September 2, 2020

Gerakan Rabu Nabung, Tokopedia Ajak Masyarakat Indonesia untuk Mulai Berinvestasi

Penulis: Desmal Andi
Gerakan Rabu Nabung, Tokopedia Ajak Masyarakat Indonesia untuk Mulai Berinvestasi  

Mobitekno – Menabung, aktivitas ini sudah sering didengungkan kepada kita sejak kecil. Dengan menabung, kita bisa memperoleh hal-hal yang diinginkan tanpa terhalang masalah dana. Saat ini, menabung juga menjadi salah satu bentuk investasi untuk diri kita sendiri. Oleh sebab itu, gerakan Rabu Nabung yang dijalankan Tokopedia ini sangat bermanfaat untuk masyarakat Indonesia. Apalagi di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang tentunya semua orang disarankan untuk memiliki investasi.

Tokopedia yang saat ini sudah memiliki lebih dari 8,9 juta penjual dan memasarkan lebih dari 350 juta produk terdaftar, tentunya bisa menjadi platform yang cocok untuk gerakan ini. Apalagi Tokopedia sudah diakses di 98% kecamatan di Indonesia. Tentunya, hal ini bisa memberikan kemudahan bagi seluruh masyarakat untuk memanfaatkan layanan yang ada di dalamnya.

“Tokopedia selalu berkomitmen untuk memberikan kemudahan kepada seluruh masyarakat. Oleh sebab itu, kami berusaha menyediakan semua kebutuhan masyarakat yang saat ini sulit di dapat secara offline. Kami pun berusaha menyediakan layanan yang lengkap, termasuk kebutuhan finansial,” ujar

Vira Widiyasari
Vira Widiyasari

, VP of Fintech and Payment Tokopedia.

“Dengan gerakan Rabu Nabung ini, kami mengajak masyarakat untuk berinvestasi. Dengan adanya pandemi ini, masyarakat kini menjadi lebih peduli tentang pentingnya investasi,” lanjut Vira.

Dengan adanya gerakan ini, setiap hari Rabu, masyarkat bisa membeli reksa dana melalui Tokopedia dan bisa memberoleh gift card hingga Rp 75 ribu. Sementara untuk yang menabung emas berkesempatan mendapatkan cahsback hingga Rp 250 ribu.

Tokopedia Reksa Dana sendiri sudah hadir sejak 2018 dan diawasi ileh OJK. Layanan ini pun terus bertumbuh selama dua tahun keberadaannya. Transaksi Tokopedia Reksa Dana bertumbuh hampir 27 kali lipat. Jumlah pengguna yang terdaftar di Tokopedia Reksa Dana juga bertumbuh lebih dari 57 kali lipat.

Kenaikan ini tidak lepas dari dorongan sejumlah nilai tambah yang ditawarkan Tokopedia. Contohnya adalah tidak adanya biaya transaksi, kemudahan pencairan, hingga keuntungan 6,5% per tahun yang sudah bersih dari pajak.

“Tokopedia selalu berupaya untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan kegiatan investasi. Tokopedia ingin memberikan persepsi yang berbeda terhadap aktivitas investasi. Di Tokopedia, investasi bukan sesuatu yang sulit dan juga bukan sesuatu yang mahall,” ujar Marissa Dewi selaku Senior Lead Fintech Tokopedia.

Bagaimana dengan investasi emas? Sama halnya dengan Reksa Dana, Tokopedia Emas yang lahir 2019 juga bertumbuh pesat. Jumlah pengguna Tokopedia Emas yang terdaftar kini mencapai 30 kali lipat.

Tokopedia Emas juga menghadirkan berbagai fitur tambahan, seperti Pembulatan Emas, yang memungkinkan masyarakat berbelanja sambil menabung emas dengan membulatkan nominal belanja pada halaman Checkout mulai dari Rp 500.

Selain itu, Tokopedia juga memiliki fitur Langganan Emas. Fitur ini dapatmempermudah masyarakat mengatur pembelian emas secara harian, mingguan, maupun bulanan, misal pada hari gajian. Masyarakat juga bisa berbagi saldo emas dengan orang terdekatnya melalui fitur Kado Emas. Selain itu, melalui kerja sama dengan Pegadaian, Tokopedia Emas sudah memenuhi prinsip-prinsip syariah.

Tags: , , ,


COMMENTS