June 19, 2019

Dukung Hari Lingkungan Hidup, 3M Indonesia Salurkan Donasi Pendidikan dari Limbah Kertas

Penulis: Desmal Andi
Dukung Hari Lingkungan Hidup,  3M Indonesia Salurkan Donasi Pendidikan dari Limbah Kertas  

Mobitekno – Hari Lingkungan Hidup sedunia selalu diperingati pada tanggal 5 Juni agar semua masyarakat bisa meningkatkan kesadaran pentingnya menjaga lingkungan yang positif untuk kebaikan bersama di bumi ini. Di Indonesia sendiri, pada tahun 2019 tercatat timbunan sampah secara nasional sebanyak 175 ribu ton setiap harinya. Dengan jumlah tersebut, per tahunnya ada 64 juta ton sampah yang dihasilkan masyarakat Indonesia. Dan jika dilihat komposisina, jenis sampah kertas memiliki andil sebesar 10 persen dari total volume sampah. Oleh sebab itu, edukasi mengenai hal ini harus diterapkan kepada banyak orang sejak usia dini agar bisa tercipta lingkungan hidup yang lebih bersih.

Dalam mendukung hari lingkungan hidup sedunia ini, 3M Indonesia sudah melakukan program daur ulang kertas sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap lingkungan hidup, sekaligus menjadi langkah yang baik untuk mendukung pendidikan anak-anak Indonesia.

Tahun ini, merupakan tahun kedua 3M Indonesia bekerjasama dengan Yayasan Nara Kreatif yang merupakan badan kewirausahaan sosial bergerak dalam pengolahan limbah perusahaan (green office) dan lembaga pendidikan (green education) yang menaungi anak jalanan. Disinilah dua ton limbah kertas yang dikumpulkan dari 3M Indonesia diolah menjadi kertas daur ulang dan di produksi menjadisouvenir seperti buku agenda, game board, dan produk lainnya untuk dijual kembali kepada perusahaan penyumbang kertas, yakni 3M Indonesia. Kemudian hasil penjualan souvenir tersebut digunakan untuk dana bantuan beasiswa pendidikan.

“Program pemanfaatan limbah kertas merupakan salah satu wujud komitmen 3M Indonesia untuk meningkatkan kualitas hidup (Improving Every Life) masyarakat Indonesia serta memberikan dampak positif bagi lingkungan. Oleh karenanya melalui pengelolaan limbah kertas ini, kami turut berpartisipasi memberikan donasi biaya pendidikan untuk anak jalanan dan warga belajar untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Hal tersebut dikarenakan kami percaya bahwa pendidikan merupakan senjata yang mampu mengubah dunia,”ujar Sashidharan Sridharan, Managing Director 3M Indonesia.

3M

3M Indonesia peduli terhadap limbah kertas yang bisa dimanfaatkan menjadi sesuatu yang berguna

“Saya sangat terima kasih kepada 3M Indonesia yang telah memberikan bantuan kepada kami dalam menjalankan kehidupan pendidikan selama kami bersekolah. Beasiswa yang diberikan memacu kami untuk terus meningkatkan prestasi dan mendorong semangat dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan kami. Sekali lagi saya berterima kasih atas bantuan ini,” kata Sholih Abdulloh, salah satu anak penerima bantuan pendidikan 3M Indonesia.

 Selama tahun 2018, 3M Indonesia telah memberikan manfaat kepada anak dan masyarakat Indonesia melalui berbagai program sosial seperti mendaur ulang sampah plastik maupun kertas dan beberapa program yang telah berjalan yakni aktifitas ekplorasi sains di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta (8 Oktober 2018) serta program pembangunan instalasi air bersih di desa Situhiang, Leuwiliang, Bogor (24 Oktober 2018). Setiap program yang dilaksanakan, bertumpu pada tiga bidang prioritas:

  • Science for Circular: Solusi desain yang dapat menciptakan lebih banyak kegunaan dengan material lebih sedikit, untuk memajukan ekonomi lingkaran global.
  • Science for Climate: Inovasi untuk mendekarbonasikan industri, mempercepat solusi untuk menghadapi iklim global, dan meningkatkan jejak lingkungan kita.
  • Science for Community: Menciptakan dunia yang lebih positif melalui sains, dan menginspirasi orang untuk ikut serta.
Tags: , , ,


COMMENTS