August 2, 2020

Antisipasi Arus Balik Idul Adha 1441H, Pertamina Siagakan Mobile Storage untuk Jaga Pasokan BBM

Penulis: Desmal Andi
Antisipasi Arus Balik Idul Adha 1441H, Pertamina Siagakan Mobile Storage untuk Jaga Pasokan BBM  

Mobitekno – Mobile storage milik Pertamina ini disiagakan di ruas tol Cipali daerah Cirebon mengarah ke Jakarta. Storage ini ditempatkan di SPBU rest Area KM101B, KM62B, dan KM57A. Hal ini dilakukan Pertamina guna menjaga pasokan BBM untuk masyarakat yang melakukan arus balik setelah merayakan Idul Adha 1441H di kampung halaman. Selain itu, hari Minggu ini juga diprediksi menjadi puncak arus balik hingga Senin pagi.

Data dari PT Jasa Marga (Persero) sendiri memperkirakan jumlah kendaraan yang akan menuju Jakarta pada 1-2 Agustus 2020 bisa mencapai 272.692 kendaraan. Dari jumlah tersebut, ruas tol Cikampek dari arah Timur Jakarta akan menjadi yang paling padat karena menyumbang 56% dari total kendaraan arus balik. Sisanya, masuk Jakarta melalui tol Jagorawi (akses Selatan) dan tol Tangerang (akses Barat).

“Mobile Storage adalah mobil tangki berisi BBM, yang bersiaga untuk mengisi tangki BBM di SPBU. Keberadaan Mobile Storage ini dapat mempercepat proses pengisian BBM ke SPBU, sehingga stok BBM bagi konsumen dapat terjaga,” ujar Dewi Sri Utami, selaku Unit Manager Communication Relations & CSR MOR III. “Kami memastikan pasokan BBM di SPBU-SPBU, terutama yang terdapat di ruas tol, mampu memenuhi kebutuhan masyarakat. Untuk mendukung pasokan BBM ini, Pertamina juga mengantisipasi dengan pengadaan mobile storage di SPBU, sehingga proses pemenuhan tangki SPBU bisa berjalan dengan lebih cepat,” lanjut Dewi.

Antrian kendaraan di SPBU saat arus balik Idul Adha 1441H

Selain mobile storage, MOR III juga menyiapkan dua armada motor Pertamina Delivery Service (motorist) di sekitar ruas tol KM57A dan 52B. Apabila sangat diperlukan, Motorist dengan pengawalan aparat akan menghampiri ke mobil konsumen.

Menurut Dewi, motorist ini merupakan strategi untuk konsumen yang sangat terpaksa memerlukan BBM, namun masih jauh dari SPBU.

Sepanjang ruas tol Cipali, dari Cirebon hingga Cikampek, masyarakat dapat mengisi BBM di SPBU Pertamina di Rest Area Km229B, KM208B, KM164B dan KM101B.

Sedangkan, pada ruas tol Cikampek hingga Gerbang Tol Dalam Kota Jakarta, SPBU terdapat di Rest Area KM62B, KM42B, dan KM6B.

Sejalan dengan protokol Covid-19, dia menjelaskan, dalam bertransaksi di SPBU konsumen kendaraan roda empat dapat tetap berada di dalam kendaraan. Apabila diperlukan keluar dari kendaraan, konsumen wajib menjaga jarak aman minimal 1 meter dari operator SPBU.

 

 

Tags: , ,


COMMENTS