April 28, 2019

Sarat Fitur dan Layanan, UMKM Siap ‘Naik Kelas’ Adopsi Teknologi Mbizmarket

Penulis: Rizki Romdoni
Sarat Fitur dan Layanan, UMKM Siap ‘Naik Kelas’ Adopsi Teknologi Mbizmarket  

Mobitekno – Berbekal pengalaman selama 3 tahun dalam industri marketplace B2B di segmen korporat dengan lebih dari 350 buyers perusahaan blue-chip company dan multi-nasional, Mbiz kini mulai percaya diri menjajaki segmen UMKM. Melalui Mbizmarket, Mbiz sebagai pionir di bidang penyediaan solusi total e-procurement di Indonesia akan menyajikan solusi total e-procurement yang lengkap dan menyeluruh untuk pasar UMKM.

UMKM sebagai salah satu roda penggerak ekonomi Indonesia tentunya menyambut positif dengan diluncurkannya Mbizmarket. Alasannya, mereka akan ‘naik kelas’ berkat digitalisasi proses pengadaan barang dan jasa mereka sehingga menjadi transparan dan akuntabel. Bagi perusahaan-perusahaan yang berlaku sebagai vendor penyedia barang dan jasa, Mbizmarket dapat dimanfaatkan secara optimal untuk mengembangkan serta meningkatkan produktivitas bisnisnya.

Mbizmarket berbeda dengan Mbiz.co.id. Mbizmarket merupakan platform kedua Mbiz yang didesain untuk memperluas target segmen Mbiz agar bisa merasakan solusi total e-procurement.

Rizal Paramarta, CEO Mbiz, mengatakan bahwa setidaknya ada tiga hal yang ditawarkan oleh Mbizmarket untuk sektor UMKM, antara lain, proses pengadaan barang dan jasa dengan sesuai standar perusahaan multi-nasional, membantu mengembangkan dan mendampingi bisnis mereka hingga mencapai target, dan membantu mereka membuka channel exposure.

“Data kami menunjukkan dari 3.500 seller di Mbiz diatas 80 persen adalah SMB yang melakukan supply ke perusahan-perusahaan besar,” ungkap Rizal belum lama ini di Jakarta, Senin (22/4).

Dirinya juga menambahkan, “Berdasarkan kajian Mbiz, transparansi, akuntablitas, serta integritas dalam kegiatan total e-procurement menjadi kunci peningkatan efisiensi, produktivitas, kompetensi, dan keberlanjutan bisnis,”

Lalu, masalah yang kerap terjadi di lapangan adalah belum semua perusahaan, terutama yang berskala menengah dan kecil dapat menerapkan e-procurement secara total, karena terkendala biaya pengembangan sistem digital, sumber daya, dan penguasaan teknologi. Kesadaran tentang pemahaman solusi e-procurement ini memang belum besar. Namun Mbiz optimis, seiring berkembangnya teknologi, lambat laun transparansi dan akuntabilitas pada segmen UMKM pasti akan hadir.

Fitur dan Layanan Lengkap Mbizmarket

Semua transaksi pengadaan barang dan jasa dengan menggunakan Mbizmarket akan tercatat dan 100% dapat diaudit berkat dukungan fitur-fitur e-procurement yang lengkap, seperti Budget Control, Spending Report & Analytics,  Order & Fulfilment tracking, serta digital approval.

Herdian Yoki Pradipta CTO Mbizmarket, Ryn Hermawan COO Mbizmarket, Rizal Paramarta CEO Mbizmarket, Andik Duana Putra CCO Mbizmarket

Herdian Yoki Pradipta, Chief Technology Officer (CTO) Mbiz menyatakan bahwa Mbizmarket juga menawarkan fasilitas untuk melakukan perbandingan harga pada satu halaman yang sama secara real time. Dari vendor, penyelenggara pengadaan barang dan jasa juga berpeluang untuk mendapatkan penawaran harga khusus, opsi penawaran termin pembayaran yang dapat dipilih dan disepakati, hingga kerja sama kontraktual.

“Untuk kepentingan regulasi terkait perpajakan, Mbizmarket juga akan memberikan tanda apakah vendor penyedia barang dan jasa adalah Perusahaan Kena Pajak (PKP) atau bukan,” ungkap Herdian.

Ragam barang dan jasa yang dapat ditawarkan Mbizmarket sangat luas dan ini juga menjadi diferensiasi yang unik. Di Mbizmarket, penyelenggaraan e-procurement dapat membeli beragam produk atau jasa seperti produk-produk IT, perlengkapan kantor, jasa alihdaya SDM (dari tenaga keamanan, tenaga spesialis, customer service, SPG, hingga petugas kebersihan), jasa event organizer, jasa pemeliharaan gedung/kantor, rental kendaraan, jasa pemasangan iklan, jasa konstruksi, pengadaan bahan-bahan kimia ataupun kesehatan, hingga produk-produk terkustomisasi.

Tags: , , , ,


COMMENTS