July 1, 2020

Baterai Besar, Desain Menarik, dan Modul Kamera Jadi Pemikat Ponsel Entry-Level Realme C11

Penulis: Iwan RS
Baterai Besar, Desain Menarik, dan Modul Kamera Jadi Pemikat Ponsel Entry-Level Realme C11  

Mobitekno – Pandemi yang masih belum jelas kapan berakhir membuat perangkat komunikasi seperti smartphone menjadi sangat penting bagi umat manusia untuk tetap saling terkoneksi dan bersosialisasi dari jarak jauh. Tidak mengherankan jika produsen smartphone makin agresif meluncurkan smartphone terbaru.

Salah satu produsen yang sangat ‘gercep’ dalam merilis smartphone/ponsel di pasar Tanah Air adalah Realme. Di penghujung paruh kedua 2020 ini (30/6/2020) Realme kembali membuktikan konsistensinya dengan meluncurkan produk terbaru, yaitu Realme C11 yang menyasar ponsel segmen entry-level.

Seperti prediksi yang beredar sebelumnya, Realme C11 mengusung entry-level chipset gaming terbaru MediaTek Helio G35. Apabila spesifikasinya dibandingkan dengan chipset Mediatek G70 (dual-core Cortex-A75 dan hexa-core Cortex-A55 1.7GHz) yang digunakan Realme C3 yang baru dirilis (Februari 2020), maka performa Helio G35 masih berada sedikit di bawahnya G70. Jadi, dapat saja dikatakan Realme C11 diposisikan di bawah Realme C3 dan menjadi penerus Realme C2 yang dirilis 2019 lalu.

Hal ini ditegaskan Palson Yi, Marketing Director Realme Indonesia, yang menjelaskan bahwa Realme C2 tidak akan dijual lagi setelah Realme C11 hadir di pasar Tanah Air.’

“Realme C2 akan disetop produksinya dalam beberapa waktu dekat. Saat ini kami tinggal menunggu stok ponsel tersebut di pasar habis,” ujar Palson.

Dapur pacu grafis kedua chipset ini juga berbeda. Helio G35 pada Realme C11 menggunakan GPU IMG PowerVR GE8320 (sama dengan Helio P35), sedangkan Helio G70 pada Realme C3 menggunakan GPU ARM Mali-G52 MC2 (820 MHz) yang sedikit lebih mumpuni dalam me-render 3D graphics atau animasi.

Selain diperkuat Helio G35, Realme C11 juga dilengkapi dua opsi RAM, yaitu 2 GB dan 3 GB dengan internal storage 32 GB. Mengingat kapasitasnya hanya 32 GB, Realme C11 juga menyediakan opsi ekspansi penyimpanan eksternal melalui MicroSD card hingga 256 GB.

Product Manager Realme Indonesia Felix Christian menyatakan, salah satu daya tarik Realme C11 terletak pada ketahanan baterainya. Misalnya baterainya yang masih tersisa 21 persen meski sudah digunakan selama tiga hari.

Realme C11 diklaim dapat digunakan dalam mode siaga selama 40 hari hanya dalam satu kali pengisian (charging). Tentu ini berkat kontribusi baterainya yang berkapasitas 5.000 mAh. Bahkan ponsel ini juga bisa difungsikan sebagai Power Bank untuk mengisi daya ponsel atau perangkat lain.

Desain produk juga menjadi daya tarik lainnya. Realme C11 tampil menggoda dengan mengusung layar IPS LCD 6.5 inci dengan poni (mini-drop) untuk menempatkan kamera depan/selfie 5 MP.

Berbeda dengan modul kamera belakang seri Realme sebelumnya yang disusun vertikal, kamera belakang (utama) Realme C11 tampil dengan desain berbentuk persegi. Modul kamera ini terdiri menampung dua buah lensa kamera dengan sensor utama 13 MP dan depth sensor 2 MP yang didukung lampu LED Flash.

Kamera dengan antarmuka Realme UI (Android 10 based) ini juga menyertakan nberagam fitur fotografi yang sudah menjadi andalan berbagai ponsel Realme. Diantaranya , seperti fitur Nightscape, HDR, Chroma Boost, dan Slow Motion.

Sebagai daily driver smartphone cukup ideal digunakan seharian, selain karena baterai besar juga sudah mengsung ditur splash resistant. Realme C11 akan dijual di pasasr Tana Air seharga Rp 1,599 juta untuk varian RAM/storage 2/32 GB dan Rp 1,7 untuk varian RAM/storage 3/32 GB/32GB. Perjualan perdananya akan dilakukan secara online mulai tanggal 1 Juli 2020 melalui gelaran flash sale di e-commerce Lazada Indonesia.

Tags: , , , , ,


COMMENTS