August 23, 2019

Gandeng Equinix dan Alibaba Cloud, NetApp Hadirkan Solusi NPS

Penulis: Karyo | Editor: Rizki R
Gandeng Equinix dan Alibaba Cloud, NetApp Hadirkan Solusi NPS  

Mobitekno – Penggunaan platform cloud menjadi suatu keniscayaan di era transformasi digital saat ini. Pilihannya adalah penggunaan platform public cloud, hybrid atau multi cloud. Ketika perusahaan harus berhadapan dengan Peraturan Pemerintah No. 82 (PP82) tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik (PSTE) yang mewajibkan perusahaan di Indonesia agar memiliki data center dan disaster recovery center di wilayah Indonesia, maka pilihannya adalah hybrid cloud.

Atas dasar itulah NetApp mengumumkan kolaborasinya dengan Equinix dan Alibaba Cloud melalui Indonet, mitra di Indonesia untuk menjawab kebutuhan serta tantangan para pelanggan enterprise agar dapat menyederhanakan serta mengotomatisasi infrastruktur TI atau membangun cloud modern dari awal, dengan dukungan platform terkini dan kapabilitas cloud-native yang lebih disederhanakan sebagai bagian dari transformasi digital mereka.

Kolaborasi yang menghubungkan NetApp® Private Storage (NPS) for Cloud, Alibaba Cloud dan Platform Equinix®, memudahkan bisnis-bisnis di Indonesia untuk memiliki kebebasan dan fleksibilitas penuh untuk menjalankan aplikasi atau workload serta memiliki kendali penuh atas data mereka di berbagai multi-cloud platform.

Menurut Ana Sopia, Country Manager, NetApp Indonesia,  NetApp percaya bahwa mengadopsi Hybrid Cloud dapat menjadi langkah tepat bagi bisnis yang ingin bertransformasi secara digital.

“Oleh karena itu, kami menghadirkan NetApp® Private Storage (NPS) for Cloud dengan berkolaborasi bersama Equinix dan Alibaba Cloud sebagai komitmen kami untuk mengakomodir kebutuhan bisnis di Indonesia yang ingin mengadopsi Cloud. Di saat yang bersamaan, NetApp juga membantu mereka menjawab kebutuhan bisnis sekaligus mematuhi peraturan yang berlaku di Indonesia,” jelas Ana Sopia, saat pemaparan Solusi NPS di Jakarta, Selasa (20/8).

Ki Ka Leon Chen Country MFT 1 FT 1 nager Alibaba Cloud Indonesia Ana Sopia Country Manager NetApp Indonesia Ahmad Ubaidillah Technical Consultant NetApp Indonesia

[kiri-kanan]: Leon Chen, Country Manager Alibaba Cloud Indonesia, Ana Sopia, Country Manager NetApp Indonesia,  serta Ahmad Ubaidillah, Technical Consultant, Netapp Indonesia.

Perusahaan dan organisasi yang akan mengadopsi strategi multi-cloud harus mampu memaksimalkan kapabilitas cloud-computing dan mengelola aset pribadi pada saat yang bersamaan. Dengan hadirnya pilihan cloud platform yang beragam, kebutuhan untuk dapat mengelola data dengan benar menjadi kunci.

Solusi NPS memberikan fleksibilitas dan kemudahan bagi tim TI untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang selalu berubah seperti menjawab kebutuhan pasar secara strategis dan membuat produk baru dimana perusahaan dan organisasi harus mampu mengelola data mereka dari mana saja dan kapan saja, agar mereka siap untuk bersaing di era digital dengan mengendalikan data mereka secara efisien.

Sementara itu Leon Chen, Country Manager Alibaba Cloud Indonesia mengungkapkan bahwa dengan dua pusat data lokal yang berlokasi di Indonesia, pihaknya berkomitmen untuk melayani para pelanggan dengan produk dan layanan cloud yang dapat diandalkan, aman serta terpercaya.

“Kolaborasi antara NetApp dan Equinix dalam membangun lingkungan hybrid cloud didukung dengan infrastruktur dari kami merupakan bentuk nyata dari komitmen ini. Kami akan terus bekerjasama dengan para mitra lokal kami untuk memenuhi kebutuhan transformasi digital bagi bisnis-bisnis di Indonesia,” ujar Chen..

Lebih jauh, Chen mengungkapkan bahwa pusat data yang berada di Indonesia tidak hanya menyediakan infrastruktur sebagai layanan (Infrastructure as a Service), namun juga teknologi mutakhir seperti GPU processing, Container Service, Big Data processing, solusi Artificial Intelligence dan layanan keamanan seperti Web Application Firewall.

Pada kesempatan tersebut Ahmad Ubaidillah, Technical Consultant, Netapp Indonesia, menjelaskan bahwa penerapan solusi NPS akan memudahkan kontrol data center. Hal itu menurut Ubay, begitu biasa disapa lokasi data center Alibaba dan Equinix ada di Indonesia. Ditambah lagi pengelolaan data center-nya diberikan akses khusus pagi para penggunanya.

Aspek keamanan solusi NPS memiliki tingkat kemamanan yang terjamin. Pasalnya menurut Ubay, jaringan akses datanya memiliki jaringan khusus yang hanya dipakai oleh pengguna tidak digunakan atau tercampur  dengan pengguna  lain.  Sehingga menurutnya, tidak mungkin ada pihak lain yang bisa mengakses data tersebut.

Lebih jauh Ubay menjelaskan bahwa NetApp Indonesia telah melakukan uji coba tingkat latensin  terhadap Solusi NPS di Indonesia dengan Alibaba Cloud dan colocation pada Platform Equinix, dengan memberikan kendali sepenuhnya terhadap data bagi para pelanggan.

Uji coba menunjukkan hasil latensi yang jauh lebih rendah dengan latensi jaringan sebesar 0,39 ms dan latensi disk (dengan pengaturan SAS) sebesar 1,4ms.

Solusin NPS merupakan solusi pertama bagi Indonesia yang melayani kebutuhan business-critical data serta menjadi pilihan efisien dan menguntungkan bagi organisasi untuk memiliki pengelolaan data yang tersambung dalam multi-cloud dengan kendali penuh terhadap data mereka, serta performa yang tinggi dan dinamis, serta tetap mematuhi regulasi

Tags: , , , , ,


COMMENTS