May 18, 2019

Tiga Tahun Hadir di Indonesia, Platform Mobile Marketing YouAppi Optimis Terus Bertumbuh

Penulis: Iwan RS
Tiga Tahun Hadir di Indonesia, Platform Mobile Marketing YouAppi Optimis Terus Bertumbuh  

Mobitekno – Hadir sejak 2016 di wilayah Asia Tenggara, YouAppi sebagai platform pengembangan pemasaran (marketing) untuk berbagai merek mobile premium mengalami pertumbuhan yang cukup pesat. YouAppi mengkalim pertumbuhannya di Indonesia tiap tahunnya (YoY) selalu di atas 200 persen. Melihat potensi pasar di Indonesia yang tinggi, platform asal Amerika itu mulai serius menggarap kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Sepak terjang kampanye YouAppi dalam mendukung berbagai merek (brand) dan pembuat aplikasi mengembangkan bisnis mobile mereka di Asia terbilang lumayan. Mulai dari Bukalapak, Blue Bird, dan KINO di Indonesia. Selain itu, Cheetah Mobile dan Tencent di Cina, serta e-commerce Shopee di kawasan Asia Tenggara.

YouAppi telah beroperasi di 15 negara, termasuk menjadi memimpin pasar di wilayah Timur Tengah dan Afrika. Adapun di Indonesia, platform marketing untuk merek mobile ini sudah memasuki tahun ketiga.

Platform YouAppi pada intinya menawarkan lima solusinya bagi merek (brand) dan pembuat aplikasi mobile untuk mendukung strategi pemasarannya. Kelima solusinya antara lain ‘user acquisition’, ‘brand video’, ‘rewarded video’, ‘social’, dan re-engagement.

Menurut Anna Mareta, Regional Manager YouAppi SEA, YouAppi menyediakan solusi digital untuk membantu berbagai brand atau merek di Indonesia agar lebih berkembang, khususnya melalui platform mobile. YouAppi bukan hanya dapat membantu pembuat aplikasi meng-engage banyak pengguna baru, tapi juga membantu memahami apa yang dilakukan oleh pengguna tersebut selanjutnya.

Dengan menggabungkan teknologi machine learning dengan algoritme prediktif dan teknologi kluster proprietary-nya, YouAppi dapat menganalisis pola konsumsi konten mobile dari sekitar dua milyar pengguna. Informasi tersebut akan berguna untuk mengkonversinya menjadi pelanggan yang menguntungkan.

Menurut Bukalapak, pendekatan berbasis data dan komprehensif dari YouAppi telah mendukung startup e-commerce unicorn tersebut menciptakan persentase tinggi tingkat purchase rate dan mengurangi biaya akuisisi konsumen secara signifikan.

“YouAppi memenuhi target awal kami dalam waktu satu bulan pertama kampanye kami, mencapai tingkat pembelian sebesar 59% dari pengguna-pengguna baru. Kemitraan kami terus berkembang seiring dengan pertumbuhan signifikan yang dihasilkan YouAppi dalam berbagai metrik,” ujar Niva Widya, Senior Digital Marketing Manager Bukalapak.

“Di bulan Mei 2018, Bukalapak mencatat lonjakan tingkat pembelian sebesar 205% dan tingkat pembelian unik sebesar 14% dari pengguna yang mendaftar selama periode kampanye ini,” tambah Niva.

Tags: , , ,


COMMENTS