November 29, 2019

Autodesk BIM 360 Design, Solusi Kerja Bareng Berbasis Cloud untuk Berbagai Struktur Bangunan

Penulis: Desmal Andi
Autodesk BIM 360 Design, Solusi Kerja Bareng Berbasis Cloud untuk Berbagai Struktur Bangunan  

Mobitekno – Dalam pengerjaan struktur bangunan, baik horizontal maupun vertikal, kerja tim menjadi satu hal penting agar pekerjaan bisa sesuai dengan rencana. Inilah yang menjadi latar belakang Autodesk memperkenalkan BIM 360 Design, solusi kolaborasi yang efisien berbasis cloud. Dengan solusi dari Autodesk ini, tim dapat bekerja di mana dan kapan saja melalui satu platform cloud yang saling terhubung.

“Proyek-proyek kompleks seringkali memerlukan tim yang sama kompleksnya yang tersebar di berbagai kantor, beberapa perusahaan, dan mungkin melintasi zona waktu yang berbeda, dan mencakup fitur horizontal dan vertikal,” ujar Nicolas Mangon, Vice President, Autodesk AEC Business Strategy and Marketing. “Menambahkan Civil 3D ke BIM 360 Design menjadi jawaban atas tantangan lintas disiplin yang dihadapi para pelanggan kami pada proyek-proyek dengan fitur bangunan dan infrastruktur,” lanjut Nicolas.

Untuk memudahkan pelanggan, Collaboration for Civil 3D kini sudah termasuk paket langganan BIM 360 Design. Dengan begitu, pelanggan BIM 360 Design dan Civil 3D dapat bekerja secara bersama dengan mitra proyek tanpa halangan waktu dan lokasi. Bahkan, dengan kapabilitas Revit Cloud Worksharing dan penambahan Collaboration for Civil 3D ke platform yang sama, merancang bandara, stasiun kereta api, dan proyek kompleks lainnya dengan struktur vertikal dan horizontal menjadi lebih sederhana dan lebih efisien.

Sebelumnya, BIM 360 Design untuk Revit diluncurkan pada 2018 lalu dan memberikan pelanggan Autodesk cara baru yang menarik untuk bekerja pada proyek desain bangunan Revit dengan cara berkolaborasi secara real-time.

“Kolaborasi untuk Civil 3D pada BIM 360 Design telah terbukti menyelaraskan tim-tim pengembangan situs dan tim desain sipil kami sehingga mereka dapat menggunakan BIM 360 secara holistik di semua disiplin ilmu,” kata Russ Dalton, BIM Director AECOM untuk Amerika yang sudah merasakan fleksibilitas BIM 360 Design.

Autodesk pun menyatakan banyak manfaat yang bisa didapat pelanggan melalui Collaboration for Civil 3D untuk BIM 360 Design ini. Manfaat tersebut adalah:

  • Kolaborasi kapan saja, dimana saja. Kemampuan untuk berkolaborasi di berbagai lokasi dan perusahaan, secara aman dan real-time.
  • Data yang terhubung sepanjang siklus proyek. Kini arsitek, insinyur, kontraktor, dan pemangku kepentingan tim proyek lainnya dapat berkolaborasi secara lancer demi meningkatkan hasil proyek.
  • Memvisualisasikan perubahan desain. Rasakan bagaimana informasi baru akan memengaruhi pekerjaan yang tengah berlangsung untuk meningkatkan pengambilan keputusan.
  • Sumber kebenaran t Kolaborasi dan manajemen data terpusat pada suatu platform data yang umum menghilangkan kondisi silo dan membuat tim tetap berada pada arus yang sama dengan informasi terbaru.
  • Penyerahan pekerjaan antar tim yang mudah. Adopsi cepat dari satu tim ke tim berikutnya, data historis yang dapat diakses, serta kolaborasi dan manajemen data di lapangan dengan konektivitas mobile.
  • Penghematan dalam pemeliharaan TI dan keuntungan dari cloud. Menyesuaikan skala, baik meningkat maupun menurun saat proyek perlu diubah. Tidak perlu lagi membuang waktu untuk mengunggah, mengunduh, atau pemeliharaan server yang mahal.

 

 

Tags: , ,


COMMENTS