August 2, 2020

XL Axiata Gunakan Teknologi Cloud Core 5G-Ready Milik Ericsson

Penulis: Desmal Andi
XL Axiata Gunakan Teknologi Cloud Core 5G-Ready Milik Ericsson  

Mobitekno – Teknologi 5G memang menawarkan kecepatan jaringan yang cepat. Oleh karena itu, banyak operator di dunia yang sudah menyiapkan teknologi ini untuk mendukung layanan komunikasi dan data mereka. Di sisi lain, banyak juga perusahaan jaringan yang menyodorkan teknologi 5G terbaik mereka untuk digunakan banyak pihak. Contohnya seperti Ericsson yang memiliki teknologi 5G Cloud Core 5G-Ready ini. Teknologi 5G Ericsson ini akhirnya dipilih XL Axiata untuk mendukung layanan mereka, terutama untuk kawasan Indonesia Timur.

Kerjasama yang dilakukan Ericsson dan XL Axiata ini meliputi solusi cloud Packet Core Ericsson dan network Function Virtualization Infrastructure (NFVI). Keduanya akan digunakan XL untuk mengelola pertumbuhan penggunaan data pelanggan.

Ericsson Cloud Packet Core meliputi aplikasi terdepan di pasar, seperti Evolved Packet Gateway, memungkinkan arsitektur jaringan inti (core network) terdistribusi serta meningkatkan kinerja jaringan dalam persiapan menuju 5G.

Ditambah dengan NFVI, jaringan inti terbaru ini akan mendukung XL Axiata dengan solusi terbuka dan fleksibel, yang memiliki kemampuan untuk mengimplementasikan teknologiteknologi baru dengan kustomisasi bawaan dan inovasi baru. Hal ini akan mendukung pengenalan layanan terbaru dan membantu memperkaya pengalaman pengguna, seraya tetap memberikan pelayanan maksimal.

“Penggunaan layanan data di Indonesia tumbuh pesat dan pengguna selalu mencari teknologi tercanggih setiap saat. Dengan menggunakan solusi Cloud Packet Core, yang canggih, kami akan tetap menjadi pemimpin teknologi dan mampu memenuhi permintaan pengguna yang terus meningkat. Bagi kami, Ericsson adalah salah satu mitra jaringan penting dan kami yakin implementasi ini akan meningkatkan kualitas kinerja jaringan kami,” ujar Yessie D. Yosetya, Chief Technology Officer, XL Axiata.

Teknologi 5G memang akan menjadi andalan banyak operator untuk mendukung layanan mereka. Dengan 5G, operator bisa memberikan layanan lebih maksimal dengan waktu yang lebih singkat. Berdasakan laporan Ericsson Mobility Report Juni 2019, rata-rata penggunaan data di setiap smartphone di Indonesia diperkirakan akan meningkat 10 kali lipat dengan adanya perangkat 5G. Oleh sebab itu, solusi dari Ericsson ini dapat mendukung operator, khususnya XL Axiata, dalam mempersiapkan pengingkatan trafik data, menyederhanakan operasi, dan menjamin pendapatan dari layanan 5G.

“Ericsson adalah pemimpin pasar Evolved Packet Core virtual dan NFVI dalam beberapa tahun terakhir. Kematangan penerapan software kami, stabilitas kinerja operasional serta kemampuan pengiriman lokal kami yang luar biasa, menjadi faktor penting bagi XL Axiata dalam memilih kami sebagai penyedia solusi terbaik. Kerjasama ini adalah bukti kepemimpinan Ericsson dalam hal Packet Core serta menunjukkan komitmen kami untuk bekerja bersama XL Axiata dalam menghadirkan layanan 5G,” ujar Jerry Soper selaku Country Head of Ericsson Indonesia.

Cloud Packet Core Ericsson sendiri saat iniu terus mengembangkan aplikasi EPC virtual. Ericsson selalu  berdedikasi untuk mendukung pelanggan sehingga dapat dengan mulus melakukan evolusi dari EPC menjadi operasi mode ganda 5G Cloud Core, 5G EPC dan 5G Core (5GC). Dengan demikian, hal ini dapat menjamin fleksibilitas, kecepatan waktu untuk dipasarkan dan efisiensi dalam operasi.

Sementara itu, solusi NFVI Ericsson memungkinkan operator untuk mengimplementasikan telekomunikasi virtual, OSS, BSS, IT dan aplikasi pada media dengan kecepatan penuh dan total tarif kepemilikan rendah. Untuk mulai menerapkan aplikasi berbasis teknologi cloud dengan cepat dan berisiko rendah, Ericsson memiliki solusi yang terintegrasi dengan edge computing dan kemampuan pengelolaan kontainer.

Tags: , , , ,


COMMENTS