August 21, 2019

Pria Ini Rebut Juara Satu di Babak Final Volvo Trucks Indonesia Driver Challenge 2019

Penulis: Rizki R
Pria Ini Rebut Juara Satu di Babak Final Volvo Trucks Indonesia Driver Challenge 2019  

Mobitekno – Masih dalam tajuk yang sama seperti tahun lalu, Volvo Trucks Indonesia sukses mengadakan Driver Challenge 2019. 10 pengemudi truk terbaik dari seluruh Indonesia berkumpul di Alam Sutera, Serpong untuk berkompetisi. Kompetisi ini bertujuan untuk memperhatikan pengemudi truk dan memperkuat pentingnya keahlian dan kompetensi pengemudi.

Fokus utama untuk kompetisi tahun ini adalah efisiensi bahan bakar dan keterampilan mengemudi. 10 finalis mengendarai dump truck Volvo FMX 400 6X4R dan FMX 480 6X4T semi-trailer dengan panjang lintasan sejauh 5 km yang telah dibagi menjadi 2 sisi; sisi luar berfokus pada efisiensi bahan bakar dan sisi dalam menekankan pada keterampilan mengemudi dimana pengemudi harus bermanuver menaklukan sejumlah rintangan.

Jurn Terpstra, Direktur Volvo Trucks Indonesia, mengatakan, “Volvo Trucks Driver Challenge bertujuan untuk menarik perhatian tentang pentingnya pekerjaan yang dilakukan oleh pengemudi truk kita. Secara global, jumlah pengemudi terlatih cukup sedikit dan kami berharap bahwa melalui kegiatan ini, kita dapat meningkatkan peran pengemudi truk untuk mempromosikan kebanggaan profesional dalam industri, serta juga untuk menunjukan pentingnya efisiensi berkendara pada pelanggan kita. Keterampilan dan efisiensi mengemudi memiliki dampak langsung pada profitabilitas mereka,”

Selama bertahun-tahun, Volvo Trucks telah berfokus merancang lingkungan pengemudi, drivability, dan produktivitas truk-truk. Sistem pendukung pengemudi seperti Volvo Dynamic Steering (VDS) membuat pengemudi lebih mudah melakukan manuver dengan aman, dan pelatihan pengemudi yang mencakup segala hal mulai penanganan truk hingga gaya mengemudi yang hemat bahan bakar adalah contoh bagaimana Volvo membantu para pengemudi untuk melakukan pekerjaan terbaik serta untuk tumbuh dan berkembang.

Foto 1 2

Bambang Prijono, CEO PT Wahana Inti Selaras (INDOMOBIL Grup) dan Jurn Terpstra, Direktur Volvo Trucks Indonesia

Bambang Prijono, CEO PT Wahana Inti Selaras (INDOMOBIL Grup) menyatakan bahwa Volvo Trucks Indonesia Driver Challenge mengumpulkan berbagai tantangan yang biasa dihadapi pengemudi truk setiap hari. Keahlian mereka seringkali menjadi faktor penentu bagi produktivitas dan profitabilitas pelanggan.

“Pengemudi juga memiliki kontribusi besar pada keselamatan jalan. Dengan mengadakan kegiatan ini, kami menegaskan kembali pengamatan kami tentang bagaimana pengemudi lokal kita  sangat mahir dalam melakukan tugasnya dengan baik dalam mengendarai truk mereka,” kata Bambang.

Penilaian diberikan berdasarkan efisiensi bahan bakar, kemampuan manuver, dan keamanan. Pemenangnya adalah pengemudi dengan poin gabungan tertinggi dari sisi luar maupun sisi dalam. Pada akhirnya, (nama pemenang) yang membawa pulang gelar juara dan akan melakukan perjalanan ke Gothenburg, Swedia – rumah dari Volvo Trucks – di bulan November bersama dengan pemenang lainnya dari seluruh dunia. Dan untuk pertama kalinya dalam 12 kali penyelenggaraan Volvo Driver Challenge, pemenang tidak akan diadu di level internasional, melainkan hadir sebagai tamu kehormatan di Swedia nanti.

Selain Hermansyah yang dinobatkan sebagai juara pertama, Irvan Ardianto dari PT Karunia Armada Indonesia, Kalimantan Timur berhasil meraih juara kedua dan Catur Andoko dari PT Hasnur Riung Sinergi, Kalimantan Selatan berhasil menjadi juara ketiga.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS