September 11, 2020

Manfaatkan .NEXT Conference 2020, Nutanix Luncurkan Platform-as-a-Service Kubernetes

Penulis: Desmal Andi
Manfaatkan .NEXT Conference 2020, Nutanix Luncurkan Platform-as-a-Service Kubernetes  

Mobitekno – Platform ini ditujukan untuk perusahaan-perusahaan agar lebih mudah mengelola aplikasi-aplikasi mereka, terutama di era multicloud seperti saat ini. Karbon Platform Service yang diperkenalkan Nutanix ini berbasis Platform-as-a-Service (Paas) Kubernetes yang dapat mengelola keamanan sistem dengan otomatis. Platform ini dapat mempercepat penerapan aplikasi berbasis microservices di cloud mana saja.

Dengan adanya solusi terbaru dari Nutanix ini, para pengembang software dapat menambah pengalaman mereka terutama dalam menggunakan layanan yang siap pakai, baik itu on premise, public cloud, maupun edge. Semuanya dapat menjalankan aplikasi-aplikasi cloud native yang dapat memisahkan aplikasi dari infrastruktur yang sudah ada sebelumnya.

“Sumber daya TI adalah mesin yang menggerakkan perusahaan-perusahaan digital. Namun ketika perusahaan berkembang, mengadopsi hybrid cloud, dan mengelola aplkasi yang jumlahnya semakin bertambah, kebutuhan teknis pendukung dapat menjadi tantangan bagi TI,” kata Rajiv Mirani, CTO di Nutanix. “Dengan Karbon Platform Services, kami ingin menyederhanakan pengembangan dan orkestrasi aplikasi serta menyederhanakan hubungan antara TI dan tim pengembangan untuk mendukung strategi DevOps pelanggan kami.”

PaaS cloud native baru ini akan membantu para perancang software dalam menyederhanakan pengembangan dan orkestrasi aplikasi, tanpa perlu mengelola infrastruktur yang mendasarinya. Karbon Platform Services dibangun dengan kemampuan manajemen lifecycle Kubernetes inti yang awalnya diperkenalkan sebagai Karbon, yaitu komponen terintegrasi dalam software Nutanix HCI. Penawaran baru ini menghadirkan keamanan otomatis yang dikelola sistem dan multi-tenancy untuk menjalankan berbagai aplikasi berbasis microservices di berbagai infrastruktur cloud.

Beberapa manfaat dari karbon Platform Service dari Nutanix ini diantaranya sebagai berikut:

  • Rich Managed Services: Penawaran PaaS ini memungkinkan pengembangan dan penerapan aplikasi yang cepat, mulai dari containerized applications yang simpel hingga ke aplikasi skala web yang kompleks, dengan memanfaatkan open abstraction yang simpel dari layanan yang beragam. Secara khusus, Karbon Platform Services meliputi: managed Kubernetes (K8s-aaS), Containers-as-a-Service (CaaS), serverless Function, AI, message bus, ingress, service mesh, observability, dan layanan keamanan.
  • SaaS-based Multicloud Operations: Tim operasional mendapatkan keuntungan dari kegiatan operasional yang disederhanakan dan aplikasi yang seragam, data, dan manajemen lifecycle keamanan, apa pun cloud yang mendasarinya, dengan memanfaatkan manager lifecycle infrastruktur berbasis SaaS. Pengembang mendapatkan keuntungan dari layanan platform yang lengkap sehingga cukup sekali menulis aplikasi lalu menjalankannya di cloud melalui manajer lifecycle aplikasi berbasis SaaS.
  • Extensible Hybrid PaaS: Karbon Platform Services menyediakan mobilitas data lintas cloud dan manajemen aplikasi hybrid melalui pipeline data yang transparan, WAN-optimized, dan antarmuka data yang dapat diperluas. Fitur ini menghadirkan fleksibilitas bagi perusahaan-perusahaan untuk menghadirkan layanan mereka sendiri dan memanfaatkan ekosistem Kubernetes yang lebih luas.
  • Enhanced Security Posture: Dengan Karbon Platform Services, tim operasional TI dapat memanfaatkan model keamanan dan API yang konsisten dengan observasi data dan aplikasi yang terpadu di seluruh cloud. Ia menyediakan keamanan otomatis yang dikelola sistem dengan multi-tenancy dan role-based access control (RBAC) yang sudah built-in, untuk layanan yang lebih lengkap.

 

 

 

Tags: , , ,


COMMENTS