October 24, 2019

Ini Dia 12 Keunggulan Vivo Z1 Pro, Smartphone Kelas Menengah dengan Fitur Fantastis

Penulis: Desmal Andi
Ini Dia 12 Keunggulan Vivo Z1 Pro, Smartphone Kelas Menengah dengan Fitur Fantastis  

Mobitekno – Vivo Z1 Pro hadir untuk segmen anak muda yang aktif serta sering diselingi aktivitas bermain game. Cukup banyak Vivo mengeluarkan smartphone di tahun 2019 ini. Sebelum Vivo Z1 Pro, telah hadir Vivo S1. Lalu belum lama juga, Vivo V17 Pro diluncurkan untuk meramaikan pasar smartphone Indonesia. Namun, Vivo Z1 Pro hadir dengan memiliki spesifikasi yang cukup fantastis di kelasnya.

Sebagai informasi, merek Vivo sendiri mulai dikenal secara global pada tahun 2012 melalui seri X1 yang menarik perhatian sebagai smartphone pertama di dunia dengan chipset audio Hi-Fi (High-Fidelity), dan mempunyai desain bodi setipis 6.55 mm.

Sedangkan pada tahun 2013, Vivo memperkenalkan smartphone dengan resolusi layar 2K pertama di dunia, Vivo XPlay3s. Dilengkapi kualitas resolusi 2560 x 1440 pixel berukuran 6 inci, Vivo XPlay3s menjadi smartphone superior di tengah tren layar konvensional dengan resolusi standar 1080p.

Mulai memasuki pasar Asia Tenggara pada tahun 2014, Vivo memboyong X5Pro secara resmi sebagai seri perdananya untuk pasar Indonesia. Memiliki keunggulan kamera dan audio premium serta teknologi 2.5D Glass Design yang membuat tampilan layar smartphone Vivo jadi semakin elegan.

Dikenal sebagai brand yang inovatif dan punya harga kompetitif membuat smartphone Vivo semakin diminati oleh konsumen di tanah air saat ini. Apalagi, Vivo terkenal sebagai brand smartphone yang memiliki aneka model untuk pasaran Indonesia, mulai dari yang entry-level hingga high-level.

Nah, berikut ini adalah 12 keunggulan dari Vivo Z1 Pro, smartphone kelas menengah yang fantastis!

1. Mempunyai Kapasitas Baterai yang Besar

Vivo Z1 Pro dibekali kapasitas baterai sebesar 5000 mAh. Dengan baterai sebesar itu, smartphone Vivo Z1 Pro bisa digunakan hingga satu hari dengan penggunaan game yang cukup sering. Smartphone Vivo Z1 Pro bertahan satu setengah untuk digunakan dengan koneksi 4G yang terus aktif, streaming video, berfoto, serta bermain game selama 60 menit.

Ini termasuk sebuah inovasi baru untuk smartphone kelas menengah. Pasalnya, inovasi desain 3 Dimensi pada smartphone Vivo Z1 Pro mampu memuat bateria 5000 mAh pada bodi dengan ketebalan 8.85 mm.

2. Dual Engine Fast Charging

Tidak hanya dilengkapi kapasitas baterai besar dan daya tahan yang lama, smartphone Vivo Z1 Pro ini juga mempunyai pengisian cepat. Smartphone Vivo Z1 Pro ini memiliki Dual Engine Fast Charging sehingga daya perangkat ini dapat terisi selama dua jam lebih dari kritis sampai penuh.

Sementara itu, pengisian Vivo Z1 Pro sampai 70% bisa dilakukan dalam waktu satu jam sehingga tergolong cepat bagi smartphone kelas menengah. Ada juga teknologi OTG Reverse Charging (diperlukan kabel OTG tambahan) sehingga kamu bisa memanfaatkan smartphone Vivo Z1 Pro sebagai pengisi daya perangkat lainnya.

3. Layar Smartphone dengan Desain Punch-hole yang Menarik

Smartphone Vivo Z1 Pro hadir dengan layar berdimensi 6,53 inci. Layar smartphone Vivo Z1 Pro ini mengusung resolusi Full HD+ 1080 x 2340 piksel dengan rasio 19,5: 9 serta mempunyai kerapatan layar 395 ppi.

Meski begitu, tidak seperti Vivo S1 yang menawarkan panel AMOLED, smartphone Vivo Z1 Pro ini hanya menggunakan layar IPS saja.

Namun, walau hanya menggunakan layar IPS, kualitas layar smartphone Vivo Z1 Pro ini tergolong bagus dan terlihat trendi. Hal ini terlihat dari tampilan visual layarnya yang mampu menampilkan warna-warni yang cerah dengan kontras yang tinggi. Layarnya juga tergolong mampu memperlihatkan cahaya yang terang ketika berada di luar ruangan.

Penggunaan IPS LCD membuat pemakai smartphone Vivo Z1 Pro masih dapat melihat konten pada layar hingga sudut kemiringan 178 derajat. Terdapat juga Aspek rasio 19.5:9 yang memenuhi bagian depan lengkap dengan punch-hole di bagian kiri atas smartphone Vivo Z1 Pro.

4. Tiga Kamera Belakang Berkualitas Tinggi

Serupa dengan Vivo S1, smartphone Vivo Z1 Pro juga dibekali dengan tiga kamera belakang. Ketiga kamera ini terdiri dari kamera utama 16 MP dengan bukaan f/1.8, kamera kedua 8 MP AI ultra wide dengan bukaan f/2.2, dan kamera ketiga untuk depth sensor dengan kamera berukuran 2 MP.

Hasil memotret menggunakan kamera belakang ini bisa dibilang melebih ekspektasi untuk sebuah smartphone kelas menengah yang mempunyai harga terjangkau. Hasil memotret menggunakan smartphone Z1 Pro mampu menghasilkan foto dengan warna dan detail yang bagus.

Kamera belakang pada smartphone Z1 Pro mampu menangkap gambar dengan tajam dan menghasilkan tekstur foto alami. Fitur HDR yang dimilikinya juga membuat gambar yang dihasilkan menjadi lebih baik.

5. Kamera Selfie 32 MP yang Superior

Mengincar pasar anak muda yang gemar berswafoto dan aktif di media sosial, karena itu smartphone Vivo Z1 Pro disematkan kamera depan beresolusi 32 MP. Sebagai smartphone kelas menengah, kualitas kamera depan yang ditawarkan Vivo Z1 Pro terbilang sangat bagus. Membuat selfie dengan kamera depan smartphone Vivo Z1 Pro ini pun mampu menghasilkan foto yang bagus di luar ruangan.

Jika di dalam ruangan dengan pencahayaan yang tepat, hasilnya juga akan tetap bagus. Apalagi, kamera depan smartphone Vivo Z1 Pro ini dilengkapi fitur AI Face Beauty yang mampu membuat wajah tampak lebih mulus dan bercahaya ketika melakukan selfie maupun wefie.

AI Face Beauty juga akan membantu menyempurnakan setiap detail wajah ketika melakukan selfie maupun wefie serta menawarkan berbagi solusi sesua preferensi kamu. Tidak perlu lagi deh menghabiskan banyak waktu untuk melakukan edit foto dengan berbagai aplikasi dan langsung bisa menikmati hasilnya untuk di-upload pada media sosial!

6. Sensor Keamanan yang Responsif

Smartphone Vivo Z1 Pro ini hadir dengan sensor keamanan yang lengkap dan mumpuni. Terdapat sensor sidik jari (fingerprint) dan sensor pengenalan wajah atau face recognition (face access). Namun, berbeda dengan Vivo S1 yang mempunyai fingerprint di bagian bawah, Vivo Z1 Pro ini memiliki fingerprint yang ditempatkan pada bagian belakang smartphone.

Menariknya, kecepatan baca pada fingerprint ini terbilang cepat dan responsif. Letak fingerprint pada smartphone Vivo Z1 Pro ini juga mudah dikenali. Sedangkan fitur face recognition (face access) di smartphone Vivo Z1 Pro dapat mempermudah membukan kunci layar dengan mengenali wajah. Sensor pada fitur face recognition (face access) pun terbilang cepat dan responsif.

7. Desain Smartphone yang Cantik dan Berukuran Besar

Smartphone Vivo Z1 Pro punya desain yang elegan dan keren. Pasalnya, bodi smartphone Vivo Z1 dibuat dari bahan polycarbonate yang dirancang shiny sehingga tampak seperti kilauan kaca. Smartphone Vivo Z1 Pro ini hadir dengan kombinasi warna memukau, yaitu Sonic Blue dan Sonic Black. Hadirnya lengkungan 3 Dimensi juga membuat tampilan smartphone Vivo Z1 jadi semakin cantik.

Belum lagi, smartphone Vivo Z1 dirancang berukuran besar, namun tetap nyaman dalam genggaman. Tercatat, smartphone Vivo Z1 memiliki layar sebesar 6,5 inci dengan dimensi ukuran 162.4 x 77.3 x 8.9 mm dan bobot hanya 207 gram.

vivo 2

8. Kapasitas Memori Internal yang Lega

Smartphone Vivo Z1 Pro ini memiliki pilihan varian dengan kapasitas memori internal yang lega. Yang pertama, ada pilihan RAM 4 GB/ Memori Internal 64 GB. Selanjutnya, pilihan RAM 6 GB/Memori Internal 64 GB. Terakhir yaitu RAM 6B/ Memori Internal 128 GB.

Tiga pilihan kapasitas memori internal tersebut terbilang besar sehingga kebutuhan penyimpanan aplikasi, game, foto, video, ataupun berkas penting mampu terpenuhi dengan baik.

9. Memiliki Chipset Kelas Premium dari Qualcomm

Smartphone Vivo Z1 Pro ini dilengkapi chipset Qualcomm Snapdragon 712 sehingga kinerjanya menjadi semakin maksimal. Chipset ini terbilang sangat canggih dan berkelas premium karena dibuat dengan proses fabrikasi 10 nanometer (nm), sehingga setara dengan Snapdragon 845 alias flagship.

Kinerja smartphone Vivo Z1 Pro juga menjadi semakin kencang karena mengusung arsitektur Kryo seri 360 yang menawarkan clockspeed mencapai 2,3 Gigahertz (GHz).

10. Performa Smartphone yang Memukau

Dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 712 dengan prosesor octa core yang terdiri dari Kryo 360 Gold (dual core 2.3 GHz) serta Kryo 360 Silver (enam core 1.7 GHz). Sedangkan untuk pengolah grafisnya menggunakan Adreno 616. Graphic Processing Unit ini mampu meningkat performa smartphone Vivo Z1 Pro hingga 25% lengkap dengan AI Engine generasi ketiga. Karena itu, smartphone Vivo Z1 Pro memiliki performa yang sangat memuaskan.

Smartphone Vivo Z1 Pro ini mampu digunakan untuk memainkan game PUBG Mobile dengan pengaturan grafis di setting “smooth-ultra”, “balanced-ultra”, dan “HD-High”. Apalagi, smartphone Vivo Z1 Pro ini dilengkapi fitur Vivo Multi Turbo sehingga mampu menjalankan game Asphalt 8 dengan pengaturan grafis maksimal pada frame rates 30 fps dengan stabil dan tanpa hambatan.

Ada juga fitur Ultra Game Mode yang dapat memprioritaskan alokasi daya pada sistem smartphone Vivo Z1 Pro untuk performa terbaik saat bermain. 4D Vibration yang terdapat di fitur ini juga dapat membatu kamu merasakan sensasi bermain yang lebih nyata serta Game Countdown yang dapat mengingatkan tentang durasi permainan. Fitur Ultra Game Mode ini juga mampu meminimalkan sinar biru pada layar sehingga mata kamu lebih terlindungi saat bermain.

Jangan lupa, terdapat pula Center Turbo yang mempercepat kerja prosesor agar alokasi memori dan CPU yang mengolah game tetap berjalan lancar. Selain itu, tidak perlu khawatir Vivo Z1 Pro akan “kepanasan” saat digunakan nge-game karena ada fitur Cooling Turbo yang mampu mengurangi panas suhu smartphone hingga 1-1.5 derajat celsius saat bermain dengan grafik intensif untuk permainan yang lancar dan menyenangkan.

11. Sistem Operasi Terbaik dan Funtouch 9

Smartphone Vivo Z1 Pro hadir dengan Android 9.0 Pie dan Funtouch OS 9. Funtouch OS juga ini punya beberapa perubahan penting untuk para pengguna smartphone Vivo Z1 Pro seperti tampilan UI serupa dengan iOS hingga apps Action yang memudahkanmu dalam melakukan tugas sehari-hari.

12. Fitur Lainnya

Di luar hal-hal tersebut, terdapat AI Turbo yang mempelajari pola penggunaan smartphone Vivo Z1 Pro sehingga dapat membuka aplikasi yang sering digunakan dengan lebih cepat. Jangan takut juga kehilangan sinyal saat mengakses berbagai media sosial, streaming video, ataupun bermain game karena ada fitur Net Turbo untuk stabilitas jaringan yang lebih baik.

Well, beragam keunggulan smartphone Vivo Z1 Pro tersebut jelas bisa menjadi pertimbangan kamu untuk membelinya, Apalagi, dengan spesifikasi ciamik serta harga yang hanya 3 juta-an rupiah.

Tags: , , , ,


COMMENTS