August 10, 2020

Digarap Keroyokan, Yamaha Bangga Luncurkan Motor Trail Listrik Baru

Penulis: Rizki Romdoni
Digarap Keroyokan, Yamaha Bangga Luncurkan Motor Trail Listrik Baru  

Mobitekno – Yamaha telah melihat kemajuan mengesankan selama beberapa pekan ini pada kendaraan listrik roda dua mereka. Kontribusi terbaru perusahaan asal Negeri Sakura dalam industri sepeda motor listrik hadir dalam bentuk motor trail listrik baru. Kendaraan ini belum memiliki nama, melainkan menggunakan proyek moniker EMX Powertrain atau Electric Motocross Powertrain.

Ini dikembangkan bersama oleh Yamaha Motor Europe N.V., lalu perusahaan pengembangan listrik roda dua (Dohms), produsen baterai SPIKE, dan Royal Dutch Motorcyclists Association (KNMV).

Bekerja secara ‘keroyokan’, tim itu telah memberikan wawasan dan sebuah desain yang memperlihatkan kendaraan motorcross listrik 250cc tingkat kompetisi pemula. Yamaha menyandarkan kerangka dan bodi motor melalui platform Yamaha YZF250, sementara SPIKE memberikan ‘jantung’ dalam bentuk paket baterai yang dapat ditukar, sementara Dohms memberikan ‘dorongan’ lewat penyalur daya elektrik.

Ide untuk proyek ini awalnya digagas satu setengah tahun yang lalu oleh pembalap motorcross Elmar Dohms setelah mendengar keluhan seputar kebisingan di trek sepeda motor trail.

Elmar menjelaskan, “Perubahan besar sedang berlangsung dalam hal kebisingan dan kendala lingkungan, yang membatasi kesesuaian sepeda motor konvensional. Itulah mengapa saya melakukan studi kelayakan ke alternatif, yang menunjukkan potensi besar untuk sepeda motorcross bertenaga listrik,”

Yamaha mengamini pernyataan Elmar dan antusias dengan proyek ini. Sebagaimana dijelaskan oleh Leon Oosterhof dari Divisi Perencanaan Produk Yamaha Motor Eropa, “Kami senang dapat mendukung proyek ini, karena kami merasa penting untuk mendorong perkembangan teknologi kelistrikan. Kami sangat menantikan untuk menguji dan mengevaluasi prototipe untuk memahami bagaimana kinerja teknologi dari Dohms dan SPIKE di sasis YZF kami,”

Tags: , , , ,


COMMENTS