March 5, 2020

Berdayakan Pengusaha Mikro, Grab Ventures Hadirkan Grab Ventures Velocity Angkatan 3

Penulis: Karyo | Editor: Rizki R
Berdayakan Pengusaha Mikro, Grab Ventures Hadirkan Grab Ventures Velocity Angkatan 3  

Mobitekno – Setelah sukses gelar Grab Ventures Velocity (GVV)  tahun lalu, kini Grab Ventures kembali menggelar program tersebut GVV Angkatan 3. Dengan mengususng tema besar “Memberdayakan Pengusaha Mikro” dengan dua jalur berbeda yaitu Restaurant Value Add Services dan B2B Logistic. Jalur pertama bertujuan untuk merangkul startup yang menghadirkan solusi digital bagi pemilik UKM di bidang restoran agar dapat menumbuhkan bisnisnya, mengurangi biaya, dan melancarkan operasionalnya. Jalur kedua menargetkan startup yang dapat menghadirkan disrupsi digital dalam industri logistik dengan inovasi dalam warehousing dan trucking space.

Menyusul kesuksesan startup Indonesia yang terpilih sebagai GVV Angkatan 2 seperti TaniHub dan Qoala, GVV Angkatan 3 juga diharapkan dapat merangkul bibit unggul startup untuk berkembang melalui akses ke ekosistem Grab.

Selain peluncuran GVV Angkatan 3, Grab juga melakukan kemitraan strategis dengan BRI Ventures, perpanjangan tangan dalam bidang VC (Venture Capital) dari bank BUMN terbesar, Bank Rakyat Indonesia (BRI), dalam rangka mendukung pertumbuhan ekosistem startup di Indonesia.

Acara peluncuran GVV Angkatan 3 kali ini terbilang istimewa, pasalnya peluncuran acara tersebut dihadiri oleh 2 petinggi negara. Pada acara tersebut hadir Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia, Teten Masduki; Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Johnny G. Plate; Deputi Bidang SDM, Kementerian dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia, Arif Rahman Hakim.

Selain itu, tentunya dihadiri oleh pihak Grab sendiri seperti President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata; Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi; Head of GrabVentures, Chris Yeo; Head of GrabKios, Agung Nugroho  serta CEO of BRI Ventures, Nicko Widjaja; VP of Investor Relation & Strategy BRI Ventures, Markus Liman Rahardja, dan Founder dari semua startup lulusan Grab Venture Velocity (GVV) Angkatan 2 dari TaniHub, Qoala, Tamasia, PergiUmroh, Sayurbox.

Grab

Grab Ventures dan BRI Ventures menandatangani MoU kemitraan strategis untuk menciptakan inisiatif bersama yang baru dalam rangka meningkatkan komunitas startup Indonesia. Kedua entitas akan menyatukan ekosistem Grab dan BRI untuk menciptakan peluang pertumbuhan yang unik bagi startup baru di Indonesia.

Dalam sambutannya, Teten Masduki, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Republik Indonesia mengatatakan menyambut baik dibukanya program GVV Angkatan 3  tersebut. Ia mengatakan, ”Sebagai tulang punggung pertumbuhan ekonomi di tanah air, pemerintah telah melakukan upaya berkelanjutan untuk mendukung UKM melalui berbagai pelatihan dan program. Dengan bantuan teknologi, kami berharap UKM dapat mengembangkan dan memperluas bisnisnya, “ ungkapnya, di Jakarta, Selasa (3/3).

Sementara itu, Johnny G. Plate, Menteri Komunikasi dan Informatika, Republik Indonesia menambahkan, “Indonesia telah dikenal sebagai ladang yang potensial bagi startup untuk berkembang, apalagi dengan bermunculannya unicorn-unicorn besar di Asia Tenggara. Dengan ekosistem dan dukungan pemerintah yang berkelanjutan, peningkatan talenta digital di Indonesia juga menjadi kunci pertumbuhan startup dalam negeri. Program Grab Ventures Velocity tentunya menjadi langkah tepat untuk membimbing talenta digital, dan kami berharap dapat mendorong ekonomi digital di Indonesia,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia, mengungkapkan, “Kami beruntung ekosistem startup Indonesia telah terbukti menjadi ekosistem startup terkuat di kawasan ini selama bertahun-tahun,”

“Grab telah memasuki tahun ke-6 beroperasi di Indonesia dan perjalanan panjang ini juga membuat kami memahami apa saja tantangan dan kebutuhan yang dihadapi perusahaan startup yang sedang berkembang di tanah air. Melalui GVV kami berharap dapat meningkatkan kualitas startup tanah air melalui bimbingan dan juga akses pasar sehingga bisa mendukung upaya pemerintah untuk mendorong ekonomi digital,” jelas Neneng

Sesuai dengan komitmennya untuk mendukung ekosistem startup di Indonesia, Grab Ventures dan BRI Ventures menandatangani MoU kemitraan strategis untuk menciptakan inisiatif bersama yang baru dalam rangka meningkatkan komunitas startup Indonesia. Kedua entitas akan menyatukan ekosistem Grab dan BRI untuk menciptakan peluang pertumbuhan yang unik bagi startup baru di Indonesia.

“BRI Ventures percaya bahwa sangat penting untuk mendukung ekosistem startup dalam rangka mempercepat inklusi keuangan dan ekonomi digital Indonesia. Karena itu, kami sangat senang bisa berkolaborasi dengan Grab yang memiliki visi yang sama dengan kami. Semoga usaha bersama ini akan mendorong ekosistem startup yang pada akhirnya mempercepat pertumbuhan ekonomi Indonesia,” kata Nicko Widjaja, CEO BRI Ventures.

Pendaftaran GVV Angkatan 3 saat ini telah dibuka dan dapat diikuti oleh semua startup di Indonesia dan Asia Tenggara. Startup yang terpilih sebagai Angkatan 3 nantinya akan memperoleh bimbingan dari para ahli C-level di bidang startup serta kesempatan untuk mengetes proyek pilot mereka di platform Grab serta akses kepada basis pelanggan Grab yang luas.

Tags: , , ,


COMMENTS