September 18, 2019

Inikah ‘Reinkarnasi’ Mercedes-Simplex Tahun 1901 Setelah Menjadi Mobil Listrik Konsep?

Penulis: Rizki Romdoni
Inikah ‘Reinkarnasi’ Mercedes-Simplex Tahun 1901 Setelah Menjadi Mobil Listrik Konsep?  

Mobitekno – Mobil konsep terbaru Mercedes-Benz yang diluncurkan akhir pekan lalu di Frankfurt Motor Show 2019 mengingatkan kita bahwa produsen otomotif Jerman ini merupakan pelopor mobil konsep. Kendaraan yang diberi nama Vision Mercedes Simplex, pada dasarnya adalah reboot modern dari Mercedes asli, “35 PS” dari tahun 1901. Seiring dengan penggantinya –Simplex yang asli– 35 PS telah memulai era mobil, membuat industri meninggalkan kereta kayu yang sangat berat yang dilengkapi mesin.

Alih-alih menjejalkan banyak ide khas konsep-y ke dalam Visi Mercedes Simplex baru, pembuat mobil tetap setia pada aslinya. Ya, sejumlah elemen (seperti radiator) dibingkai dalam rose gold, dan bagian grille telah diganti dengan tampilan yang dapat mengeluarkan animasi untuk memberikan informasi tentang status kendaraan. Sektor kokpit tetap menjadi impian pengemudi minimalis, dimana hanya terdapat beberapa ‘pajangan’ kecil yang difokuskan pada informasi penting untuk dikendarai.

Perusahaan ini telah mendefinisikan kembali seperti apa masa depan melalui pagelaran Frankfurt Motor Show 2019. Konsep baru yang disebut Vision EQS, seharusnya membantu menggambarkan “desain yang mendebarkan, futuristik untuk model EQ dari Mercedes-Benz” yang akan datang.

Ada satu hal yang menarik soal bagaimana Mercedes-Benz memilih Frankfurt Motor Show 2019 ini untuk memulai konsep Vision Mercedes Simplex. Menurut Mercedes-Benz, acara yang seperti kebanyakan pameran mobil lainnya, sedang menurun. Hal itu disebabkan ulah ribuan demonstran yang memperdebatkan perlunya mobil dalam menghadapi krisis iklim global. Masa depan pameran motor terbesar di dunia pun kembali diragukan.

Bernhard Mattes, bos VDA menolak untuk berkomitmen untuk kembali ke kota, yang telah menjadi tuan rumah acara tersebut sejak tahun 1951.

Mr Mattes mengisyaratkan bahwa format saat ini, dimana sejumlah merek mempromosikan model mobil baru mereka, mungkin segera menjadi usang di tengah seruan politisi lokal agar acara tersebut diubah menjadi sebuah acara yang hanya berfokus pada transportasi ramah lingkungan.

Dalam menghadapi kenyataan ini, upaya yang dilakukan Vision Mercedes Simplex bisa dibilang dangkal. Namun tak ada cara yang lebih baik dalam meluncurkan produk terbaru dari menghidupkan kembali mobil yang memulai semuanya.

Tags: , , , ,


COMMENTS