July 29, 2019

Sematkan Fitur Khusus, GrabExpress & BEKRAF Latih 400 Wirausahawan Mikro untuk Dukung Pertumbuhan Bisnis di Indonesia

Penulis: Karyo | Editor: Rizki Romdoni
Sematkan Fitur Khusus, GrabExpress & BEKRAF Latih 400 Wirausahawan Mikro untuk Dukung Pertumbuhan Bisnis di Indonesia  

Mobitekno -GrabExpress, layanan kurir milik Grab, bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) memberikan pelatihan seputar pengelolaan bisnis, pemasaran digital dan hak kekayaan intelektual kepada lebih dari 400 wirausahawan mikro di Indonesia. Peserta yang hadir berasal dari bidang usaha yang berbeda, termasuk makanan dan minuman, mode, kerajinan tangan dan lain sebagainya. Dalam kesempatan tersebut, GrabExpress juga memperkenalkan 5 fitur yang didedikasikan untuk membantu akselerasi bisnis wirausahawan mikro.  

Ridzki Kramadibrata, President of Grab Indonesia menjelaskan bahwa  jumlah pertumbuhan UMKM diprediksi akan terus meningkat setiap tahunnya dan mereka membutuhkan informasi dan pengetahuan yang mumpuni untuk dapat berkompetisi dengan baik. Sebagai everyday superapp terkemuka di Indonesia,

“Grab ingin membantu wirausahawan mikro untuk meningkatkan kualitas hidup mereka dengan menciptakan kesempatan ekonomi dan memampukan akses terhadap berbagai layanan yang memiliki kualitas tinggi, namun juga aman. Kerja sama dengan BEKRAF ini diharapkan dapat menjadi salah satu solusi dalam  meningkatkan pengetahuan dan kemampuan UMKM di Indonesia,” ujar Ridzki saat pembukaan acara tersebut di Jakarta, Kamis (25/7).

Fadjar Hutomo selaku Deputi Akses Permodalan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), Syaifullah selaku Direktur Akses Non Perbankan Deputi Akses Permodalan BEKRAF, Ridzki Kramadibrata selaku President of Grab Indonesia, Tyas Widyastuti selaku Head of Logistics (GrabExpress) of Grab Indonesia, Jessica Yamada selaku Pemilik DapurFit, dan Yasa Singgih selaku Pemilik Men’s Republic

Pada kesempatan tersebut Ridzki juga menjelaskan tentang peranserta dan manfaat dari GrabExpres dalam membantu para wirausahawan. Guna memberikan kemudahan proses logistik, GrabExpress memperkenalkan 5 fitur yang khusus dirancang untuk UMKM Indonesia, yaitu:

  • Pengiriman Antar Kota di Pulau Jawa dengan Ninja Xpress: Kerjasama Grab dengan Ninja Xpress untuk pengiriman barang antar kota, di Pulau Jawa. Pengirim juga dapat memilih waktu penjemputan dan akan dapat memonitor proses pengiriman barang! Barang akan langsung diambil oleh kurir di lokasi Anda. Fitur ini kini baru tersedia bagi pengguna di Jabodetabek.
  • Langganan Paket Hemat: Para pengguna GrabExpress dapat memanfaatkan langganan paket hemat (Subscription) untuk menikmati harga pengiriman yang lebih hemat. Fitur paket hemat saat ini tersedia di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, Bali, Semarang, Manado, Palembang, Yogyakarta, dan Lampung.
  • Pengiriman Instan dan Same-Day: Armada GrabCar dapat membantu pengiriman barang dengan berat maksimal 150 kg dan GrabBike seberat 15 kg. Pengiriman instan dapat menjamin bahwa paket pengguna akan tiba dalam waktu kurang dari 3 jam setelah waktu pengambilan. Sementara itu, khusus di Jakarta tersedia fitur same-day dimana pengguna bisa mengirim barang dengan lebih hemat dan sampai di hari yang sama.
  • Bukti Pengiriman & Pelacakan Langsung: Dengan fitur ini pengguna dapat memantau proses pengiriman melalui pelacakan lokasi kurir. Selain itu, pengguna juga akan mendapat bukti pengiriman barang melalui foto yang akan diambil kurir pada saat pengambilan dan penerimaan barang. Grab juga menyediakan asuransi untuk barang yang dikirimkan.
  • Kirim ke Banyak Tujuan & Banyak Pemesanan Sekaligus: Fitur Kirim ke Banyak Tujuan pada aplikasi GrabExpress dapat membantu proses pengiriman hingga ke 5 alamat dalam 1 pesanan. Fitur ini saat ini tersedia di kota Jakarta, Bandung, Makassar, Medan dan Surabaya. Sementara, fitur Pesan Banyak Sekaligus mengizinkan pengguna untuk memesan hingga 10 mitra pengemudi dalam waktu yang bersamaan. Dengan kedua fitur ini, pengguna bisa melakukan pengiriman hingga ke 50 alamat berbeda!

Sementara itu dalam ketrangan tertulisnya Ricky Joseph Pesik, Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia, mengungkapkan tentang Hak Kekayaan Intelektual (HKI) juga menjadi salah satu hal penting. Menurutnya dalam menciptakan produk, penting bagi pelaku ekonomi kreatif untuk memiliki pendekatan global, dan memiliki visi untuk dapat memasarkan produk mereka secara internasional.

“Kami sangat mengapresiasi komitmen Grab dalam membantu meningkatkan kapasitas UMKM di Indonesia. BEKRAF juga akan selalu mendorong pelaku UMKM untuk terus belajar mengenai pemasaran digital, karena melalui digitalisasi ini, bisnis mereka tentunya akan lebih efektif dalam berkembang,” ungkap Ricky dalam keterangan tertulisnya.

Tags: , , , ,


COMMENTS