July 2, 2020

Telkomsel Perkenalkan Jagoan Internet Rumahan, Telkomsel Orbit

Penulis: Rizki Romdoni
Telkomsel Perkenalkan Jagoan Internet Rumahan, Telkomsel Orbit  

Mobitekno – Tanpa gembar-gembor, promosi, ataupun iklan yang eye catching, Telkomsel baru saja memperkenalkan solusi berbasis digital internet home broadband Telkomsel Orbit. Sesuai namanya, Orbit, Telkomsel Orbit siap ‘mengelilingi’ penggunanya dengan  solusi digital yang mampu memberdayakan secara menyeluruh.

Telkomsel Orbit terdiri dari perangkat keras dan lunak, antara lain modem Orbit dan aplikasi MyOrbit. Modem Orbit terbagi menjadi dua varian, yakni Orbit Max dan Orbit Star. Keduanya dapat langsung diaktifkan dan disambungkan ke perangkat setelah dilakukan pemasangan mandiri oleh pelanggan.

Pihak Telkomsel punya alasan tersendiri mengapa baru saat ini merilis Telkomsel Orbit. Head of Home LTE Telkomsel, Arief Pradetya, menyampaikan bahwa sekarang penetrasi home broadband Indonesia ketinggalan jauh dari negara tetangga, seperti Filipina dan Thailand. Padahal seiring meningkatnya pertumbuhan home broadband juga menaikkan GDP Indonesia.

“Tahun 2025 penetrasi home broadband 35-40%, dimana akan ada 26 juta rumah tangga pengakses. Secara demografi akan ada 15 juta pengguna jaringan kabel dan 11 juta di-cover jaringan nirkabel. Ujungnya adalah bisa berkontribusi kemajuan Indonesia,” kata Arief.

Head of Home LTE Telkomsel, Arief Pradetya saat memaparkan materi via Zoom

Pada fase awal peluncurannya, Telkomsel Orbit telah menjangkau 50 kota di seluruh Indonesia. Namun Arief merincikan, satu kota itu tidak seluruhnya ter-cover layanan Telkomsel Orbit. Alasannya, belum tentu di satu kota itu seluruhnya ter-cover BTS 4G LTE. Jadi untuk menjaga layanannya agar tetap prima, Telkomsel Orbit membuat kuota-kuota bagi masyarakat yang ingin mencoba layanan tersebut.

“Pendekatan yang kami lakukan adalah menghitung BTS per BTS berdasarkan hari ini dan historical data, dan kami jujur hanya membuka Orbit untuk BTS yang ada semua frekuensinya, memang ada kapasitas tersisa (berapa orang yang kami akomodasi). Kami menjaga jumlah pengguna dalam satu BTS dan juga menghitung jarak rumah ke BTS,” jelas Arief.

Bagi kamu yang penasaran ingin mencicipi Telkomsel Orbit, Telkomsel memberikan harga khusus untuk pembelian produk Telkomsel Orbit, baik untuk modem maupun paket datanya. Untuk varian modem Orbit Star akan dibanderol senilai Rp 799.000, sedangkan Orbit Max memiliki harga Rp 2.399.000.

Setiap pembelian Orbit Star dan Orbit Max sendiri sudah termasuk modem, kartu SIM prabayar Telkomsel, dan kuota data (50 GB untuk Orbit Star dan 150 GB untuk Orbit Max selama 30 hari).

Murah bukan berarti murahan. Telkomsel Orbit menjamin kualitas dan layanan akses internetan bagi pelanggannya. Bahkan, mereka menjamin garansi pengembalian uang 7 hari bila koneksi di rumah lambat.

Secara spesfikasi hardware, Arief menjelaskan Orbit Star memiliki kemampuan untuk terhubung dengan 32 perangkat sekaligus, sedangkan Orbit Max mampu terkoneksi dengan 64 perangkat secara simultan. Kekuatan sinyal, menurut Arief, ditentukan oleh konstruksi bangunan. Jadi, modem Star atau Max memiliki spec hardware yang standar pada umumnya atau bisa lebih tinggi.

Ditunjang oleh Aplikasi MyOrbit

Telkomsel Orbit dilengkapi aplikasi MyOrbit dengan berbagai fitur yang mampu mendukung pengguna dalam memenuhi kebutuhan secara digital. Beberapa fitur dari aplikasi tersebut meliputi pengendalian perangkat yang terkoneksi, pemantauan pemakaian kuota, pengaturan waktu penggunaan internet, dan pembelian paket data.

Aplikasi MyOrbit sendiri dapat diunduh di Google Play Store secara gratis dan akan tersedia dalam waktu dekat untuk pengguna iOS.  Beberapa keunggulan dari Telkomsel Orbit sebagai solusi koneksi internet nirkabel di dalam rumah antara lain adalah paket kuota yang berlaku 24 jam tanpa batasan aplikasi, tanpa perpanjangan otomatis dan tanpa biaya kelebihan pemakaian sehingga biaya tersedia secara transparan.

Untuk pemakaian internet setelah bulan pertama, pelanggan selanjutnya dapat membeli paket data khusus Telkomsel Orbit yang tersedia dalam 3 pilihan, mulai dari Rp 65.000 dengan kuota data hingga 100GB. Khusus 3 bulan pertama, pelanggan dapat menikmati diskon 50% paket data sejak pembelian dan aktivasi pertama kali.

Selanjutnya pelanggan tidak perlu menunggu lama untuk menikmati internet karena aktivasi dapat dilakukan secara mandiri, instan dan mudah menggunakan aplikasi MyOrbit, sehingga tidak memerlukan kedatangan teknisi ke dalam rumah.

Selain itu, pelanggan mendapatkan garansi 1 tahun jika terjadi kerusakan modem di tahun pertama pemakaian. Untuk melakukan pembelian sekaligus mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai produk dan lokasi jangkauan dapat mengakses situs resmi Telkomsel Orbit di myorbit.id.

Tags: , , , ,


COMMENTS