September 12, 2020

Agar WFH Lebih Produktif, Jangan Lupa Pilih Peralatan Penunjang Kerja yang Efektif

Penulis: Rizki Romdoni
Agar WFH Lebih Produktif, Jangan Lupa Pilih Peralatan Penunjang Kerja yang Efektif  

Mobitekno – Tren bekerja dari rumah atau sering disebut remote working menjadi sangat populer di masa pandemi ini. Tidak hanya bekerja, kegiatan belajar, konser musik, hingga acara silaturahmi yang rutin dilakukan tiap tahunnya harus dilaksanakan secara virtual. Hal ini dilakukan guna menekan angka penyebaran virus Covid-19 khususnya di Indonesia.

Sudah sepatutnya agar dapat bekerja dan belajar secara maksimal dan efektif, harus didukung dengan berbagai macam persiapan, seperti infrstruktur yang memadai. Memahami hal tersebut, pt. Datascrip kembali menggelar webinar yang mengusung tema “Bekerja dari Mana Saja, Lebih Kreatif dan Produktif di Tengah Pandemi”. Acara ini dihadiri oleh Dr. Ir. Harris Turino Kurniawan, M.Si., M.M. Head of Research Indonesian Strategic Management Society dan Ismail Maksum selaku Country Manager Logitech Indonesia Rep. Office.

Dr. Ir. Harris Turino Kurniawan mengatakan bahwa konsep remote working ini menjadi lebih efisien karena mampu mengurangi biaya. Namun bisa menjadi kurang efektif bila tidak didukung dengan berbagai infrastruktur yang memadai. Sementara untuk pemerintah sebagai pembuat regulasi, harus mulai membuat langkah-langkah baru, seperti memastikan jaringan internet yang baik dan bisa diakses oleh seluruh masyarakat.

“Melihat kondisi ini, kita memang harus berusaha beradaptasi dengan era new normal yang mengharuskan kita melakukan segalanya secara virtual dan jaga jarak. Mau tidak mau protokol kesehatan yang dianjurkan WHO harus dipatuhi. Sehingga, bila protokolnya sudah dijalankan dengan baik, pandemi ini bisa dikendalikan dengan lebih mudah,” ungkap Harris.

Sementara itu, Ismail Maksum memberikan beberapa tips agar dapat bekerja dari rumah atau remote working dengan efektif, yang pertama adalah mencari tahu mengenai software yang akan digunakan untuk conference call, berdiskusi dengan anggota keluarga perihal kebutuhan selama bekerja dari rumah, menyiapkan ruang kerja dan peralatan kerja yang memadai, mengatur jam kerja, serta yang paling penting adalah membangun kepercayaan atau membangun komunikasi yang baik antar sesama rekan kerja/klien.

“Jangan takut untuk mulai mencoba sesuatu yang baru, seperti video conference dengan rekan kerja atau atasan. Bila ada waktu luang, Anda bisa mencoba dahulu software yang akan digunakan dan luangkan waktu untuk eksplorasi software tersebut. Komunikasi dan persiapan adalah kunci, dengan komunikasi dan persiapan yang baik, maka bekerja dari rumah dapat dilakukan dengan produktif dan efektif,” ujar Ismail Maksum selaku Country Manager, Logitech Indonesia Rep. Office.

Tags: , , , ,


COMMENTS