June 20, 2019

Oppo Reno dan Reno 10x Zoom Resmi Hadir di Indonesia. Ini Harga dan Keunggulannya!

Penulis: Iwan RS
Oppo Reno dan Reno 10x Zoom Resmi Hadir di Indonesia. Ini Harga dan Keunggulannya!  

Mobitekno – Oppo akhirnya resmi menghadirkan dua smartphone seri perdana, Reno series dengan kamera selfie inovatif di Indonesia (17/6/2019). Keduanya adalah Oppo Reno (standar/reguler) dan Oppo Reno 10x Zoom.

“Oppo Reno Series merupakan bagian tidak terpisahkan dari strategi pertumbuhan global Oppo di era berbasis konektivitas saat ini. Reno series akan berperan sebagai dasar dari pengembangan smartphone Oppo selanjutnya,” ujar Ivan Lau, CEO Oppo Indonesia, mengawali acara peluncuran Reno series.

Reno series menjadi penerus estafet dua seri Oppo sebelumnya, Oppo F dan R series yang sebagai smartphone yang mengandalkan fitur kamera selfie dan kamera utama (belakang). Menurut Aryo Meidianto, PR Manager Oppo Indonesia, berakhirnya Oppo F dan R series merupakan bagian dari strategi agar konsumen tidak terlalu bingung memilih smartphone Oppo.

Berkat inovasi pivot rising camera yang menyerupai sirip ikan hiu ini, Oppo Reno series bisa hadir dengan layar penuh alias tanpa notch (takik) sedikitpun. Oppo menyebut layar berjenis AMOLED (Full-HD+, 1080 x 2340 piksel, color space DCI-P3, Corning Gorilla Glass 6) sebagai panaromic sceen.

Apabila Oppo Reno berlayar 6,4 inci, Oppo Reno 10x Zoom berlayar sedikit lebih besar (6,6 inci). Seperti diketahui, salah satu keunggulan layar AMOLED dibandingkan IPS LCD adalah rasio kontras yang lebih baik/tinggi, sudut pandang (view angle) yang lebih luas, dan konsumsi daya yang lebih rendah (lebih hemat baterai).

“Reno series menawarkan solusi layar penuh yang bagus saat digunakan menikmati video dan bermain game,” ujar Aryo Meidianto saat acara peluncuran di gedung megah The Tribrata, Darmawangsa, Jakarta.

Oppo Reno standar diperkuat chipset Snapdragon 710, RAM 6 GB, internal storage 256GB, dan baterai Li-Po 3765 mAh. Adapun Reno 10x Zoom mengusung kinerja ‘gahar’ dengan chipset Snapdragon 855, RAM 8 GB, internal storage 256 GB, dan baterai Li-Po 4065 mAh. Bisa disebut, Reno 10x Zoom adalah smartphone pertama yang hadir di Indonesia dengan chipset Snapdragon 855.

Seperti Oppo F11 Pro, kedua seri Reno sudah dilengkapi port USB Type-C dan teknologi fast charging VOOC 3.0 (pengisian penuh dalam waktu 80 menit). Untuk melengkapi fitur keamanan, kedua seri Reno ini sudah memakai in-display fingerprint scanner di layar yang lebih responsif berkat dukungan teknologi Hidden Fingerprint Unlock 2.0.

Kedua varian Reno series sama-sama memiliki kamera selfie/depan bersensor 16 MP (f/2.4) yang tersebunyi dan bisa muncul melalui mekanisme pop-up pivot rising. Menurut pihak Oppo, pemotretan selfie sudah dapat dilakukan hanya dalam waktu 0,8 detik.

Pivot rising camera diklaim Oppo bisa digunakan hingga 20 ribu kali pengoperasian. Ekstremnya, untuk pengguna yang selfie 100x dalam satu hari, resistensi ketahanan kamera pivot Oppo Reno kurang lebih 5 tahun.

Baik Reno dan Reno 10x Zoom dilengkapi kamera utama 48MP (f/1.7, sensor Sony IMX586) yang telah mendukung fitur Optical Image Stabilization (OIS) dan Electronic Image Stabilization (EIS). Termasuk juga fitur face detection dan laser focus. Perbedaan kamera utamanya terletak pada kombinasi lensa tambahannya.

Oppo Reno dengan kombinasi dual camera ‘hanya’ dilengkapi tambahan kamera 5 MP (f/2.4, DoF camera), sedangkan Oppo Reno 10x Zoom dilengkapi triple camera, masing-masing kamera 48 MP, kamera telephoto 13 MP dan lensa wide-angle 8 MP. Kemampuan kamera menangkap objek jauh dengan hybrid zoom hingga 10x dimungkinkan berkat teknik lensa periscope yang prinsipnya mirip dengan cara kerja teropong kapal selam.

Agar lensa kamera utama/belakang tidak tergores saat smartphone diletakkan di atas permukaan datar, Oppo menambahkan tonjolan berbahan keramik yang disebut O-Dot. Sayangnya fungsi O-Dot tersebut menjadi kurang berfaedah jika smartphone telah memakai casing.

Hadir dengan dua pilihan warna (Ocean Green dan Jet Black), Oppo Reno akan dibanderol Rp 7,999 juta, sedangkan Oppo reno 10x Zoom seharga Rp 12,999 juta.

Oppo Reno sudah dapat dipesan mulai 17 Juni hingga 21 Juni 2019 dan akan dijual perdana pada 22 Juni 2019. Sedangkan masa pre-order Oppo Reno 10x Zoom akan diterapkan lebih lama, mulai 17-27 Juni 2019 dan mulai dijual perdana pada 28-30 Juni 2019.

Oppo Reno akan dijual secara preorder di Blibli dan Erafone mulai hari ini hingga 21 Juni 2019, sedangkan preorder Reno 10x Zoom akan berakhir pada tanggal 27 Juni 2019.

Selama periode promo, Oppo mencoba mejaga loyalitas pengguna setia produknya dengan menawarkan cashback Rp 1 juta untuk pengguna Find X, cashback Rp 500 ribu untuk pengguna seri F/R, serta cashback Rp 100 ribu untuk pengguna smartphone Oppo seri lainnya. Tertarik para O-Fans dengan produk Oppo satu ini?

Tags: , , , , , , , , , ,


COMMENTS