July 28, 2019

HUT ke-8, Pertumbuhan Pesanan 16 Kategori Produk Blibli.com Meroket

Penulis: Rizki Romdoni
HUT ke-8, Pertumbuhan Pesanan 16 Kategori Produk Blibli.com Meroket  

Mobitekno – Memulai bisnis dengan sederhana, Blibli.com telah berkembang menjadi mal online terkemuka di Indonesia. Memasuki usia ke-8 di tahun ini, Blibli.com turut berkontribusi mendorong perekonomian dan mengembangkan ekosistem digital. Pencapaian mereka di ulang tahun ke-8 adalah target pertumbuhan jumlah pesanan menyentuh 3,5 kali lipat dari tahun lalu.

CEO Blibli.com Kusumo Martanto menyatakan hingga semester I/2019, Gross Merchandise Value (GMV) perusahaan tumbuh 2 kali lipat dibandingkan tahun lalu, dengan pengguna aktif bulanan mencapai 15-20 juta. “Tahun ini ingin memperbanyak jumlah order 3,5 kali dari tahun lalu. Buat kami yang penting bukan besarnya (volume pesanan), tetapi bagaimana bisa sustain dan profit. Untuk apa cepat-cepatan besar tapi tidak sehat. Kita inginnya tumbuh sehat,” ucapnya, Jumat (26/7).

Dirinya menambahkan, pertumbuhan bisnis Blibli tercermin dari pertumbuhan pesanan 16 kategori produk yang dijual, dengan Blibli Mart yang menjual kebutuhan sehari-hari mengalami pertumbuhan mitra dagang hingga 250% dan peningkatan pemesanan hingga 400% di semester pertama 2019. Kategori khusus produk UMKM lokal, Galeri Indonesia, mengalami peningkatan merchant partner hingga 250% dan penambahan produk hingga 380% di semester pertama 2019.

Rudiantara dan Kusumo Martanto saling berjabat tangan

Kategori lainnya seperti produk perlengkapan rumah mencapai pertumbuhan pesanan 200%, produk kamera 160%, produk kesehatan dan kecantikan 110%, tiket/voucher digital 110%, dan kategori perjalanan 100%.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara yang juga hadir pada perayaan ultah Blibli.com menyatakan, umumnya perusahaan e-commerce yang telah memasuki usia delapan tahun telah memiliki volume transaksi yang cukup besar. Menurutnya, transaksi tersebut turut mendorong pertumbuhan ekonomi, terutama bila platform e-commerce mengutamakan untuk menjual produk-produk lokal.

“Banyak jenis penggerak ekonomi digital, salah satunya e-commerce ada yang C2C (customer to customer), B2C (business to consumer), yang penting bisa mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia artinya harus banyak menjual produk Indonesia,” ujarnya.

Mengambil tema “Kebahagiaan Nggak Habis-Habis/Infinite Happiness” di hari jadi ke-8, Blibli.com memberikan apresiasi kepada pelanggannya melalui sejumlah promo dan hadiah menarik. Program spesial ini di antaranya adalah potongan harga 88% dan ekstra diskon hingga Rp888 ribu selama 8 hari (24-31 Juli 2019), flash sale, hingga ekstra diskon 8% dari mitra perbankan.

Blibli.com juga memberikan kesempatan kepada pelanggannya untuk memenangkan hadiah berupa 1 unit apartemen, 8 mobil, 8 sepeda motor, dan 8 paket wisata menarik. Caranya adalah dengan mengikuti permainan (game) “Gemetar” selama periode 1 Juli hingga 30 September 2019.

Tags: , , , , ,


COMMENTS