February 12, 2020

8 Kali Lebih Cepat, Ini Upaya 3 Indonesia Meningkatkan Kualitas Jaringan Mereka

Penulis: Rizki Romdoni
8 Kali Lebih Cepat, Ini Upaya 3 Indonesia Meningkatkan Kualitas Jaringan Mereka  

Mobitekno – Sebagai salah satu operator telko terkemuka di Indonesia, 3 Indonesia terus berkomitmen memberikan dukungan untuk menciptakan Indonesia maju dengan menyediakan jaringan yang lebih berkualitas (luas dan kuat). Pembaruan teknologi 3 akan memungkinkan laju koneksi internet hingga 8x lipat lebih cepat dibandingkan saat jaringan 4G pertama diperkenalkan pada 2016.

Secara teknis, jaringan terbaru 3 Indonesia telah menggunakan teknologi 4,5G Pro terkini, yaitu Massive MIMO 32T32R. Berdasarkan uji coba yang dilakukan perusahaan, teknologi ini mampu menghasilkan koneksi internet hingga 8x lebih cepat dibandingkan saat jaringan 4G pertama tahun 2016. Tentunya, teknologi ini juga sudah siap untuk penerapan 5G sehingga 3 dapat dengan mudah menggelar teknologi 5G di masa depan.

Presiden Direktur 3 Indonesia, M. Danny Buldansyah menyatakan bahwa peningkatan kemampuan jaringan dan pemasangan teknologi terbaru merupakan upaya perusahaan, agar lebih banyak anak muda Indonesia dari Sumatera hingga Sulawesi dapat memanfaatkan internet.

Hal senada juga disampaikan oleh Dolly Susanto selaku Chief Commercial Officer 3 Indonesia. Ia mengatakan, “Tidak semua anak muda punya kesempatan yang sama, terlebih mereka yang tinggal di daerah yang terbatas dari akses informasi. Melalui teknologi yang kami hadirkan, semoga bisa menjadi solusi,” ujarnya.

Pada 2019, 3 telah berhasil memperluas jaringan dengan membangun 9.000 BTS 4G, yang akan meliputi 300 kabupaten, 3.000 kecamatan, dan 33.000 pedesaan. Berdasarkan laporan independen, jaringan 3 menunjukkan kinerja yang kompetitif dan di atas rata-rata industri dalam hal latency, speed dan 4G Availability. Meski belum menjangkau Indonesia bagian timur seutuhnya, 3 berharap akan mengejar target itu secara bertahap.

“Kami telah memasang sumber daya listrik cadangan di semua BTS dan memasang teknologi pemindahan jalur yang disebut ASON pada jaringan fiber kami, sehingga kami siap dalam keadaan darurat, seperti black out atau bencana alam,” jelas Dolly.

Produk 3 Menyasar Kaum Milenial

Tak hanya memaparkan sejumlah peningkatan kualitas 3 dalam hal jaringan, mereka juga turut memperkenalkan rangkaian produk baru yang relevan unruk anak muda. Pertama, ada produk utama 3, AlwaysOn 1GB, menawarkan kuota internet dengan masa aktif selamanya. Artinya, pengguna tidak perlu khawatir kuotanya akan hangus, karena kuota AlwaysOn akan tetap aktif mengikuti masa aktif kartu.

Selain itu, 3 Indonesia juga menawarkan paket bundel kuota internet dengan penyedia konten berkualitas dengan harga yang sangat terjangkau bahkan jika dibandingkan dengan laman Amazon sendiri. Amazon Prime Video 1 bulan berlangganan + 5GB akam dikenakan Rp75.000. 3 patut berbangga, karena mereka satu-satunya merek telekomunikasi yang memungkinkan pengguna untuk berlangganan Amazon Prime Video dengan menggunakan pulsa 3.

Tags: , , , ,


COMMENTS