June 28, 2019

Gabungkan Pengalaman Belanja Online dan Offline, Blibli.com Hadirkan Fitur Click & Collect

Penulis: Iwan RS
Gabungkan Pengalaman Belanja Online dan Offline, Blibli.com Hadirkan Fitur Click & Collect  

Mobitekno – Sektor retail menjadi medan inovasi teknologi bagi pelakunya untuk menggaet konsumen. Baik toko online ataupun offline mulai saling ‘bersinggungan’ mengadopsi teknologi agar tetap kompetitif, termasuk dengan melakukan kejasama yang saling menguntungkan.

Inilah yang dilakukan e-Commerce Blibli.com yang mulai memperkuat strategi omnichannel-nya dengan mengoptimalkan seluruh kanal penjualann online dan offline dengan berbagai mitranya. Salah satu strateginya di pertengahan tahun ini adalah peluncruan fitur terbaru Click&Collect.

SVP Trade Partnership Consumer Electronic Group Blibli.com Wisnu Iskandar (kiri) dan Head of Digital Business Alfamart Viendra Primadia melayani pelanggan yang mengambil barang pesanannya di Alfamart setelah berbelanja menggunakan fitur Click&Collect yang disediakan Blibli.com.

 

Fitur Click&Collect dihadirkan untuk memudahkan para pelanggan saat berbelanja online di website atau dan aplikasi Blibli.com (disebut Click)yang ingin langsung mengambil pesanan belanjaannya secara langsung (offline). Itu artinya, pelanggan (pengguna/pembeli) tidak harus menunggu kurir mengantar pesanan ke alamat tujuan, karena pembeli dapat langsung mengambil pesanannya dengan mengunjungi toko offline yang sudah bekerjasama (merchant partner)(disebut Collect).

Wisnu Iskandar, SVP Trade Partnership Consumer Electronic Group Blibli.com di hadapan media saat acara di Jakarta (26/6/2019) menyatakan, “Industri e-commerce saat ini sudah memasuki era e-Commerce 4.0 yang ditandai dengan berkembangnya strategi ritel omnichannel.”

“Strategi ini mencakup cara penjualan online-to-offline (O2O), di mana merchant partner menggabungkan kekuatan kanal online dan offline untuk meningkatkan kepuasan berbelanja para pelanggan yang semakin terkoneksi ke internet,” tambahnya.

Menurut Wisnu, para pelanggan juga menggunakan platform online untuk membandingkan harga produk, memeriksa spesifikasi produk, serta mendapatkan penawaran khusus. Namun, mereka tetap menginginkan pengalaman offline untuk melihat, merasakan dan mencoba produk sebelum dibawa pulang. Inilah yang direspons oleh Blibli.com dengan fitur Click&Collect tersebut. Fitur Online to Offline (O2O) ini sendiri sebenarnya sudah dipertimbangkan mereka sejak dua tahun lalu.

Blibli.com mengklaim telahmenggandeng 31 pemegang merek dari berbagai kategori produk, salah satunya adalah Alfamart sebagai jaringan toko swalayan yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan demikian, pelanggan bisa langsung membeli via aplikasi atau website Blibli.com dan mengambil barang pesanan secara langsung di toko Alfamart terdekat.

Sejauh ini Blibli.com telah bermitra dengan 28 toko retail. Selain Alfamart, beberapa merchant lainnya, seperti Fujishop, Fujishop, Sumber Bahagia, DOSS dan Megakamera.com juga telah bermitra untuk menghadirkan fitur Click&Collect dengan Blibli.com

“Volume pemesanan melalui fitur Click&Collect sudah mencapai 250.000 order per Juni 2019. Kami akan terus meningkatkan volume pemesanan dengan memperbanyak dan memperluas jaringan toko melalui kemitraan bersama merchant partner besar lainnya,” ujar Wisnu.

Sejauh ini, fitur Click&Collect sudah hadir berbagai toko di wilayah Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya dan Denpasar. Jumlah tokonya telah lebih dari 3 ribu toko. Tercatat mulai Juni 2019, volume pemesanan telah mencapai 250 ribu order, dan ditargetkan akan mencapai 1,5 juta order hingga akhir tahun.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS