April 1, 2020

Krisis di Masa COVID-19, Gojek Luncurkan 12 Program Kesejahteraan Mitra Driver

Penulis: Rizki R
Krisis di Masa COVID-19, Gojek Luncurkan 12 Program Kesejahteraan Mitra Driver  

Mobitekno – Seiring dengan semakin meluasnya dampak pandemi COVID-19, Gojek terus menguatkan upayanya membantu para mitra driver untuk memastikan keberlangsungan mata pencaharian mereka di tengah penurunan aktivitas masyarakat. Hal ini tercermin pada 24 Maret lalu, Gojek telah menggalang Dana Bantuan Mitra Gojek senilai Rp100 miliar, yang terkumpul dari donasi jajaran manajemen senior Gojek sebesar 25 persen gaji tahunan mereka serta pengalihan anggaran kenaikan gaji tahunan karyawan.

Gojek sendiri punya dua belas program yang beberapa di antaranya akan dikelola dengan menggunakan Dana Bantuan Mitra Gojek. Dua belas program ini mencakup tiga area utama yang paling berdampak bagi keberlangsungan hidup mitra driver Gojek, yaitu penyediaan layanan kesehatan, ringankan beban biaya harian, dan bantuan pendapatan.

Co-CEO Gojek Kevin Aluwi mengatakan, “Mitra driver kami kini menghadapi banyak ketidakpastian, sehingga kami berharap upaya-upaya yang telah kami lakukan untuk membantu mereka dapat mengurangi kecemasan mereka terhadap masa depan,”

“Kini, ketika kemampuan mereka untuk memperoleh penghasilan itu terkena dampak negatif dari pandemik COVID-19, kami bertekad untuk berupaya sekuat-kuatnya membantu mereka. Fokus kami saat ini tidak hanya menjalankan program yang sudah ada, tetapi terus menemukan berbagai cara lain untuk dapat semakin meringankan beban mereka. Selain itu, kami berharap pembentukan Yayasan Anak Bangsa Bisa yang telah diprakarsai oleh Andre akan meluncurkan lebih banyak inisiatif lagi untuk membantu mendukung ekosistem kita selama masa-masa yang sangat sulit ini,” papar Kevin.

Gojek 3

Program-program bagi mitra mencakup program – program sebagai berikut:

Penyediaan layanan kesehatan

  1. Penyediaan perlengkapan kesehatan bagi mitra driver – Gojek telah mendistribusikan masker, sanitizer, dan vitamin bagi mitra driver, agar mereka mendapatkan perlindungan yang memadai selama bekerja. Distribusi ini akan terus berlangsung hingga minggu-minggu mendatang.

  2. Jaminan Asuransi Kesehatan bagi mitra driver – jaminan asuransi kesehatan untuk mitra driver tidak hanya mencakup COVID-19. Dikelola oleh Yayasan Anak Bangsa Bisa, mitra driver akan memperoleh polis asuransi yang mencakup biaya kesehatan rawat inap dan rawat jalan untuk penyakit umum selama masa pandemi COVID-19.

  3. Meningkatkan kesadaran mitra untuk menaati prosedur kesehatan – dengan materi-materi edukasi yang dikomunikasikan kepada mitra melalui notifikasi di Aplikasi.

Ringankan beban biaya harian

  1. Program distribusi paket sembako – Gojek juga telah meluncurkan program distribusi ‘sembako’ bagi para mitra driver berusia di atas 60 tahun di kota-kota utama.

  2. Program sembako melalui kolaborasi dengan Alfamart – program ini berupa pemberian voucher bagi para mitra driver dan service provider untuk membeli kebutuhan pokok sehari-hari di Alfamart.

  3. Program  sembako oleh Yayasan Anak Bangsa Bisa – Program sembako ini dikelola oleh Yayasan Anak Bangsa Bisa, yang akan diberikan dalam bentuk voucher.

  4. Paket makanan hemat dan sehat bagi mitra driver – mitra driver akan berkesempatan untuk membeli paket makanan hemat dan sehat di merchant UMKM GoFood. Program ini akan dimulai di Jabodetabek dan juga akan dikelola oleh Yayasan Anak Bangsa Bisa.

  5. Bantuan pembayaran pinjaman kendaraan – sebagian besar mitra driver mencicil kendaraan bermotor mereka. Untuk itu Gojek bekerja dengan lembaga pemerintah terkait akan segera mengumumkan secara lebih lanjut prosedur-prosedur keringanan pembayaran cicilan kendaraan bagi para driver.

Tags: , , , ,



COMMENTS