August 10, 2020

Raih Skor Tertinggi, Nutanix Sabet Predikat Leader dalam Hyperconverged Infrastructure

Penulis: Rizki Romdoni
Raih Skor Tertinggi, Nutanix Sabet Predikat Leader dalam Hyperconverged Infrastructure  

Mobitekno – Nutanix belum lama ini mengumumkan keberhasilannya meraih predikat Leader dalam The Forrester Wave™: Hyperconverged Infrastructure, Q3 2020, yang diterbitkan oleh Forrester Research, Inc. Laporan ini mengevaluasi 11 vendor Hyperconverged Infrastructure (HCI) terkait Penawaran Terbaru (Current Offering), Kehadiran di Pasar (Market Presence), dan Strategi (Strategy). Nutanix menempati posisi leader dengan skor tertinggi untuk ketiga kategori tersebut.

Nutanix meyakini pencapaian ini konsisten dengan hasil riset market independen dari lembaga riset lain, yang semuanya menyimpulkan bahwa Nutanix adalah pemimpin yang diakui semua pihak di pasar HCI yang berkembang sangat cepat karena memiliki strategi yang luar biasa guna mendorong inovasi di pasar data center dan cloud.

Dheeraj Pandey, Co-founder dan CEO Nutanix, menjelaskan, “Di Nutanix kami fokus membuat komputasi menjadi tidak kasat mata, dimulai dengan data center dan sekarang meluas ke cloud seiring dengan pergerakan kita menuju dunia yang semakin didominasi oleh lingkungan hybrid-cloud dan multicloud,”

“Pandemi ini menegaskan pentingnya perusahaan-perusahaan teknologi yang sangat memperhatikan pelanggan dan kebutuhan mereka untuk membantu mereka melalui keberlangsungan bisnis secara real-time, TI yang lebih terotomatisasi, dan migrasi ke private cloud atau public cloud.” lanjtnya.

Nutanix

Laporan The Forrester Wave ini menempatkan Nutanix di posisi leader dan memberikan pengakuan tersebut berkat visinya melayani TI enterprise lebih dari sekadar HCI, serta mempertahankan posisi terdepan melalui inovasi yang berkelanjutan, investasi dalam R&D, momentum penjualan, berbagai kemitraan, dan akuisisi pelanggan baru di semua segmen dan wilayah geografis. Pengakuan lainnya dalam laporan itu adalah:

  • Vendor dengan ranking tertinggi dalam kriteria platform support, fungsi storage, skalabilitas solusinya, manageability, dan kemudahan pengoperasian.
  • Vendor dengan ranking tertinggi dalam kategori Kahadiran di Pasar (Market Presence) dan menjadi salah satu peraih ranking tertinggi dalam kriteria kemitraan dan basis implementasi solusinya.
  • Menjadi salah satu vendor dengan ranking tertinggi dalam kategori strategi serta kriteria feedback dari pelanggan dan strategi produk.

Berita baik ini hadir bersamaan dengan sejumlah momentum menggembirakan yang diraih oleh Nutanix, yaitu:  

  • Terus memperluas basis pelanggan: Nutanix terus memperluas basis pelanggannya hingga mencapai 16.580 pelanggan per 30 April 2020. Selain kehadirannya di pasar yang terus tumbuh, Nutanix selalu membuat pelanggan merasa puas, dengan mempertahankan tingkat kesetiaan pelanggan (retention rate) sebesar 97%, tingkat ekspansi bisnis (net expansion rate) dalam hitungan dolar sebesar 132%, dan nilai rata-rata Net Promoter Score (NPS) 90 selama 6 tahun.
  • Inovasi produk: Nutanix terus fokus pada inovasi software HCI dan baru-baru ini mengumumkan solusi baru yang memungkinkan tim TI melakukan implementasi, upgrade dan troubleshoot software cloud dari mana saja – Foundation Central, Insight dan Lifecycle Manager – yang semuanya tersedia bagi para pelanggan Nutanix HCI tanpa biaya tambahan. Perusahaan juga baru-baru ini menghadirkan kemampuan baru dalam software HCI untuk menyederhanakan advanced business continuity, dan terus memberikan support kepada pelanggan ketika mereka harus menyiasati dampak pandemi COVID-19 terhadap bisnis mereka.  
  • Meraih 84% pendapatan dari model berlangganan (subscription): Nutanix melanjutkan transisinya ke model bisnis berlangganan, dengan billing dari model berlangganan meningkat 43% secara year-on-year hingga mencapai 84% dari total billing per 30 April 2020. Dengan model ini pelanggan memiliki fleksibiltas yang lebih besar dalam cara mereka melakukan pengadaan dan menggunakan software HCI sesuai dengan kebutuhan bisnis dan TI yang spesifik, serta memiliki kebebasan untuk memindahkan software dan lisensi software mereka ke hardware lain, dan mencegah agar pelanggan tidak terkunci dengan solusi yang tidak kompatibel dengan solusi-solusi pihak ketiga (lock-in) yang lazim terjadi pada vendor TI lain. 
Tags: , , , ,


COMMENTS