June 8, 2020

Denmark Kembangkan Uji Tes Swab Pakai Robot, Ini Videonya

Penulis: Rizki Romdoni
Denmark Kembangkan Uji Tes Swab Pakai Robot, Ini Videonya  

Mobitekno – Sejumlah peneliti Denmark telah mengembangkan robot otomatis yang dapat mengambil tes swab pasien Covid-19, sehingga tenaga kesehatan profesional tidak berisiko terpapar infeksi.

Para peneliti dari Southern University of Denmark (SDU) dan Lifeline Robotics berharap purwarupa ‘robot swab’ mereka dapat segera dikerahkan untuk membantu para tenaga kesehatan profesional dari tugas berisiko tinggi untuk menguji pasien.

Thiusius Rajeeth Savarimuthu, profesor robotika di SDU, menjelaskan, ketika seorang pasien menunjukkan kartu identitas, robot tersebut akan mempersiapkan contoh pengambilan sampel, lalu melakukan swab dan menempatkan sampel dalam wadah yang siap untuk pengujian.

Dalam sebuah video yang diunggah di YouTube, Savarimuthi menguji robot pada dirinya sendiri. Dia memposisikan wajahnya dengan dagu dalam bingkai plastik, membuka mulutnya lebar-lebar dan membiarkan lengan robot memasukkan tongkat ke bagian belakang tenggorokannya dan memutarnya.

Robot yang ditenagai oleh kecerdasan buatan (AI) dilengkapi kamera untuk menemukan bagian tenggorokan yang tepat dan diprogram untuk menyeka dengan lembut.

“Anda mendapatkan prosedur yang sama berulang-ulang yang akan memberikan kualitas sampel yang lebih baik,” kata Savarimuthu.

Sementara itu, kepala eksekutif Lifeline Robotics, Soeren Stig, mengatakan, “Akan ada permintaan global, kebutuhan global untuk pengujian lebih banyak, pengujian lebih otomatis, untuk melindungi dan melindungi mereka yang berada di garis depan,”

Tags: , , , , ,


COMMENTS