February 12, 2020

Luncurkan Kampanye #SamaSamaNyaman, TikTok Ingin Perangi Cyber Bullying

Penulis: Desmal Andi
Luncurkan Kampanye #SamaSamaNyaman, TikTok Ingin Perangi Cyber Bullying  

Mobitekno – Perundungan online atau Cyber Bullying kerap kali ditemukan dalam berbagai layanan media sosial di Internet. Masalah ini tidak tentu saja merugikan korban, tidak hanya dalam jangka waktu pendek, tetapi juga bisa berkelanjutan dan menjadi sebuah trauma. Bertepatan dengan Safer Internet Day yang jatuh pada 11 Februari 2020, aplikasi video pendek, TikTok, bekerja sama dengan Kominfo dan Komunitas Sudah Dong, bersama-sama mengkampanyekan #SamaSamaNyaman agar tercipta media sosial yang aman dan bebas dari cyber bullying.

“Kami sangat senang, aplikasi TikTok diterima hangat oleh para pengguna di Indonesia. Oleh karena itu, kami berkimitmen untuk terus memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pengguna agar mereka bisa lebih berkreasi dengan lebih baik,” ujar Donny Eryastha selaku Head of Public Policy TikTok Indonesia, Selasa, 11/02/2020. “Untuk memberikan lingkungan yang , bersama komunitas Sudah Dong, kami membuat panduan agar bisa menghadapi dan memerangi cyber bullying,” lanjut Donny.

Dengan kampanye ini, para creator di TikTok bisa lebih awas dalam masalah cyber bullying ini. Di dalam panduan tersebut, terdapat banyak tips untuk menghadapi masalah ini. Hal ini akan bertambah nyaman berkat tersedianya fitur keamanan yang sudah disiapkan TikTok untuk menjamin kenyamanan para penggunanya.

TikTok
Donny Eryastha menjelaskan kampanye #SamaSamaNyaman untuk perangi cyber bullying

“Sejak tahun 2014, kami terus memerangi masalah bullying ini. Jika dahulu lebih banyak ditemukan bullying secara verbal, kini di era digital cyber bullying juga semakin banyak ditemukan di Internet. Ole karena itu, kami terus menngkampanyekan untuk ber-Internet secara aman dan nyaman,” kata Adiyat Yori Rambe selaku perwakilan dari Komunitas Sudah Dong. “Bersamaan dengan Safer Internet Day, kamu berusaha mewujudkan keinginan anak-anak muda yang kreatif di aplikasi TikTok untuk membuat konten yang aman dan nyaman. Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih buat TikTok yang peduli dengan masalah cyber bullying ini dengan menggelar kampanye #SamaSamaNyaman ini,” lanjut Adiyat.

Kampanye ini sendiri berjalan secara resmi mulai tanggal 11 Februari 2020. TikTok selaku penyedia platform video pendek untuk anak-anak muda kreatif telah melakukan beberapa langkah untuk mencegah cyber bullying. TikTok sudah mengajak beberapa creator untuk membuat video anti cyber bullying melalui kampanye #SamaSamaNyaman.

Langkah yang dilakukan TikTok dan Komunitas Sudah Dong ini diapreasi oleh Kominfo selaku pemilik regulasi masalah keamanan Internet di Indonesia.

“TikTok yang pada tahun 2018 sempat kami blokir sebentar karena banyaknya konten negatif, langsung melakukan pembenahan sehingga TikTok menyediakan berbagai fiitur dan layanan untuk menciptakan internet sehat. Blokir pun dicabut dan hingga kini TikTok merupakan platform yang aman untuk berkreasi, terutama untuk mengekspresikan diri. Bahkan, Kominfo pun kini memiliki akun TikTok,” kata Ferdinandus Set, Kepala Biro Humas Kominfo. “Kami sebenarnya sudah memiliki regulasi untuk memerangi cyber bullying. Bahkan menurut pasal 27 ayat 3 (UU ITE) terkait masalah penghinaan, mengatur juga masalah cyber bullying. Dan, pelaku bisa mendapatkan ancaman hukuman penjara selama 4 tahun dan denda 250 juta rupiah. Kami sangat apresiasi langkah TikTok ini dan kami akan terus memantau masalah cyber bullying ini, sama seperti yang kami lakukan pada platform digital lainnya,” lanjut Ferdinandus.

Guna mendukung kampanye ini, Komunitas Sudah Dong sudah menyediakan panduan resminya dan dapat diakses dalam website resmi mereka.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS