May 13, 2020

Ditopang AI dan NPL, Speaker Cerdas Widya Wicara Prima Resmi Hadir di Indonesia

Penulis: Karyo | Editor: Rizki Romdoni
Ditopang AI dan NPL, Speaker Cerdas Widya Wicara Prima Resmi Hadir di Indonesia  

Mobitekno – PT Widya Informasi Nusantara baru saja merilis smart speaker berbahasa Indonesia dengan menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI) dan Neutral Language Processing (NLP). Smart Speaker yang dinamai Widya Wicara Prima dimaksudkan menjadi gawai yang bisa menemani sesorang, tanpa harus menyentuh perangkat tersebut. Semua operasionalnya menggunakan suara, layaknya berbicara dengan orang.

Pengguna bisa memerintahkan Widya Wicara Prima untuk memutarkan lagu, browsing informasi dan bisa juga mengajak mengobrol santai. Semua pertanyaan atau perintah pengguna tersebut diproses dengan teknologi AI dan NLP.

“Teknologi tersebut membuat suara yang dihasilkan Widya terdengar sangat natural dan interaktif, selayaknya berbicara dengan teman di kehidupan sehari-hari,” ungkap Handlee Susanto selaku Chief Marketing Officer (CMO) PT Widya Informasi Nusantara, saat pemaparan produk secara virtual tersebut melalui online media session yang dilaksanakan Selasa (12/5) kemarin.

Widya Wicara Prima dapat diaktifkan dengan menggunakan koneksi internet dan mengunduh aplikasi Widya Wicara di Playstore.

“Diharapkan dengan hadirnya Widya Wicara Prima, Smart Speaker ini bisa menjadi sahabat terutama di tengah kondisi saat ini yang mengharuskan kita untuk tetap #DiRumahAja,“ jelasnya.

Susanto menjelaskan, selain dapat menjadi sahabat dekat masyarakat Indonesia dengan memberikan fitur penunjang keseharian, Widya juga berusaha membiasakan penggunanya berinteraksi dengan teknologi berbasis suara. Hal itu dilakukan untuk menciptakan ekosistem kegiatan harian yang bersinergi dengan Widya.

“Itulah mengapa Widya berkolaborasi dengan beragam aplikasi digital untuk menyajikan konten lokal yang kredibel dan dekat dengan masyarakat Indonesia. Kami merancang Widya untuk menjadi semakin pintar seiring berjalannya waktu. Kami berharap Widya juga mampu mencerdaskan masyarakat dengan memberi akses lebih kepada informasi yang berguna,” papar Susanto.

Sementara itu menurut Patrick Fernando Simamora selaku Chief Operation Officer (COO) PT Widya Informasi Nusantara, mengungkapkan bahwa alat tersebut dianggap sebagai penunjang gaya hidup di era perkembangan teknologi yang berkembang sangat pesat saat ini. Menurutnya, peminat terhadap alat tersebut terus mengalami peningkatan.

“Berdasarkan data dari lembaga riset Statista, secara global pengguna aktif asisten virtual yang juga terdapat pada produk smart speaker, tahun 2015 sebanyak 544,1 juta dan di tahun 2020 diprediksi mencapai 2,2 miliar,” ungkapnya.

Seluruh fitur dalam Widya Wicara Prima dapat dilakukan hanya dengan komando suara, tanpa harus menekan tombol apapun. Widya pun dapat diaktifkan hanya dengan mengucapkan, “Hai Widya,…” atau “Halo Widya,….”.

Atas dasar itulah menurut Patrick, Widya Wicara Prima Smart Speaker karya anak bangsa ini hadir.

Smart Speaker  tersebutr  dibekali dengan fitur-fitur unggulan yang membuatnya dapat diandalkan dalam berbagai situasi, mulai dari pemutar musik, radio, podcast dengan beragam tema, informasi seputar kesehatan, pantau Corona, membaca Alquran, fitur Ramadan, berita, perkiraan cuaca, kalender, membaca buku, pengingat waktu, alarm, kuis interaktif (periode tertentu), kalkulator, membaca horoskop, serta Q&A (Question and Answer).

Hal itu berkat teknologi Artificial Intelligence (AI) pada Widya, yakni entitas kecerdasan yang ditanamkan ke dalam mesin, sehingga Widya dapat merespons langsung atas sebuah perintah yang diberikan. Widya Wicara Prima dapat diaktifkan dengan menggunakan koneksi internet dan mengunduh aplikasi Widya Wicara di Playstore.

Smart Speaker yang disapa Widya ini dibanderol dengan harga Rp 1.499.000. Widya bisa didapatkan baik secara online di Shopee dan nantinya secara offline di gerai yang berada di beberapa kota, seperti JABODETABEK, Medan, Pekanbaru, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya dan Makassar.

Tags: , , , ,


COMMENTS