October 29, 2019

14 Tahun Berturut-Turut, HPE Aruba Kuasai Kuadran Pemimpin dalam Magic Quadrant Gartner

Penulis: Rizki Romdoni
14 Tahun Berturut-Turut, HPE Aruba Kuasai Kuadran Pemimpin dalam Magic Quadrant Gartner  

Mobitekno – Berada di kuadran Pemimpin untuk tahun keempat belas bukanlah hal yang mustahil bagi Aruba, salah satu perusahaan Hewlett Packard Enterprise (NYSE: HPE). Dalam laporan terbaru “Magic Quadrant untuk Infrastruktur LAN Kabel dan Nirkabel” yang dirilis Gartner Inc., HPE Aruba berada di kuadran Pemimpin (Leaders) untuk tahun yang keempat belas, dan telah menerima skor tertinggi dalam lima dari enam kasus penggunaan menurut Critical Capabilities Gartner untuk Infrastruktur LAN Kabel dan Nirkabel, laporan pendamping dari Magic Quadrant.

“Kami senang melihat lagi pengakuan Gartner atas HPE (Aruba) sebagai Pemimpin dalam Magic Quadrant untuk kategori Infrastruktur LAN Kabel dan Nirkabel, serta meraih peringkat tertinggi untuk lima dari enam kasus penggunaan dalam laporan pendamping Criticial Capabilities untuk Infrastruktur LAN Kabel dan Nirkabel,” tutur Chris Kozup, Chief Marketing Officer di Aruba, salah satu perusahaan Hewlett Packard Enterprise.

“Magic Quadrant untuk Infrastruktur LAN Kabel dan Nirkabel” tahun 2019 menandai kedelapan kalinya Gartner menggabungkan infrastruktur LAN kabel dan nirkabel dalam satu laporan. Setiap tahunnya, Aruba selalu diposisikan di kuadran Pemimpin. Sebelumnya, Aruba juga diposisikan sebagai Pemimpin selama enam tahun berturut-berturut di Magic Quadrant untuk kategori Infrastruktur Akses Wireless LAN (2006-2011).

Dalam laporan Magic Quadrant, Gartner mengevaluasi vendor berdasarkan dua kriteria utama: kelengkapan visi dan kemampuan untuk mengeksekusi. Laporan ini mencakup ringkasan penilaian masing-masing vendor, baik penilaian kekuatan maupun hal-hal yang perlu diperhatikan.

Sebagai laporan pendamping Magic Quadrant, Critical Capabilities Gartner untuk Infrastruktur LAN Kabel dan Nirkabel, Gartner mengevaluasi efektivitas vendor dalam menangani kebutuhan perusahaan dalam enam kasus penggunaan utama, yakni akses kabel dan WLAN terpadu, refresh/new build untuk WLAN saja, refresh/new build untuk Kabel saja, kantor cabang jarak jauh dengan kantor pusat perusahaan, aplikasi sarat kinerja dan hands-off netops. Aruba menerima skor tertinggi dalam lima dari enam kasus penggunaan ini, dan untuk kasus penggunaan keenam, yaitu refresh/new build untuk Kabel saja, berada di peringkat kedua.

Terdepan dalam Evaluasi Solusi Nirkabel Tahun 2019

Selain posisinya di kuadran Gartner, Aruba juga mengumumkan pengukuhannya sebagai satu-satunya vendor dalam kategori Leaders (Pemimpin) oleh Forrester Research, Inc. bagian dari laporan kuartal tiga tahun 2019 The Forrester New Wave™: Wireless Solutions. Forrester menilai, pencapaian Aruba berkat layanan lokasi yang kuat dan kemampuan multinirkabel.

Dalam Forrester New Wave ™ untuk Wireless Solutions (Solusi Nirkabel), Forrester mengevaluasi pasar berkembang untuk solusi nirkabel dan mengidentifikasi delapan vendor paling signifikan di bidangnya. Laporan tersebut merinci temuan Forrester tentang seberapa baik skor solusi masing-masing vendor terhadap sepuluh kriteria dan posisi mereka satu sama lain. Forrester menyarankan para profesional di bidang infrastruktur dan operasional menggunakan ulasan ini untuk memilih mitra yang tepat guna memenuhi kebutuhan wireless yang lebih luas melebihi Wireless LAN.

Menurut laporan tersebut, solusi Aruba dianggap “berbeda” diantara enam dari sepuluh kategori yang mengukur semua vendor, termasuk konektivitas wireless, hardware wireless, visibilitas spektrum/perangkat, keamanan, penempatan solusi, dan road map.

Dalam penjelasannya, Forrester mencatat bahwa solusi Aruba “paling cocok bagi perusahaan yang membutuhkan layanan wireless tingkat lanjut.” Sebagai bagian dari proses penilaian, Forrester berbicara langsung dengan para pelanggan masing-masing vendor dan, terkait Aruba, dikatakan bahwa “para pelanggan mengagumi manajemen antarmuka yang lengkap, tool pemantauan, dan layanan lokasi Aruba yang menyeluruh, terutama kemampuannya menghubungkan perangkat IoT menggunakan opsi wireless di luar hanya menggunakan Wi-Fi dengan titik akses (access point/AP) Aruba.”

Tags: , , ,


COMMENTS