January 31, 2019

Zuckerberg: Penggabungan Messenger, WhatsApp, dan Instagram Lebih Menjamin Keamanan

Penulis: Rizki Romdoni
Zuckerberg: Penggabungan Messenger, WhatsApp, dan Instagram Lebih Menjamin Keamanan  

Mobitekno – Sebuah laporan pada pekan lalu menyatakan bahwa Facebook berencana untuk menggabungkan pengiriman pesan Messenger, WhatsApp, dan Instagram ke dalam satu platform tunggal. Mark Zuckerberg mengkonfirmasi bahwa pekerjaan ini menjadi hal yang tengah dipertimbangkan perusahaan, namun tidak akan diwujudkan pada tahun ini.

Laporan pekan lalu juga menjelaskan bahwa dengan menggabungkan utas Instagram, Facebook, dan WhatsApp, pengguna akan dapat dengan mudah berkomunikasi lintas platform. Selanjutnya, penggabungan itu akan memperluas ketersediaan enkripsi end-to-end, dimana itu menjadi perkara yang ditangani Zuckerberg pada saat ini.

Berbicara kepada investor belum lama ini, Zuckerberg mengatakan bahwa kombinasi Messenger, WhatsApp, dan Instagram masih dalam tahap awal perencanaan. Seperti dicatat oleh The Verge, ia mengatakan bahwa pekerjaan yang kita lakukan ini kemungkinan tidak akan muncul sampai 2020 atau tahun berikutnya.

“Integrasi yang kami pikirkan, kami benar-benar masih awal dalam memikirkan hal ini. Masih banyak yang harus kita cari tahu …” ucap CEO Facebook, Mark Zuckerberg. 

Adapun terkait mengapa Facebook ingin menggabungkan ketiga platform tersebut, Zuckerberg menjelaskan bahwa salah satu manfaatnya adalah perluasan enkripsi end-to-end. Misalnya, ini akan memungkinkan pengguna Messenger untuk mengirim pesan terenkripsi end-to-end ke pengguna WhatsApp, atau pengguna Instagram untuk mengirim pesan terenkripsi ke pengguna WhatsApp.

“Saya pikir ini adalah arah yang harus kita tuju dengan lebih banyak hal di masa depan,” kata Zuckerberg.

Zuckerberg juga menunjukkan bahwa platform perpesanan gabungan akan menjembatani kesenjangan tertentu dalam komunikasi. Misalnya, ia mengatakan bahwa seseorang mungkin menggunakan Marketplace di Facebook, tetapi kemudian harus menggunakan WhatsApp untuk mengirim pesan, sesuatu yang menurutnya penyatuan akan terpecahkan.

Terakhir, ia menjelaskan bahwa kombinasi akan menciptakan sebuah “lapisan” seperti SMS untuk iMessage. Dia juga menyoroti kemungkinan bahwa Messenger – dan sistem gabungan WhatsApp / Instagram – dapat berfungsi sebagai “lapisan” iMessage untuk SMS yang akan menawarkan lebih banyak fungsi dan keamanan.

Namun pada akhirnya, jelas bahwa perpaduan perpesanan Instagram, Messenger, dan WhatsApp masih jauh. Jadi baik atau buruk, Anda harus menunggu beberapa saat untuk mencobanya.

Tags: , , , , ,


COMMENTS