May 19, 2019

East Ventures Fokuskan Investasi untuk Startup Lintas Industri

Penulis: Rizki Romdoni
East Ventures Fokuskan Investasi untuk Startup Lintas Industri  

Mobitekno – East Ventures, perusahaan modal ventura (venture capital) yang memberikan pendanaan tahap awal, berencana akan memusatkan fokus investasinya di negara Indonesia dan terbuka bagi startup di seluruh sektor industri atau yang lebih dikenal dengan istilah sector agnostic.

Hingga hari ini, East Ventures telah mendukung ratusan startup baik itu dari industri e-commerce, media, finansial, logistik, kecerdasan buatan (artificial intelligence), ataupun pendidikan. Dari segi penargetan pangsa pasar, East Ventures telah mendanai startup dengan model B2C (Business to Customer) dan juga B2B (Business to Business).

Selain mendukung berbagai startup, East Ventures juga mengembangkan tiga proyek internal di Indonesia yaitu CoHive, Warung Pintar dan Fore Coffee. Ketiga proyek tersebut berhasil menemukan produk yang tepat untuk pasar (product market fit) dan kemudian berdiri menjadi startup mandiri.

Menurut Melisa Irene, Partner East Ventures, “Indonesia memiliki ekosistem startup yang sangat baik dan semakin mapan. Pasar Indonesia juga menjanjikan karena masih banyak masalah yang dapat diselesaikan melalui teknologi dan aplikasi digital – sehingga menjadikan Indonesia salah satu negara yang paling menarik minat bagi investor untuk berinvestasi.”

Awal tahun ini, East Ventures memperkenalkan hipotesis investasi baru, yakni New Consumption. Beberapa portofolio East Ventures yang sejalan dengan hipotesis tersebut adalah Fore Coffee dan juga The FIT Company, startup yang memanfaatkan teknologi dalam membangun wellness ecosystem dengan misi membantu individu mencapai tujuan hidup yang sehat.

“Saat pertama kali bertemu dengan tim East Ventures, kami langsung merasa cocok akan visi dan misi yang diusung.  Kami yakin bahwa kemitraan dengan East Ventures akan membawa dampak luar biasa positif, untuk kedua belah pihak,” kata Jeff Budiman, CEO dan Co-founder The FIT Company.

Elisa Suteja, mantan Analyst East Ventures yang saat ini menjabat sebagai Deputy CEO Fore Coffee mengungkapkan, “Dua nilai penting dari East Ventures yang saya pelajari adalah kecepatan dan integritas. Kecepatan bukan hanya berarti mengeksekusi sesuatu dengan cepat, namun juga cepat belajar dari kesalahan dan terus beradaptasi. Integritas berperan sebagai pondasi dari setiap langkah cepat yang kita lakukan. Bahwa meski kita terus bergerak, terdapat nilai moral utama yang berperan sebagai pedoman.”

Tags: , , , , ,


COMMENTS