April 30, 2019

Dukung Kegiatan Vlog dan Pemotretan Traveling, Sony Luncurkan RX0 II, Kamera Ultra-Ringkas Premium

Penulis: Karyo | Editor: Rizki Romdoni
Dukung Kegiatan Vlog dan Pemotretan Traveling, Sony Luncurkan RX0 II, Kamera Ultra-Ringkas Premium  

Mobitekno –  Sony baru-baru ini memperkenalkan RX0 II (model DSC-RX0M2), varian terbaru yang menarik pada lini kamera ringkasnya yang sangat populer, premium, paling kecil dan paling ringan di dunia.

Kamera ini dirancang berdasarkan kualitas-kualitas dari RX0 yang pertama, yaitu tahan air/tahan debu, tahan guncangan, tahan tindihan dan sangat ringkas. Model terbaru ini menawarkan perekaman video internal 4K; layar LCD yang dapat ditekuk hingga 180 derajat ke atas dan 90 derajat ke bawah, dan dapat berfungsi di dalam air; serta solusi stabilisasi gambar terbaru untuk perekaman video.

Beberapa teknologi dan fitur menarik pada RX0 II adalah terdapat sensor gambar bertumpuk tipe 1.0 15,3 megapixel1 Exmor RS™ serta mesin prosesor gambar BIONZ X™ yang memberikan reproduksi warna yang telah diperkaya10 dan dapat menghasilkan warna kulit yang indah.

RX0 II dilengkapi dengan teknologi lensa wide-angle fixed ZEISS® Tessar T* 24mm dan dan solusi stabilisasi gambar terbaru. Kamera ini mempunyai ternologi beragam pilihan cara untuk pengambilan gambar melalui panel LCD yang dapat ditekuk 180 derajat dan Clear Image Zoom, sehingga mantap untuk selfie dengan reproduksi warna yang telah diperkaya, Soft Skin Effect mode baru dan Eye AF terdepan.

Menurut Kazuteru Makiyama, President Director, Sony Indonesia, tujuan awal pembuatan RX0 adalah untuk membuat kamera yang memberikan wujud baru ekspresi kreatif melalui faktor bentuk dan kemampuan teknisnya.

Kombinasi yang ampuh ini telah dioptimalkan untuk menghasilkan performa yang sangat cepat dan kualitas gambar yang menawan untuk foto maupun video dengan pilihan sensitivitas luas yaitu ISO 8011 – 12800. Lensa wide-angle fixed ZEISS® Tessar T* 24mm3 F4.0 memilki jarak fokus minimal yang telah diperpendek menjadi 20cm, membuatnya sempurna untuk selfie dan foto di atas meja.

Kamera yang tergolong ‘bandel’ ini adalah kamera “worry-free”, dimana dapat dibawa ke tempat-tempat yang tidak dapat dijangkau oleh kamera lain. Dengan ukuran hanya 59mm x 40,5mm x 35mm dan dengan berat hanya 132g, RX0 II dapat dengan mudah masuk ke dalam kantong dan tahan banting.

“Kami menciptakan RX0 II berdasarkan hal ini dan telah menambahkan fitur dan fungsi baru yang menurut kami membuat RX0 II kamera ideal untuk tipe perjalanan apa pun dan akan bekerja dengan baik sebagai kamera foto maupun video untuk jangkauan skenario pengambilan foto dan vlog yang sangat luas,” ungkap Makiyama, saat peluncuran kamera tersebut di Jakarta, Jumat (26/4).

Kamera yang disasar untuk kegiatan vlog ini memiliki perekaman video internal berkualitas 30p 4K dengan pixel readout penuh dan tanpa pixel binning untuk mengumpulkan sekitar 1,7 kali jumlah data yang dibutuhkan untuk video 4K. Dengan aplikasi seluler “Imaging Edge™” terbaru, video dapat ditransfer ke smartphone, diedit dan dikirim dengan mudah melalui jaringan sosial.

Selain kemampuan perekaman video, kamera ini juga sangat mumpuni dalam proses pemotretan (fotografi). Kamera RX0 II menawarkan beragam fitur fotografi sebagai tambahan dari kemampuan videonya.

Kamera ini mengedepankan Anti-distortion Shutter hinga 1/32000 detik dan dapat mengambil gambar hingga 16 fps5 untuk menangkap setiap momen emosi pada wajah subyek. Dengan peningkatan dari RX0 seri pertama, reproduksi warna telah diperkaya untuk mereproduksi warna kulit manusia yang alami dan cerah, serta pilihan ‘Soft Skin Effect’ dapat digunakan untuk menutupi ketidaksempurnaan kecil pada warna kulit dan keriput.

Fungsi Rating dan Protect dapat digunakan pada kamera dan tampilan kelompok gambar yang telah difoto secara terus-menerus dapat dilihat di kamera.

Teknologi Eye AF milik Sony yang sudah kesohor di kalangan fotografer profesional ini, kini lebih ditingkatkan lagi di varian terbaru ini. Kecepatan, ketepatan dan operasi Eye AF telah diperbarui untuk membuatnya lebih mudah mengambil foto yang menawan; setengah penekanan tombol shutter akan mengunci langsung pada mata subyek. Mata yang difokuskan dapat dipilih (kiri/kanan/auto) di menu atau ditetapkan pada tombol khusus, agar pengguna dapat berkonsentrasi pada komposisi.

Selain sebagai kamera ‘bandel’ yang dibanderol dengan harga Rp9.999.000. ini, kamera ini juga memiliki teknologi sebagai Multi-Kamera. Beberapa kamera hingga 5 buah, kamera ini dapat dikendalikan secara nirkabel menggunakan aplikasi Sony ‘Imaging Edge Mobile’ dan antara 6 hingga 50 kamera dapat dikendalikan melalui titik akses (dijadwalkan untuk musim panas 2019).

Solusi multi-kamera ini membuka banyak sekali pilihan baru dalam kesempatan pengambilan gambar dan kebebasan berekspresi dalam pengambilan video dari titik pandang manapun yang diinginkan pengguna.

Tags: , ,


COMMENTS