January 24, 2019

Survei Dassault Systèmes: Kehidupan di Tahun 2030, Banyak Orang Mengendarai Hyperloop dan Memiliki Robot Rumah

Penulis: Rizki Romdoni
Survei Dassault Systèmes: Kehidupan di Tahun 2030, Banyak Orang Mengendarai Hyperloop dan Memiliki Robot Rumah  

Mobitekno – Dassault Systèmes mengungkap konsumen memperkirakan bahwa kehidupan perkotaan di tahun 2030 akan dipenuhi dengan teknologi yang meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan, memberikan manfaat sosial yang nyata, serta mempersonalisasikan pengalaman.

Temuan ini berasal dari survei terhadap penduduk yang mewakili demografi orang dewasa di A.S. yang dilakukan dalam kemitraan dengan perusahaan riset pasar independen CITE Research.

Rel hyperloop, sistem rumah pintar yang terhubung penuh, pembayaran mobile dan rencana kesehatan preventif yang dipersonalisasi hanyalah beberapa dari teknologi disruptif yang tengah dijalankan hari ini. Meskipun konsumen memprediksi personalisasi sebagai salah satu manfaat utama inovasi teknologi di tahun 2030 di masing-masing kategori ini, mereka juga menyebutkan keamanan, efisiensi energi, kenyamanan, aksesibilitas, penghematan, dan pencegahan sebagai manfaat yang diperoleh dari berbagai teknologi.

Temuan-temuan dari survei tersebut meliputi:

Pengalaman yang dipersonalisasi dianggap sebagai manfaat utama dari kemajuan teknologi, khususnya di kalangan milenial. Di antara responden berusia 18-34 tahun, teknologi diharapkan akan memberikan pengalaman yang disesuaikan dengan kebutuhan dan selera setiap pribadi; responden yang berusia di atas 35 tahun mengharapkan kemajuan teknologi akan memberikan kualitas hidup yang lebih baik.

Rumah di tahun 2030 akan aman dan hemat energi. Lebih dari 70% responden akan menggunakan perangkat yang dipantau dari jarak jauh, asisten yang diaktifkan suara, serta sistem rumah pintar yang terhubung penuh. Sebanyak 49% memperkirakan akan menggunakan asisten rumah virtual atau robot yang dipersonalisasi.

Transportasi dan mobilitas diperkirakan akan menjadi semakin berbasis listrik dan terhubung sehingga meningkatkan penghematan biaya, keselamatan di jalan, dan kualitas hidup, serta mengurangi waktu perjalanan. Lebih dari 70% responden memperkirakan akan menggunakan kendaraan hybrid atau kendaraan yang sepenuhnya elektrik, sementara lebih dari setengahnya memperkirakan akan bepergian dengan hyperloop.

Sebanyak 38% memperkirakan akan menggunakan taksi udara. Lebih dari 75% memperkirakan pengalaman penumpang yang dipersonalisasi seperti optimisasi jalur navigasi dan peraturan lalu lintas yang dikendalikan kota, namun mayoritas memperkirakan bahwa mereka tidak akan mengizinkan akses terhadap data pribadi untuk meningkatkan layanan-layanan tersebut.

Pelayanan kesehatan preventif dan perawatan rumah yang dipersonalisasi akan menjadi hal yang lumrah. Lebih dari 80% responden berharap untuk mencegah penyakit dan hidup lebih lama, karena teknologi akan memungkinkan mereka untuk mengelola kesehatan pribadi mereka dengan lebih mudah dan efektif, dimana 83% memperkirakan rencana pencegahan berdasarkan perilaku atau nutrisi sebagai teknologi yang paling berdampak, 81% mengharapkan perangkat yang dapat memberikan perawatan di rumah, dan 80% memprediksi sistem rekam medis yang sepenuhnya elektronik.

Tiga perempat responden merasa bahwa teknologi seperti aplikasi diagnostik di rumah, perangkat yang dapat dikenakan dan ortopedi prostesis yang dibuat khusus juga akan berdampak besar.

Toko fisik/offline tidak akan hilang, tetapi pengalaman di dalam toko akan berkembang di ranah pembayaran dan penggunaan teknologi di dalam toko. Di industri ritel, 84% responden memperkirakan akan menggunakan pembayaran mobile dan pengiriman kapan saja/di mana saja untuk membuat pengalaman belanja menjadi lebih nyaman, tetapi 45% merasa bahwa tidak mungkin hanya akan ada belanja virtual di tahun 2030.

CITE Research, atas prakarsa Dassault Systèmes, melakukan survei online terhadap 1.000 orang dewasa di A.S. Survei ini dilakukan antara tanggal 19-29 November 2018.

Tags: , , ,


COMMENTS