August 10, 2020

Spesifikasi Hardware dan Teknologi Terkini Menjadi Alasan Mengapa Samsung Galaxy Note20 Series Layak Dimiliki

Penulis: Desmal Andi
Spesifikasi Hardware dan Teknologi Terkini Menjadi Alasan Mengapa Samsung Galaxy Note20 Series Layak Dimiliki  

Mobitekno – Samsung Galaxy Note20 Series telah resmi diperkenalkan Samsung ke masyarakat dunia. Galaxy Note20 Series hadir bersamaan dengan empat perangkat lainnya, yaitu Galaxy Tab S7 dan S7+, Galaxy Watch 3, Galaxy Buds Live, serta Galaxy Z Fold2 dalam acara Virtual Galaxy Unpacked. Tentunya, Samsung menawarkan performa yang andal dan inovasi teknologi terkini untuk Galaxy Note20 Series ini.

Samsung Galaxy Note20 Series juga hadir meneruskan kedigdayaan rangkaian Note series sebelumnya. Smartphone ini didesain bagi mereka yang menginginkan teknologi mutakhir, terutama untuk menunjang produktivitas. Dengan Note20 Series, mereka bisa memaksimalkan waktu, baik untuk bekerja dan bermain.

Prosesor untuk Tingkatkan Performa

Performa yang andal dan kencang ini tentunya tidak lepas dari peran hardware yang disematkan ke dalam smartphone. Salah satunya adalah prosesor Exynos 990 terbaru. Prosesor ini sebenarnya sama dengan yang dimiliki Samsung Galaxy S20. Namun, di versi terbaru ini, Samsung sudah lebih mengoptimalkan Exynos 990. Dengan begitu, tidak hanya menawarkan performa yang kencang, Exynos 990 juga mampu bekerja lebih efisien sehingga menghemat penggunaan baterai.

Prosesor Exynos 990 dibangun menggunakan teknologi fabrikasi 7nm. Teknologi ini dapat meningkatkan performa CPU hingga 19 persen dan 13 persen pada GPU. Bahkan, di prosesor ini, peningkatan juga terjadi untuk Neural Processing Unit (NPU). Ini membuat prosesor lebih optimal untuk mendukung teknologi Artificial Intelligence (AI). Peningkatan NPU ini juga membuat smartphone lebih pintar dengan adanya dukungan teknologi kecerdasan buatan (AI) ini. Dengan peningkatan-peningkatan yang ada di Exynos 990 terbaruini, membuat Galaxy Note20 menjadi smartphone sangat ideal, tidak hanya untuk menunjang produktivitas, tetapi juga bermain serta multimedia.

Exynos 990

Memori 8GB LPDDR5 yang Lebih Hemat Energi dan Kencang

Tidak hanya prosesor yang membuat Galaxy Note20 Series ini kencang. Dukungan memori juga menjadi faktor penting di dalamnya. Memori menjadi pendukung prosesor agar bisa melakukan semua komputasi dengan lebih lancar dan cepat. Memori ini bisa diibaratkan pipa yang mengalirkan semua proses yang menghubungkan sistem dengan prosesor.

Jika dibandingkan dengan Galaxy Note10 Plus yang menggunakan memori hingga 12GB, di Galaxy Note20 Series ini cukup menggunakan memori 8GB saja. Namun, bukan berarti ada penurunan performa. Hal ini karena di Galaxy Note20 Series sudah menggunakan tipe memori LPDDR5, tipe memori dengan teknologi lebih tinggi dibandingkan LPDDR4x yang digunakan Galaxy Note10 Plus. LPDDR5 bahkan bisa membuat performa smartphone lebih cepat dan mulus.

LPDDR 5 bisa bekerja dengan kecepatan hingga 6.400Mbps. Ini 1,5 kali lebih cepat dari sebelumnya. Bahkan, transfer data bisa mencapai kecepatan 51,2 Gbps. Dengan demikian, penggunaan memori jenis ini dapat menghemat penggunaan daya hingga 30%.

Samsung Galaxy Note20 Series Dibekali Memori 8GB RAM LPDDR5

Baterai 4.500mAh yang Didukung Fast Charging 25W

Baterai juga menjadi salah satu faktor penting yang dapat mendukung performa Galaxy Note20 Series. Dengan kapasitas 4.500mAh (Galaxy Note20 Ultra) dan 4.300mAh (Galaxy Note20), Samsung menawarkan durasi penggunaan smartphone yang lebih lama. Namun begitu, dengan dukungan fast charging 25W, proses pengisian daya tidak membutuhkan waktu lama. Untuk mencapai kapasitas baterai sebesar 50%, hanya membutuhkan waktu 30 menit saja. Ini tentunya dapat membuat pengguna lebih produktif karena tidak perlu menunggu lama hanya untuk mengisi ulang baterai.

Menariknya, Samsung juga melengkapinya dengan teknologi pengisian baterai secara nirkabel melalui Fast Qi/PMA Wireless Charging dan teknologi Wireless PowerShare. Teknologi ini dapat digunakan juga untuk mengisi perangkat Samsung lainnya seperti galaxy Buds atau Galaxy Watch dengan cepat dan tanpa repot.

Baterai didukung pengisian cepat 25W dan fitur PowerShare

Teknologi-teknologi tadi membuat Samsung Galaxy Note20 Series mampu bekerja lebih optimal serta menawarkan kemudahan bagi semua penggunanya. Bagi Anda yang ingin memiliki Samsung Galaxy Note20 Series ini, Samsung sudah membuka pemesanan melalui sistem pre-order dan sudah dibuka sejak 6 Agustus 2020 hingga 19 Agustus 2020. Adapun detailnya sebagai berikut:

  • Galaxy Note20 dibanderol dengan harga Rp 14.499.000. Setiap pemesanan akan disertai dengan e-voucher untuk pembelian Galaxy Buds+ senilai Rp 2.399.000.
  • Galaxy Note20 Ultra varian 256GB memiliki harga Rp 17.999.000, sementara varian 512GB dibanderol senilai Rp 19.999.000. Setiap pemesanan Galaxy Note 20 Ultra akan disertai dengan e-voucher untuk pembelian Galaxy Buds Live senilai Rp 2.599.000  

Peserta pre-order juga berkesempatan untuk mendapatkan bank cashback hingga Rp 1.000.000 dengan bunga cicilan 0% dan periode hingga 24 bulan bila menggunakan mitra-mitra bank Samsung di Indonesia. Sedangkan bagi yang sudah melakukan Handraiser dan melanjutkan dengan pembelian akan mendapatkan smart case cover senilai Rp 699.000.

Untuk mengikuti pre-order atau mendapatkan informasi lebih lanjut dapat dilakukan dengan mengunjungi situs pre-order Samsung di www.galaxylaunchpack.com serta berbagai e-commerce yang telah bekerja sama dengan Samsung, yaitu Lazada, JD.ID, Blibli, Shopee, Tokopedia, Eraspace, Bukalapak, Akulaku, Bhinneka.com, Dinomarket, dan Globalteleshop.

Tags: , , , ,


COMMENTS