January 22, 2019

Platform Reservasi Restoran EATIGO Resmi Hadir di Indonesia

Penulis: Karyo | Editor: Rizki Romdoni
Platform Reservasi Restoran EATIGO Resmi Hadir di Indonesia  

Mobitekno – Di era digital saat ini berbagai aplikasi OTT hadir di tengah-tengah kehidupan masyarakat dunia termasuk di Indonesia. Eatigo, salah satu aplikasi OTT yang merupakan platform reservasi restoran online terkemuka Asia Tenggara, kini hadir di Indonesia. Setelah Eatigo memperoleh pendanaan terkini sebesar US$ 25,5 juta dari TripAdvisor, Eatigo yang telah hadir sejak 2013, dan telah eksis di Hong Kong, Singapura, Thailand, Malaysia, India, Filipina, saat ini resmi hadir di Indonesia.

Eatigo mengusung konsep win-win solution bagi merchants, pembeli dan Eatigo sendiri dengan menawarkan diskon berbasis waktu (time-based) hingga 50% setiap hari di seluruh restoran yang berpartisipasi melalui aplikasi dan website. Kehadiran Eatigo membantu restoran yang menghadapi masalah kursi kosong di jam-jam lengang (off-peak) dan menghubungkannya dengan para pecinta kuliner yang lapar.

Menurut Co-founder & Group Chief Executive Officer Eatigo Michael Cluzel, saat hadir di Indonesia mengungkapkan bahwa setelah sukses di enam negara, Eatigo sangat bersemangat untuk dapat hadir di Indonesia yang memiliki pasar potensial dan tingkat pertumbuhan industri kuliner yang pesat.

“Namun di sisi lain, masih banyak restoran yang menghadapi problem kursi kosong, utamanya di jam-jam off-peak. Eatigo hadir untuk memaksimalkan potensi yang terlewat dengan menawarkan diskon kepada perut-perut pecinta kuliner yang lapar,” ujar Michael saat peresmian Eatigo di Indonesia, Selasa (22/1).

Lebih jauh, Michael menegaskan bahwa melalui Eatigo pengguna akan selalu mendapat diskon di restoran mana pun yang telah bekerjasama dengan Eatigo setiap harinya tanpa terkecuali. “Tentu akan memperoleh diskon lebih besar pada saat pemesanan di jam-jam lengang (off-peak),” tegasnya.

“Kursi-kursi kosong di restoran merchants eatigo dapat dipesan tanpa syarat yang menyulitkan seperti pembayaran di muka ataupun penggunaan kartu kredit,” lanjutnya.

Cara kerja Eatigo adalah dengan memanfaatkan manajemen hasil (yield management) melalui diskon berbasis waktu. Eatigo membantu restoran mengubah permintaan dan membentuk traffic pengunjung dengan cara memaksimalkan kapasitas dan meningkatkan profitabilitas mereka.

“Fokus kami adalah memanfaatkan low hour yang kerap terjadi di restoran dan meningkatkan keuntungan mereka hingga 30%. Dengan teknologi yang dimiliki, pemilik restoran bisa memonitor pemesanan sebelum dilakukan oleh pengguna di dashboard mereka,” ujar Michael menjelaskan.

Michael juga menjelaskan bahwa melalui platform aplikasi dan website Eatigo berhasil menggaet 10 juta orang untuk mengunjungi lebih dari 4.500 restoran di Asia Tenggara.

Ket. Foto (dari kanan-ke kiri):Michael Cluzel (Co-founder & CEO Eatigo International), Pumin Yuvacharusku (Co-founder & CEO Eatigo Thailand), dan Shintia Xu (Marketing manager Eatigo Indonesia).

Sementara itu menurut Shintia Xu, Marketing manager Eatigo Indonesia, mengungkapkan bahwa sejak mulai live pada pertengahan Desember 2018 lalu, Eatigo sudah bekerjasama dengan lebih dari 250 restoran di Jabodetabek. “Setiap hari jumlahnya terus bertambah seiring dengan banyaknya permintaan dari berbagai restoran di Jabodetabek,” ujar Shintia pada kesempatan yang sama.

Di Indonesia sendiri saat ini Aplikasi Eatigo telah diunduh oleh lebih dari 100.000 pengguna dan diprediksi akan terus bertambah.“ Dalam 6 bulan ke-depan ditargetkan akan menggaet sedikitnya 500.000 pengguna,” jelas Shintia optimis.

Kehadiran Eatigo menurutnya disambut baik oleh pecinta kuliner dan pecinta diskon di Indonesia, terlihat dari berhasilnya Eatigo mendatangkan ribuan pengunjung dalam sepuluh hari pertama ke top lima restoran seperti: Shabu Jin, FONZU, Ritz Carlton, Korbeq dan Seorae. Sejumlah restoran top yang menjadi partner Eatigo sudah merasakan kenaikan jumlah pengunjung 30-50 persen.

“Restoran-restoran yang berada di pusat perbelanjaan merasakan kenaikan traffic yang signifikan dari Eatigo, utamanya pada saat weekdays yang menjadi waktu reservasi terfavorit bagi 60% pengguna Eatigo,” tambahnya.

Kedepan menurut Shintia, selain di Jabodetabek, Eatigo juga akan menyasar ke kota-kota lainnya di Indonesia. Namun menurutnya belum bisa menyebutkan kota mana lagi yang akan disasar.

Aplikasi Eatigo dapat diunduh secara gratis lewat Google Play Store dan App Store. Saat ini aplikasi Eatigo telah diunduh oleh lebih dari 5 juta pengguna. Eatigo memiliki jaringan lebih dari 5000 restoran merchants. Platform Eatigo telah menghadirkan lebih dari rata-rata dua juta reservasi di restoran-restoran tersebut.

Tags: , , ,


COMMENTS