Mobil Penumpang

Penulis: Rizki Romdoni
Kata VW, Teknologi Hidrogen Lebih Pas untuk Mobil Komersial Ketimbang Mobil Penumpang  

Mobitekno – Di saat beberapa pabrikan otomotif telah mengarahkan sebagian besar pendapatan mereka untuk penelitian dan pengembangan mobil bertenaga hidrogen terbaru, yang lain justru menyatakan ‘tidak’ untuk teknologi ini. Salah satunya adalah Volkswagen.

Ya, Volkswagen menjadi bagian dari grup yang ‘menolak’ teknologi itu, karena mereka tidak tertarik meluncurkan kendaraan dari mobil penumpang berbahan bakar sel. Autocar mengetahui itu usai berbicara dengan kepala teknis perusahaan, Matthias Rabe.

“Sebagai sebuah kelompok, kami melihat ke arah itu. Tetapi untuk Volkswagen dalam waktu dekat, itu bukan pilihan”, Rabe menjawab saat ditanya tentang kemungkinan penerapan teknologi bahan bakar sel ke dalam mobil penumpang.

Lebih lanjut, ia memercayai bahwa penerapan terbaik teknologi hidrogen di bidang otomotif adalah pada jenis kendaraan komersial, karena hanya perlu beberapa menit untuk mengisi tangki truk atau bus, dan emisi yang satunya adalah uap air.

Saat ini, VW mungkin tidak tertarik untuk meluncurkan mobil bertenaga hidrogen, karena fokus mereka adalah pada ekspansi keluarga ID kendaraan listrik, yang dipimpin oleh hatchback kompak ID.3 baru di samping Audi yang tetap menjadi pemain penting di bidang ini.

Audi h-tron quattro concept, kendaraan bertenaga hidrogen

Rencana untuk mengintensifkan pengembangan hidrogen di Audi juga berpusat pada upaya untuk menciptakan jangkauan yang lebih besar dan mengurangi persyaratan pengisian selama perjalanan panjang dan dalam cuaca dingin. Dalam perpanjangan program sebelumnya, sistem sel bahan bakar hidrogen Audi generasi keenam menggabungkan baterai yang dapat diisi melalui plug sebagai bagian dari sistem hybrid.

Tergantung pada modelnya, kapasitas baterai diletakkan pada 35-40kWh, jauh lebih kecil dari E-tron all-electric Audi, pada 95kWh. Cukup untuk jangkauan 93 mil saja.

Kompartemen mesin

Brand asal Jerman diketahui telah bereksperimen dengan teknologi ini selama beberapa tahun, kemudian menerapkannya dalam model yang berbeda dan terus-menerus menyempurnakannya. Dengan demikian, Volkswagen memiliki cukup banyak teknologi yang tersedia di kala mereka berubah pikiran. Mungkin mereka akan melakukannya, seperti yang Matthias Rabe katakan “dalam waktu dekat” ketika menyangkal rumor model kendaraan bertenaga hidrogen.

Tags: , , ,


COMMENTS