August 30, 2019

IDBYTE ESPORTS 2019, Ajang Merekatkan Ekosistem Industri Esports di Indonesia

Penulis: Rizki Romdoni
IDBYTE ESPORTS 2019, Ajang Merekatkan Ekosistem Industri Esports di Indonesia  

Mobitekno – Tak bisa dipungkiri industri olahraga elektronik saat ini tumbuh begitu pesat. Tidak hanya di skala global, di Indonesia pun mengalami hal yang sama. Sayangnya, peran stakeholder yang krusial dalam membantu mewujudkan ekosistem industri yang lebih kuat dan menghasilkan belum nampak secara signifikan.

Tahun ini, IDBYTE kembali menghadirkan gelaran teknologi 2 tahunan yang mengusung tema esports. Acara yang mendapat dukungan dari Kemenkominfo, Kemenpora dan BEKRAF ini diproyeksikan untuk menjadi pintu masuk bagi brand atau perusahaan untuk serius menggarap pasar esports di Indonesia yang diprediksi pendapatannya secara global akan tumbuh sebesar 1,4 – 2,4 miliar USD pada tahun 2020.

Shinta Dhanuwardoyo, Chairwoman IDBYTE ESPORTS 2019, menyatakan pandangannya terhadap industri esports di Indonesia, “Meskipun tengah berkembang pesat, industri esports di Indonesia masih berada di tahap awal perkembangannya karena selama ini belum banyak pihak yang mengetahui besarnya potensi industri ini untuk tumbuh dan manfaat yang bisa didapatkan dari industri ini,”

Ia menambahkan, “Untuk itu, melalui IDBYTE ESPORTS 2019 kami ingin memperkuat ekosistem industri esports Indonesia dengan mengedukasi masyarakat terutama para pemangku kepentingan di dalam ekosistem industri ini terkait perkembangan dan potensi industri ini, sehingga dapat memicu antusias mereka untuk mendukung perkembangan industri ini.”

Menkominfo RI, Bapak Rudiantara, mengatakan, “Esports merupakan konvergensi yang pas antara dunia olahraga dan digitalisasi. Oleh sebab itu kehadirannya harus didukung sedini mungkin agar Indonesia mampu menjadi bangsa yang terkemuka dalam sektor ini, mumpung masih dalam tahap awal perkembangannya,”

IDBYTE

Apalagi, menurut Chief RA, terbukti juga bahwa anak-anak muda kita banyak yang berprestasi dan mampu mengambil manfaat dari esports ini, terutama menjadi atlet berprestasi internasional. “Untuk itu Kementerian Kominfo selalu siap mendukung industri ini dengan cara menyediakan infrastruktur dan ekosistem yang kiranya dapat menunjang perkembangannya.” katanya.

Sebagai konferensi esports pertama di Indonesia, IDBYTE ESPORTS 2019 yang turut didukung oleh Sinar Mas Land mengusung tema Gaming for Change yang menawarkan pengalaman baru di dalam industri ini melalui rangkaian acaranya berupa Konferensi, Turnamen PUBG Mobile oleh Tencent dan Talent Hunt yang akan diselenggarakan pada 13-14 September 2019 di ICE (Indonesia Convention and Exhibition) BSD.

Konferensi ini akan membahas secara mendalam mengenai industri esports bersama dengan para pembicara yang terlibat di dalam ekosistem industri esports, seperti pemerintah sebagai regulator yang akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, Rudiantara, Imam Nahrawi dan Triawan Munaf. Selain itu, perwakilan yang berasal dari perusahaan internasional yang telah berkecimpung dalam industri esports global seperti Twitch, Razer, AirAsia, Blizzard, ESL, dan Tencent pun akan turut hadir pada konferensi ini untuk membagikan kiat – kiat dalam membangun industri esports.

Tags: , , , , ,


COMMENTS