April 3, 2020

Volume Data Melimpah, Cloudera Tawarkan Solusi untuk LINE

Penulis: Rizki Romdoni
Volume Data Melimpah, Cloudera Tawarkan Solusi untuk LINE  

Mobitekno – Mengelola siklus data dalam sebuah platform yang dibangun dengan teknologi open source merupakan langkah strategis yang diambil LINE Corporation. Baru-baru ini, mereka mengumumkan telah memilih Cloudera–perusahaan data cloud enterprise– untuk mendongkrak pertumbuhan bisnis melalui perkembangan Data Science and Engineering Center (DSEC) milik LINE.

LINE memiliki tujuan untuk mendekatkan jarak antara informasi, layanan, dan para penggunanya. Dengan aplikasi pengiriman pesan sebagai intinya, bisnis LINE mencakup layanan-layanan mobile-first, termasuk komunikasi, konten dan hiburan, iklan, serta bisnis-bisnis strategis di sektor Fintech, AI, dan lainnya.

DSEC LINE perlu menangani volume data yang besar dan beragam serta dapat memberikan informasi penting ke berbagai lini bisnis agar dapat menyediakan layanan bagi 186 juta pengguna aktif setiap di seluruh dunia.

“Untuk menjadi yang terdepan dalam inovasi, sangat penting bagi kami untuk dapat mengelola, memanfaatkan, dan mengamankan big data sembari tetap mendemokratisasikannya,” tutur Cheolho Choi, Engineering Director of Data Platform dan Fellow of Data Engineering, LINE Corporation.

Choi yakin bahwa Cloudera dapat meningkatkan platform data LINE yang kuat untuk mempercepat waktu dalam meraih nilai bisnis, memperkuat keamanan data kami, dan mengurangi biaya operasional.

Dengan kapabilitas keamanan dan tata kelola terpusat level enterprise dari Platform Data Cloudera, DSEC dapat mengelola dan mengatur data secara lebih efektif dan aman, yakni dengan mengizinkan operator mengatur dan memelihara parameter metadata untuk keamanan, tingkat kepatuhan terhadap peraturan, serta analitik data.

Penggabungan data warehouse dari berbagai layanannya, memungkinkan LINE mengantisipasi peningkatan platform data dan pengguna di seluruh perusahaan agar bisa mendapatkan analitik yang mandiri dan teratur tanpa mengorbankan keamanan data mereka.

 

Hal ini juga selaras dengan restrukturisasi LINE terhadap perusahaannya untuk mempromosikan penggunaan data di seluruh lini bisnis dan departemen dengan sepenuhnya memanfaatkan basis datanya yang sangat besar guna meningkatkan kegunaan layanan yang ada, serta menciptakan layanan dan fungsi-fungsi baru yang didukung oleh AI.

“Konsumen saat ini mengharapkan perusahaan-perusahaan untuk menawarkan layanan yang makin personal dan berinovasi dengan cepat sekaligus menjaga keamanan data mereka,” ujar Mark Micallef, Vice President of Asia Pacific and Japan, Cloudera.

Micallef merasa senang dapat membantu LINE dalam menjawab tuntutan tersebut dengan memberdayakan penggunanya di seluruh perusahaan untuk mentransformasi data mereka yang besar dan kompleks menjadi wawasan yang jelas dan dapat ditindaklanjuti dengan menggunakan suatu platform data terintegrasi yang skalabel dan memberikan analitik multifungsi dengan keamanan dan tata kelola yang konsisten.

Untuk memastikan keberhasilan perjalanan berbasis data LINE mulai dari tahap rancangan awal hingga operasi skala besar, Cloudera akan terus menyediakan tenaga ahli dan panduan khusus melalui tim konsultan layanan profesional globalnya.

Kolaborasi ini akan membantu konsolidasi big data infrastructure LINE sekaligus meminimalkan downtime, mengoptimalkan lingkungan big data mereka untuk memastikan bahwa sumber daya server secara efisien digunakan oleh teknologi pembelajaran mesin (machine learning) dan beban kerja analisis yang ada yang mendukung layanan LINE, dan memastikan perlindungan data yang konsisten dan berkualitas tinggi.

Selain itu, pelatihan khusus Cloudera akan membekali para teknisi DSEC dengan keterampilan untuk mengelola dan mengamankan big data secara efektif. Dengan memiliki talenta-talenta terampil seperti itu, LINE akan berada dalam posisi yang lebih baik untuk mempromosikan penelitian dan pengembangan teknologi AI yang memperkuat bisnisnya.

Tags: , , , ,


COMMENTS