January 31, 2019

Salam Perpisahan dari Google+

Penulis: Rizki Romdoni
Salam Perpisahan dari Google+  

Mobitekno – Setelah berjuang di jalan yang panjang, akhirnya Google+ akan memberikan salam perpisahan dari dunia ini. Jejaring sosial polarisasi ini akan menghilang untuk versi konsumen sesegera mungkin. Dilaporkan, Google+ versi konsumen akan berakhir pada 2 April 2019.

Sejak pertama kali mengumumkan produk lini masa yang cukup ramah, Google+ telah melihat tanda-tanda bahwa mereka akan karam secara dramatis, setelah pelanggaran data kedua terungkap dan berdampak pada jutaan orang. Jelas, Google tidak membuang-buang waktu untuk membersihkan Google+ dari web.

Terungkap pada Rabu (30/1) kemarin pada dukungan halaman perusahaan, Google+ akan ditutup untuk konsumen pada 2 April 2019. Seperti yang dinyatakan sebelumnya, Google menutup platform karena “penggunaan yang rendah” dan tantangan dalam mempertahankan produk yang sukses untuk memenuhi harapan.

Pada tanggal 2 April, akun Google+ Anda dan halaman Google+ apa pun yang Anda buat, akan ditutup, dan kami akan mulai menghapus konten dari akun Google+ konsumen. Foto dan video dari Google+ di Arsip Album Anda dan halaman Google+ Anda juga akan dihapus. Anda dapat mengunduh dan menyimpan konten Anda, pastikan untuk melakukannya sebelum April. Proses menghapus konten dari akun Google+ konsumen, Laman Google+, dan Arsip Album akan memakan waktu beberapa bulan, dan konten mungkin tetap ada hingga saat ini.

Google mengatakan bahwa beberapa fitur Google+ akan segera dimatikan pada pekan depan, dimana selanjutnya pada tanggal 4 Februari, platform tersebut tidak akan lagi menerima profil, halaman, komunitas, atau acara baru. Blogger yang berkomentar di Google+ pada tanggal ini, secara fungsionalitas akan mulai dihapus dari situs lain pada 7 Maret.

Juga di bulan Maret, Google mengatakan bahwa moderator/pemilik Google+ Community akan dapat memperoleh alat tambahan untuk mengunduh data, termasuk penulis, body, dan foto untuk setiap pos komunitas di komunitas publik.

Akhirnya, pada tanggal 2 April, versi konsumen Google+ akan sepenuhnya dimatikan. Kecuali Anda memiliki akun G Suite, Anda tidak lagi dapat mengakses Google+, dan data akan mulai dihapus. Ini termasuk semua posting, halaman, dan foto serta video Anda yang belum di-backup ke Foto Google.

Bila Anda adalah salah satu pengguna Google+ yang rajin, maka Anda disarankan untuk meluangkan waktu mengunduh semua data Anda dari platform. Kalau bingung, silakan klik tautan berikut ini agar dapat dengan mudah mengunduh data-data pribadi Anda. Android Police juga menunjukkan opsi pihak ketiga tepat bernama Eksportir Google+ yang menjanjikan dokumentasi yang terstruktur dengan baik.

Tags: , ,

  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

COMMENTS