March 2, 2020

Telkomsel Sabet Enam Penghargaan dari Opensignal

Penulis: Rizki R
Telkomsel Sabet Enam Penghargaan dari Opensignal  

Mobitekno – Telkomsel belum lama ini mengumumkan bahwa mereka telah meraih sejumlah penghargaan dari Opensignal. Raihan ini dicapai berkat konsistensi Telkomsel dalam menghadirkan konektivitas dengan teknologi terdepan guna menjamin kenyamanan gaya hidup digital pelanggan. Telkomsel berkomitmen untuk terus bergerak maju dan berkontribusi dalam mengakselerasikan Indonesia, melalui keunggulan teknologi dan inovasi bisnis telekomunikasi berbasis digital.

Memetik hasil dari usaha Telkomsel untuk terus menghadirkan produk dan solusi terbaik berbasis customer centric, secara keseluruhan Telkomsel meraih penghargaan dari Opensignal untuk kategori Video Experience, Download Speed Experience, Upload Speed Experience, Latency Experience, serta dua kategori baru antara lain Voice App Experience dan 4G Coverage Experience.

Direktur Marketing Telkomsel Rachel Goh mengatakan, “Telkomsel mengapresiasi laporan serta penghargaan yang telah diberikan oleh Opensignal. Penghargaan ini menjadi dorongan yang kuat untuk kami secara konsisten terus bergerak maju mengakselerasikan negeri guna menguatkan ekosistem gaya hidup digital secara menyeluruh dan berkelanjutan di Indonesia, terutama dengan bertranformasi menghadirkan layanan berbasis digital yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.”

OpenSig

(Ka-ki) Direktur Marketing Telkomsel Rachel Goh, Direktur Network Telkomsel FM Venusiana R saat menerima penghargaan yang diberikan langsung oleh CEO & Co Opensignal Brendan Gill di Jakarta, Rabu (26/20).

Dalam laporan OpensignalMobile Network Experience dijelaskan bahwa terjadi peningkatan skor dari masing-masing kategori award. Telkomsel meraih peningkatan sebesar 4.5 poin menjadi 58.8 poin dalam Video Experience, hal ini membuat Telkomsel berada pada kategori Good dalam menghadirkan pengalaman menonton video secara online, sekaligus menjadi satu-satunya operator seluler di Indonesia yang berhasil menembus kategori tersebut.

Bagi Telkomsel kualitas layanan data yang handal merupakan kunci sukses dalam memberikan layanan terbaik kepada pelanggan, salah satunya dalam menikmati layanan video dengan nyaman. Keseriusan Telkomsel untuk memberikan kenyamanan pelanggan dalam mengakses layanan video juga diwujudkan dengan tersedianya layanan Video on Demand (VoD) MAXStream yang memberikan tayangan edukatif, informatif, dan menghibur untuk seluruh segmen pelanggan.

Untuk kategori Download Speed ExperienceTelkomsel mencatatkan kecepatan mengunduh sebesar 12Mbps secara keseluruhan, meningkat sekitar 23% selama enam bulan terakhir, jika dirinci, kecepatan mengunduh Telkomsel pada jaringan 4G mencapai 14,1Mbps. Untuk kategori Upload Speed Experience Telkomsel mencatatkan kecepatan mengunggah sebesar 5,4Mbps secara keseluruhan, atau meningkat 45% dan kecepatan mengunggah Telkomsel pada jaringan 4G mencapai 6,9Mbps.

Telkomsel selalu konsisten dalam menjamin dan menjaga kecepatan upload maupun download ini, untuk memberikan pengalaman terbaik pelanggan sehingga dapat menunjang aktivitas pelanggan mengunggah konten baik foto, grafis, maupun live streaming di berbagai platform media sosial seperti Instagram, Facebook, atupun Youtube dengan lancar.

Sedangkan untuk kategori Latency ExperienceTelkomsel mencatatkan latensi sebesar 45,5ms secara keseluruhan dan latensi jaringan 4G Telkomsel berada di angka 40,1ms. Pengukuran latensi yang mencakup berbagai aktivitas internet pengguna, mulai dari berselancar internet hingga bermain game online. Semakin latensi rendah maka layanan digital berbasis broadband juga lebih responsif, sehingga dapat mendukung kebutuhan berbagai macam layanan digital salah satunya adalah mobile gaming.

Pada kategori Voice App ExperienceTelkomsel mendapatkan skor 77,3 dari 100. Voice App Experience merupakan kategori baru yang mengukur pengalaman atas layanan suara over-the-top (OTT) seperti WhatsApp, Skype, dan Facebook Messenger. Dengan pencapaian skor pada kategori ini, pengguna di jaringan Telkomsel tidak mengalami gangguan yang berarti. Untuk kategori 4G Coverage ExperienceTelkomsel mendapatkan skor 7,9 dari 10.

Sama seperti Voice App Experience4G Coverage Experience juga merupakan kategori baru. Skor ini berada di posisi sangat terdepan dari operator seluler lainnya yang didapat dari hasil analisis lokasi pengguna yang menerima sinyal 4G. Laporan Opensignal selama tahun 2019 ini selengkapnya dapat diakses melalui tautan

OpenSignal

Pencapaian Telkomsel tersebut juga tidak terlepas dari komitmen untuk menghadirkan jaringan berteknologi terdepan secara merata di seluruh Indonesia. Terlebih dengan semakin meningkatnya penetrasi gawai pintar serta pemanfaatan layanan berbasis digital di Indonesia. Selama tahun 2020 ini, Telkomsel berencana untuk menambah pembangunan BTS Broadband 4G LTE sekitar 22.000 unit di seluruh Indonesia. Hal tersebut merupakan wujud nyata Telkomsel dalam menghadirkan digital connectivity terdepan dan terluas, serta menjaga kapasitas dan kualitas jaringan broadband tetap terjaga.

Direktur Network Telkomsel FM Venusiana R, mengatakan, ”Dalam mendukung transformasi Telkomsel menjadi perusahaan telekomunikasi digital seutuhnya, kami perlu membangun ekosistem pendukung secara menyeluruh, mulai dari ketersediaan dan pemerataan teknologi jaringan terdepan, kehadiran produk dan layanan berbasis digital, hingga menjamin kualitas konektivitas broadband sesuai kebutuhan pelanggan.

“Penghargaan dari Opensignal mengingatkan kami bahwa selama 25 tahun Telkomsel selalu hadir membangun Indonesia dalam setiap fase perkembangan teknogi dengan memberikan layanan terbaik bagi pelanggan dan bangsa Indonesia.” pungkasnya.

Tags: , , , ,


COMMENTS