May 27, 2019

Computex 2019: AMD Umumkan GPU Navi 7 nm dengan Arsitektur Baru, PCI-E 4.0, dan Siap Dipakai PlayStation 5

Penulis: Iwan RS
Computex 2019: AMD Umumkan GPU Navi 7 nm dengan Arsitektur Baru, PCI-E 4.0, dan Siap Dipakai PlayStation 5  

Mobitekno – Mengawali pameran komputer akbar di Taiwan, Computex 2019, AMD melalui Dr Lisa Su, AMD CEO mengumumkan kehadiran GPU Navi untuk Radeon RX5000 series dengan arsitektur terbaru RDNA (Radeon DNA). Angka 50 pada nomenklaturnya juga menandai ulang tahun perusahaan AMD yang ke-50 (didirikan 1969).

Menurut Dr. Lisa Su, RDNA merupakan arsitektur GPU yang sepenuhnya baru dan bukan merupakan turunan atau pengembangan dari arsitektur sebelumnya, yaitu GCN (Graphics Core Next) yang telah eksis beberapa tahun ini (sejak 2012).

Selain mengumumkan Navi GPU dengan arsitektur RDNA, AMD juga mengumumkan prosesor/CPU Ryzen 3 series dengan arsitektur Zen 2 terbaru dan prosesor EPYC Rome untuk segmen data center.

Ketiga produk yang rencanannya akan hadir di pasaran pada kuartal ketiga 2019 ini akan diproduksi dengan teknologi proses 7 nm. Berkat dukungan mitra manufakturnya TSMC, AMD sepertinya lebih sukses memperkecil ukuran die chip-nya ketimbang raksasa semikonduktor Intel yang masih belum beranjak dari chip 14 nm.

Radeon RX5000 series adalah lini produk graphics pertama yang akan mengadopsi arsitektur RDNA. Diproduksi dengan teknologi chip 7 nm (teknologi produksi TSMC) diklaim membawa peningkatan kinerja grafis dan efisiensi.

Apabila dibandingkan dengan GPU Vega (GCN generasi ke-5), GPU Navi (RDNA) menawarkan peningkatan 25% dalam Performance Per Clock dan 1.5x Performance per Watt. Menariknya, GPU Navi juga yang pertama mendukung standar PCIe 4.0 (Peripheral Component Interconnect Express 4.0). Dukungan yang sama, seperti pada CPU AMD Ryzen 3 dan motherboard X570 terbaru.

Sebagai standar interface terbaru untuk koneksi perangkat/periferal, PCIe 4.0 akan menyediakan bandwidth 2x lebih besar untuk komponen, seperti graphics card, HDD, SSD, Wi-Fi, dan ethernet card, dan sejeinsnya.

 

Berbicara mengenai performa GPU Navi (RX 5700 series) tentu tidak terlepas dari produk GPU rivalnya Nividia. Melalui demo video (game Strange Brigade), GPU Navi ditampilkan AMD unggul rata-raa 10% dibandingkan GPU Nvidia RTX 2070 (salah satu GPU Turing termurah dari Nvidia).

Demo ini juga mengindikasikan jika RX 5700 bukan disasar AMD untuk berhadapan dengan seri GPU Turing yang lebih gahar, seperti, Nvidia RTX 2080 atau RTX 2080 Ti.

GPU Navi akan dihadirkan AMD untuk berbagai platform, mulai dari PC, game console, hingga cloud. Disebutkan juga jika Sony PlayStation generasi mendatang (next-gen PlayStation) juga akan mengandalkan GPU Navi dan CPU Ryzen dengan beberapa penyesuaian tertentu.

Meskipun AMD belum memberikan rincian harganya, GPU Navi (Radeon RX5000 series) diharapkan sudah mulai tersedia di pasaran pada Juli 2019.

Tags: , , , , , , , , ,


COMMENTS