July 1, 2020

Perkuat Pasar Proyektor Laser Interaktif Tanah Air, Epson Perkenalkan EB-1485Fi

Penulis: Rizki Romdoni
Perkuat Pasar Proyektor Laser Interaktif Tanah Air, Epson Perkenalkan EB-1485Fi  

Mobitekno – Dominasi Epson di pasar proyektor interaktif Indonesia tidak perlu dipertanyakan. Data dari Futuresource mencatat di FY19 (Apr-Mar ’20) untuk kategori proyektor interaktif, Epson duduk nyaman di nomor 1 dengan pangsa 84%. Untuk memperkuat ‘cakar’ mereka di kategori itu, Epson kembali memperkenalkan proyektor laser interaktif ultra-short throw Epson EB-1485Fi.

Epson EB-1485Fi dapat berfungsi sebagai whiteboard digital interaktif yang sangat lebar dan menghadirkan peningkatan produktivitas dan kolaborasi di ruang kelas dan ruang rapat.

Zanipar SA Siadari, Senior Product Marketing Manager Visual Instrument & Printer Epson Indonesia, menjelaskan bahwa proyektor interaktif terbaru Epson merupakan perangkat penunjang produktivitas lengkap yang memberikan pengalaman digital tanpa batas kepada pengguna.

“Melalui proyektor laser kami, kami bertujuan untuk menghubungkan orang-orang dan teknologi dengan solusi untuk ide-ide, tampilan dan kolaborasi kreatif,” ungkap Zan.

Spesifikasi Teknis dan Fitur Andalan Epson EB-1485Fi

Secara teknis, proyektor ini menawarkan 5.000 lumens dengan warna dan kecerahan putih yang seimbang (tidak terlalu kuning, hijau, atau merah), layar laser Full HD yang sangat terang dapat memproyeksikan gambar ekstra lebar hingga 120 inci secara diagonal dengan rasio baru 16:6. Selain itu, proyektor ini mengubah permukaan datar apapun menjadi whiteboard digital instan yang tidak memerlukan PC atau perangkat lunak apapun untuk mendukung kolaborasi yang mendalam.

Epson EB-1485Fi 

Lebih jauh, Epson EB-1485Fi telah dibekali fungsi edge-blending internal yang memungkinkan pengguna untuk menghubungkan dua proyektor EB-1485Fi berjaringan bersama untuk mencapai interaktivitas tanpa batas pada layar ganda. Pengguna juga bisa menggabungkan hingga empat proyektor untuk memproyeksikan gambar panorama besar (tanpa interaktivitas). Hal ini membuat proyektor interaktif sangat cocok di situasi saat ini.

Tak hanya itu, fitur Papan Tulis Digital, memungkinkan pengguna memanfaatkan proyektor untuk menulis hingga mencapai 20 halaman. Semua hasil mengajar atau hasil rapat bisa langsung dikirimkan melalui surel atau dicetak ke printer Epson tanpa membutuhkan bantuan komputer. Para pengguna dapat menggambar, menyimpan, mencetak, dan mengirim konten email langsung dari proyektor interaktif ini. Mereka juga dapat secara nirkabel berbagi konten secara bersamaan dari beberapa perangkat dengan Miracast.

Beberapa sekolah di Indonesia, khsusunya pulau Jawa telah menerapkan kebijakan social distancing. Maka penggunaan proyektor ini dapat digabungkan dengan aplikasi video conferencing, sehingga sekolah dapat melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dan juga Blended Learning secara online dengan murid-murid di rumah, dan bahkan pada saat dibutuhkan, guru juga dapat mengajar di ruangan kelas yang berbeda dengan materi ajar yang sama dengan memanfaatkan fitur Whiteboard Sharing dari proyektor ini.

Pada segmen perkantoran, karyawan dapat menggabungkan proyektor interaktif ini dengan perangkat lunak atau perangkat keras video conferencing untuk melakukan rapat rapat secara virtual baik dengan kantor cabang maupun para pelanggan tanpa mengurangi kualitas rapat tersebut.

 

Panel kontrol yang terpasang di dinding memungkinkan untuk kendali tombol daya, peralihan sumber dan mendukung konektivitas HDBaseT, sehingga mengurangi jumlah kabel antara komputer dan proyektor menjadi satu kabel untuk gambar, audio dan interaktivitas. Hal ini secara efektif mengurangi waktu instalasi, sehingga pengguna dapat lebih fokus pada tugas-tugas yang penting. Untuk harga dan ketersediaan, Epson mematok harga di angka 63,2 juta IDR dengan paket lengkap (tinggal pasang) mencakup stylus interaktif dan hanging bracket.

Tags: , , ,


COMMENTS