September 4, 2020

Duh, Mobil Listrik Ini Meledak Saat Sedang Dicas

Penulis: Rizki Romdoni
Duh, Mobil Listrik Ini Meledak Saat Sedang Dicas  

Mobitekno – Sebuah rekaman video di negara Cina menangkap momen saat kendaraan listrik meledak yang diduga sedang berada di stasiun pengisian. Insiden ini dikabarkan terjadi sekitar bulan Agustus. Laporan lokal menunjukkan bahwa pemilik mobil listrik merah memarkir mobil di Sanming, Cina selatan, dan menghubungkannya ke stasiun pengisian daya.

Agak sulit mengidentifikasi model kendaraan apa, akan tetapi seperti dilansir Drive, kendaraan itu memiliki kemiripan dengan BAIC EX360. Mungkin juga itu adalah model hibrida plug-in dari BAIC.

Terlepas dari modelnya, dilaporkan bahwa asap mulai keluar dari mobil tak lama setelah dicolokkan di stasiun pengisian. Pemiliknya dengan cepat menelepon pemadam kebakaran, yang kemudian menyemprot kendaraan nahas itu dengan air dingin.

Video yang direkam oleh seseorang dari menara apartemen menunjukkan petugas pemadam kebakaran mengarahkan semburan air tepat di bagian belakang kendaraan. Kemudian mobil itu meledak membentuk bola api dan menembakkan panel bodi ke segala arah, serta melubangi atap stasiun pengisian.

Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan air untuk kendaraan listrik yang terbakar adalah solusi yang lebih baik daripada busa atau bahan kimia kering lainnya yang digunakan banyak departemen pemadam kebakaran untuk jenis kebakaran lainnya. Faktanya, tampaknya cara terbaik untuk mengontrol api dari mobil listrik adalah dengan mengalirkan daya secara langsung dan terfokus pada baterai. Persis seperti yang dilakukan kru pemadam kebakaran dalam hal ini.

Beberapa jenis investigasi akan diluncurkan atas insiden tersebut dan semoga akan membantu menjawab beberapa pertanyaan yang tak terelakkan dari ledakan tersebut.

Tags: , , ,


COMMENTS