August 10, 2020

ColorOS 7.2 Siap Menemani Pengguna Oppo, Diawali dari Oppo Reno4

Penulis: Desmal Andi
ColorOS 7.2 Siap Menemani Pengguna Oppo, Diawali dari Oppo Reno4  

Mobitekno – Selain meluncurkan Oppo Reno4 pada minggu lalu, Oppo juga memperkenalkan sistem operasi terbaru mereka, ColorOS 7.2. Dan, suatu kebanggaan bagi pengguna Oppo Reno4 karena smartphone ini menjadi yang pertama menggunakan ColorOS 7.2. Sistem operasi terbaru ini hadir lebih sempurna dari sebelumnya, sesuai saran dan masukan dari para pengguna Oppo. Di Indonesia sendiri pengguna Oppo sudah mencapai lebih dari 20 juta orang.

Sebagai sistem operasi terbaru, tentu saja ada banyak fitur yang dibawa di dalamnya. Fitur-fitur canggih tersebut seperti AI-enhanced Smart Sensor, AI App Preloading, hingga Super Power Saving Mode. Smart Air Control misalnya, fitur ini dapat menggeser layar dengan menggunakan Air Gesture dari tangan. Jadi, tidak perlu menyentuh layar.

“Smart AirControl dapat menjadi solusi untuk menjaga kebersihan dan meminimalisir kontak fisik, terutama pada situasi sensitif seperti pandemi saat ini, sehingga pengguna dapat menghindari penyebaran kuman dan bakteri karena tidak perlu menyentuh ponsel untuk menggunakannya,” ujar Aryo Meidianto.

Peran AI sangat besar di ColorOS 7.2

Fitur lainnya yang cukup menarik adalah Smart Spying Prevention. Fitur keamanan ini bisa mencegah penggunaan smartphone oleh orang lain yang tidak berhak. Fitur ini menggabungkan algoritma AI khusus dari ColorOS sehingga memungkinkan smartphone untuk mengenali wajah, gesture, dan pose. Semua fitur ini ada berdasarkan masukan dari para pengguna Oppo.

Dukungan AI memang cukup banyak di sistem operasi ini. AI App Preloading misalnya. Fitur ini dapat mempercepat pembukaan aplikasi. Ini karena sistem mempelajari perilaku pengguna selama menggunakan banyak aplikasi. Jadi sistem bisa mengetahui aplikasi favorit apa saja yang sering dibuka. Menurut Oppo, berdasarkan hasil pengujian di Oppo Lab AI App Preloading ini memungkinkan aplikasi terbuka 23,63% lebih cepat dari sebelumnya tanpa mengonsumsi tambahan daya.

ColorOS 7.2 menghadirkan Super Power Saving Mode yang bisa memperpanjang durasi smartphone, bahkan pada level baterai yang sangat rendah sekalipun. Dengan mode ini, pengguna masih bisa melakukan beberapa aktivitas seperti chat di Whatsapp selama 90 menit, walau baterai sudah hampir habis. Tidakhanya chat, pengguna pun bisa melakukan lebih dari 80 selfie serta panggilan hingga 1 jam. Ini semua bisa dilakukan dengan baterai di level 15%.

Beberapa tampilan di ColorOS 7.2

Menambah pengalaman pengguna

Tidak hanya fitur yang disediakan cukup banyak, ColorOS 7.2 juga menghadirkan pengalaman menggunakan smartphone yang lebih baik dan nyaman. Bermain game misalnya. ColorOS 7.2 menyediakan Quick Return Bubble yang memungkinkan pengguna untuk melakukan lebih dari satu aktivitas dengan smartphonenya sambil bermain game. Bahkan, informasi seputar permainan bisa ditampilkan.

ColorOS 7.2 juga dilengkapi dengan Anti-Fragmentation Engine yang memastikan smartphone dapat berjalan dengan mulus. Teknologi yang dikembangkan secara mandiri oleh Oppo ini memungkinkan memori fisik ponsel mengurangi frekuensi fragmentasi memori hingga 99%, serta meningkatkan kecepatan penerapan blok-blok besar pada RAM sebesar 18%. AntiFragmentation Engine juga dapat mengurangi kemungkinan terjadinya black screens, lagging, dan crash hingga 93%, yang biasanya disebabkan oleh fragmentasi pada memori virtual, sehingga memastikan pengalaman pengguna yang lebih mulus dan menyenangkan.

Fitur lainnya yanghadir adalah Super Nightime Standby. Ini memungkinkan smartphone hanya mengonsumsi daya sebesar 2% di malam hari, saat pengguna tidur. Fitur ini cukup berguna karena membuat mereka tidakperlu terburu-buru mengisi daya saat terbangun di pagi hari.

Ada banyak fitur lain yang tentunya membawa manfaat bagi pengguna dalam mendukung aktivitasnya sehari-hari. Mulai dari Icon Pulldown Gesture untuk menggunakan smartphone dengan satu tangan, wallpaper artistik yang membuat mata semakin nyaman, hingga Wallpaper gravity yang menampilkan wallpaper secara dinamis.

 

 

 

Tags: , , , ,


COMMENTS