September 12, 2020

Inovasi Software HCI Terbaru dari Nutanix dapat Menyederhanakan Penerapan Multicloud

Penulis: Desmal Andi
Inovasi Software HCI Terbaru dari Nutanix dapat Menyederhanakan Penerapan Multicloud  

Mobitekno – Penyempurnaan HCI (HyperConverged Infrastucture) dari Nutanix ini diinformasikan pada gelaran Nutanix .NEXT Conference yang berlangsung 9 September 2020. Inovasi HCI dari Nutanix mampu memberikan kinerja 50% lebih cepat, kemampuan native virtual networking yang lebih baik, serta dapat menyederhanakan penerapan multicloud. Dengan begitu modernisasi TI bisa diterapkan oleh semua perusahaan dengan lebih mudah.

Hingga saat ini, ada lebih dari 17 ribu pelanggan Nutanix yang sudah menggunakan HCI dalam cloud mereka. Layanan ini diakui banyak perusahaan karena memiliki proses yang lebih sederhana, skalabilitas lebih baik, dan keamanannya yang tidak tertandingi. Bahkan, untuk HCI ini, belum lama Nutanix mendapatkan predikat sebagai pemimpin dalam The Forrester Wave: Hyperconverged Infrastructure, Q3 2020.

“Para engineer dan arsitek kami membangun fondasi arsitektur hybrid untuk menjalankan berbagai aplikasi mereka dan mengelola pertumbuhan volume data, sesuatu yang kini semakin penting ketika TI kian memainkan peranan yang lebih strategis,” kata Rajiv Mirani, Chief Technology Officer Nutanix. “Untuk membantu transisi para pelanggan kami ke model operasi hybrid dan multicloud, Nutanix telah berinvestasi secara signifikan dalam riset dan pengembangan untuk meningkatkan software stack utama kami. Berbagai kemampuan baru ini akan memperkuat kinerja dan keandalan software kami, sehingga memperluas perjalanan kami di bidang jaringan, keamanan, kinerja, dan otomatisasi.”

Penyempurnaan HCI Nitanix ini tidak lain berkat permintaan pelanggannya selama ini. Nutanix memang terus mendengarkan kebutuhan pelanggan yang semakin meningkat setiap tahunnya.

Adapun, beberapa manfaat yang bisa dirasakan pelanggan dengan update HCI dari Nutanix ini adalah:

  1. Performa 50% Lebih Cepat: Dalam meningkatkan arsitektur HCI miliknya, Nutanix selalu memanfaatkan perkembangan terkini dalam teknologi sotrage. Oleh sebab itu, penggunaan SSD berbasis NVMe dan Intel Opatne SSD menjadi perhatian Nutanix. Tidak heran, berkat penggunaan teknologi storage tersebut, latensi menjadi rendah sehingga kinerja menjadi lebih cepat.
  2. Menyederhanakan Zero-Trust Security: Strategi Zero-Trust membutuhkan control policy yang bersifat granular di jaringan dan kemampuan memonitor serta mengupdate control itu secara real-time. Banyak organisasi yang kesulitan dengan visibilitas aplikasi dan managemen keamanan yang terpadu. Security Central menghadirkan suatu hub bagi operasional keamanan, sehingga para pelanggan bisa mengakses seluruh postur keamanan dari solusi Nutanix yang mereka gunakan, menghasilkan rekomendasi yang mendetail mengenai tata kelola lingkungan, dan menyajikan visibilitas jaringan dan konteks yang dibutuhkan untuk mengamankan jaringan cloud dan aplikasi.
  3. Virtual Networking untuk Penerapan Cloud yang Lebih Sederhana: Nutanix juga mengumumkan bahwa kemampuan jaringan virtual baru di Nutanix Flow, yang terintegrasi secara native ke dalam software stack Nutanix HCI, sedang dalam pengembangan. Berdasarkan pemahaman konstruksi VPC (virtual private cloud) yang digunakan oleh penyedia public cloud besar, Flow Networking akan menyederhanakan task untuk membuat, mengisolasi, dan mengelola jaringan berbasis software yang menghubungkan aplikasi yang berjalan di pusat data center dan di lingkungan public cloud, menyederhanakan jaringan secara signifikan untuk penerapan hybrid dan multi-cloud. Teknologi VPC terbaru ini adalah hasil dari investasi multi-tahun dalam Nutanix Xi Cloud, yang memberdayakan solusi berbasis cloud dari Nutanix. Dengan VPC technology yang terintegrasi dengan AHV virtualization, pelanggan akan memiliki opsi lebih banyak untuk menghubungkan berbagai cloud mereka.
  4. Applications Insight dan Otomatisasi: Dengan adanya peningkatan manajemen operasional infrastruktur, layanan dari Nutani dapat melayani tim TI dan pengembang aplikasi dengan lebih baik lagi. Edisi terbaru Prism Ultimate menambahkan insight aplikasi yang canggih dan otomatisasi dalam rangka memecahkan berbagai bottleneck dalam infrastruktur aplikasi. Ini juga menawarkan visibilitas terhadap konsumsi sumber daya TI di cloud untuk menghemat biaya TI yang ditargetkan dan penganggaran yang lebih akurat. Selain itu, Nutanix Prism juga dapat memantau lingkungan non-Nutanix, termasuk virtualization stack yang populer, memberi pelanggan Nutanix satu glass panel untuk seluruh infrastruktur mereka, termasuk lingkungan infrastruktur yang lama.

 

Tags: , ,


COMMENTS