November 22, 2019

Jawab Kebutuhan Pemindaian Dokumen di Front Desk, Fujitsu Luncurkan Scanner Minimalis fi-800R

Penulis: Iwan RS
Jawab Kebutuhan Pemindaian Dokumen di Front Desk, Fujitsu Luncurkan Scanner Minimalis fi-800R  

Mobitekno –¬†Fujitsu, produsen perangkat dan penyedia layanan TI terkemuka dunia, hari ini mengumumkan kehadiran scanner (pemindai) terbaru Fujitsu fi-800R yang cocok untuk bagian front desk karena berdimensi kecil dan hemat tempat (space saving).

Meski berukuran kecil (11,7 x 4,1 x 3,3 inci) dan berbobot kurang dari 2 kg, Fuji fi-800R bukanlah scanner dengan fungsi minimalis. Scanner ini dapat memindai (men-scan) dokumen hingga ukuran A4, mendukung mekanisme dual path (Return dan U-turn scan), automatic document feeder (ADF), dan manual feed input.

Fitur menarik lainnya dari Fuji fi-800R adalah dukungan PaperStream Capture yang berguna dalam memindai karakter (tulisan dan angka) yang terdapat dalam dokumen yang mengandung kode Machine Readable Zone (MRZ code), seperti paspor, KTP, SIM, dan sejenisnya.

Hasil pemindaian dokumen tersebut secara otomatis dapat diiputkan langsung ke berbagai aplikasi Windows, MS Excel, MS Word, atau lainnya. Menurut Fujitsu, informasi hasil pemindaian dapat disimpan di berbagai aplikasi lainnya, asalkan berjalan di sistem operasi Windows.

Ada pula fitur PaperStream IP yang menentukan profil dokumen yang dipindai dengan melakukan penyortiran agar proses pemindaian tidak perlu berulang dilakukan dengan berbagai format aplikasi.

Joni Irwanto, Country Head of Platform Product Fujitsu Indonesia, dalam acara peluncaran scanner tersebut di Jakarta (21/11/2019) menyatakan bahwa Fujitsu fi-800R dapat membantu proses digitalisasi berbagai jenis dokumen di perusahaan hingga berukuran A4.

“Dengan kemudahan operasional semacam ini, diharapkan (perusahaan) dapat mengurangi beban kerja dan mampu mengoptimalkan pelayanan kepada pelanggan,” ungkap Joni Irwanto.

Geotama Riamputra, Scanner Product Manager PT Fujitsu Indonesia, juga menambahkan bahwa desain scanner ini cocok untuk area kerja front desk, resepsionis, atau service counter karena bentuknya yang ringkas dan mudah digunakan men-scan dokumen plastik, bahkan dengan ketebalan hingga 5mm, seperti KTP atau paspor, hingga dokumen yang dilipat.

Scanner Fuji fi-800R diklaim sanggup melakukan proses scanning secara kontinyu dengan kecepatan hingga 40 ppm/80 ipm. Bahkan fitur Automatic Stacking Technology dapat menyusun dokumen yang sudah ter-scan, sehingga memudahkan untuk mengumpulkan dokumen setelah selesai di-scan.

Menurut Geotama, Fujitsu fi-800R sanggup mengusung mekanis feeding kertas yang akan di-scan, memastikan proses lebih stabil sehingga tidak perlu melakukan pemindaian ulang. Selain itu, fitur Automatic Skew Correction-nya sangat berguna membantu mengoreksi lembaran dokumen yang tersusun miring satu per satu. Fitur ini berguna untuk mencegah risiko lembar dokumen macet saat proses scanning (paper jam).

Selain meluncurkan scanner mini Fuji fi-800R, Fujitsu juga meluncurkan dua scanner flagship dengan performa scanning cepat dan akurat untuk berbagai dokumen dalam jumlah besar/banyak (high-volume scanning). Keduanya adalah Fuji fi-7900 (140 ppm dan 280 ipm dengan siklus 120 ribu per hari) dan fi-7800 (110 ppm dan 220 ipm).

Fujitsu Indonesia (PT Fujitsu Systems Indonesi) belum menentukan harga resmi ketiga scanner terbaru mereka untuk pasar Tanah Air. meski demikian, Joni Irwanto hanya memberikan harga kisaran, dimana Fuji fi-800R akan dipasarkan di harga sekitar Rp 10 juta, sedangkan fi-7900 dan fi-7800 di kisaran Rp 250-400 juta.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS