February 5, 2020

Suzuki Luncurkan ECSTAR, Pelumas Resmi Kendaraan Suzuki

Penulis: Desmal Andi
Suzuki Luncurkan ECSTAR, Pelumas Resmi Kendaraan Suzuki  

Mobitekno – Setelah dikembangkan di Jepang sejak 1980-an, ECSTAR akhirnya masuk ke Indonesia sebagai pelumas resmi untuk kendaraan Suzuki. Peluncuran ini dilakukan langsung oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di Jakarta pada Selasa, 5 Februari 2020. ECSTAR yang berarti bintang yang menuju performa yang menyenangkan didesain khusus untuk meningkatkan kinerja, stabilitas, dan menjaga temperatur mesin.

“ECSTAR memiliki formu khusus yang dapat memberikan kinerja terbaik pada mesin, mengurangi gesekan, membersihkan, dan mempertahankan stabilitas temperatur mesin. Dengan begitu, mesin menjadi lebih efisien dalam hal penggunaan bahan bakar,” ujar Ignatius Ratrianto, Spare part Department Head, PT Suzuki Indomobil Motor.

Pelumas Suzuki ini rencananya akan hadir untuk semua jenis kendaraan dari Suzuki seperti roda dua, roda empat, dan OBM. Namun, untuk saat ini, Suzuki memulainya dengan produk ECSTAR untuk roda empat, yaitu ECSTAR 0W-20 SN.

ECSTAR 0W-20 SN memiliki spesifikasi API Service SN. Spesifikasi ini merupakan standar tertinggi untuk kualitas pelumas yang diakui oleh API. Dengan demikian, ECTSAR sudah berstandar internasional. Menurut Suzuki, pelumas ini memiliki tiga keunggulan yaitu menghemat bahan bakar, melincungi mesin, dan menjaga mesin tetap bersih. Dalam merawat mesin, proses pembuatan pelumas ini menggunakan teknologi Molybdenum. Teknologi ini mampu membentuk lapisan keras yang rata di permukaan metal pada mesin. Hal ini tentunya dapat mengurangi gesekan yang dapat menghemat konsumsi bahan bakar.

ECSTAR 0W-20 SN dibanderol mulai harga Rp 95 ribu per liternya. Sementara untuk kemasan 4 liter dibanderol Rp 380 ribu.

Selain pelumas mesin, Suzuki juga meluncurkan produk ECSTAR lainnya, yaitu pelumas transmisi, ATF Fluid, dan ECSTAR Chemical.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS