November 28, 2019

Luncurkan Program Asah Digital, Facebook Ingin Dorong Literasi Netizen Indonesia di Dunia Maya

Penulis: Iwan RS
Luncurkan Program Asah Digital, Facebook Ingin Dorong Literasi Netizen Indonesia di Dunia Maya  

Mobitekno – Pesatnya kemajuan teknologi di era Internet dan digital harus diimbangi dengan keterampilan dan literasi digital masyarakat. Demi mewujudkan hal tersebut, Facebook meluncurkan program Asah Digital untuk semu lapisan masyarakat Indonesia.

Program ini diharapkan dapat menjangkau siapa saja, termasuk mereka yang baru pertama kali menggunakan atau terpapar dengan Internet dan segala aspeknya.

Program Asah Digital akan dilaksanakan pada tahun 2020 di 12 provinsi di Indonesia. Materi program akan dibuat dalam bentuk modul-modul yang disusun Facebook bersama para ahli, akademisi, dan organisasi non-pemerintah di Asia Pasifik.

Penyampaian modul akan dilakukan para mitra Facebook, yaitu Siberkreasi, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB). Jangkauan program ini mulai dari guru, pelajar sampai orang tua.

 

Masyarakat Indonesia terhubung satu sama lain melalui aplikasi Facebook, Instagram dan WhatsApp setiap hari. Hal ini dilakukan untuk menjalin interaksi bermakna dan membangun komunitas yang kuat dan memberikan dampak bagi masyarakat.

“Menjaga komunitas yang aman dan memiliki informasi memadai agar masyarakat tetap terhubung dan berbagi di aplikasi-aplikasi Facebook penting bagi kami,” ucap Ruben Hattari, Kepala Kebijakan Publik di Indonesia untuk Facebook.

“Inilah landasan digelarnya program Asah Digital. Program ini ditujukan agar seluruh masyarakat dapat belajar meningkatkan kemampuan digital dan bijak, serta bertanggung jawab di ranah online,” tambah Ruben.

Adapun topik yang akan diberikan dalam program Asah Digital diantaranya, mencakup pemahaman soal Internet, Jejak Digital pengguna, terkait keamanan online, perlindungan Identitas Digital, bagaimana menjadi Warga Digital, menumbuhkan pola pikir kritis agar terhindar dari hoax, tips menghadapi hoax, dan beberapa topik lainnya.

Facebook berharap materi yang diberikan dalam program ini dapat bermanfaat bagi masyarakat sehingga meningkatkan literasi digital mereka. Dengan demikian memberikan keterampilan yang tepat untuk terus mendapatkan informasi dan aman di ranah online.

Perlu diketahui, Asah Digital merupakan bagian dari program global Facebook “We Think Digital” yang disesuaikan agar relevan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Targetnya, program ini akan melatih sebanyak 2 juta orang di 10 negara di kawasan Asia Pasifik, termasuk Indonesia.

Tags: , , , ,


COMMENTS