July 17, 2019

Gandeng Amazon Web Services, Menaker RI Targetkan 100 Ribu Tenaga Kerja Terampil ‘Cloud Computing’

Penulis: Rizki Romdoni
Gandeng Amazon Web Services, Menaker RI Targetkan 100 Ribu Tenaga Kerja Terampil ‘Cloud Computing’  

Mobitekno – Sumber daya manusia kerja yang siap dengan kecakapan melakukan komputasi awan di masa depan adalah salah satu pilar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi negara. Sesuai dengan komitmen pemerintah yang menjanjikan pembangunan sumber daya manusia di periode keduanya, Amazon Web Services (AWS) pada acara AWS Cloud Day Jakarta 2019 yang digelar di Jakarta, mengumumkan rencana program peningkatan keterampilan cloud computing yang dirancang untuk membantu transformasi digital Indonesia.

Rencana ini termasuk dengan menetapkan target untuk melatih ratusan ribu sumber daya manusia Indonesia melalui Kementerian Ketenagakerjaan dalam berbagai keahlian layanan cloud di tahun 2025.

“2019 prioritas pemerintah adalah membangun SDM yang kompeten dan kompetitif. Untuk kepentingan itu, pemerintah membuka diri untuk memberikan insentif mengakselerasi pembangunan SDM, menggenjot digital literasi dan membuat ekosistem yang mendukung,” jelas Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Hanif Dhakiri dalam konferensi pers AWS Cloud Day, Selasa (16/7).

Saat ini, AWS akan bekerjasama dengan pemerintah Indonesia dan instansi pelatihan terkait lainnya, termasuk lembaga pendidikan dan anggota AWS Partner Network (APN), turut berinvestasi dalam inisiatif untuk membantu sumber daya manusia Indonesia guna mempersiapkan kecakapan dalam hal teknologi, renumerasi yang tinggi, dan kebutuhan pekerjaan di masa depan.

Rencananya, Amazon dan Kemenaker RI akan melatih 100 orang agar bisa menjadi instruktur di bidang IT. Di tahun 2020, program kerja sama ini akan menargetkan sebanyak 400 orang yang bisa menjadi instuktur, sehingga di tahun 2025 diproyeksikan hasil kerja sama ini 100 ribu orang bisa dilatih terkait masalah cloud.

Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Hanif Dhakiri saat memaparkan permasalahan angkatan kerja di Indonesia

Sejalan dengan pernyataan Menaker, Gunawan Susanto selaku Country Leader PT Amazon Web Services Indonesia (AWS Indonesia), menyatakan bahwa dengan membantu membuka basis talenta secara masif yang dimiliki oleh negeri ini melalui berbagai inisiatif peningkatan kecakapan di bidang cloud, AWS dapat membantu membangun bakat Indonesia, yang pada akhirnya akan meningkatkan potensi ekonomi negara.

“Tanggung jawab untuk mendorong dan memperkuat kualitas tenaga kerja Indonesia harus dilakukan secara bersama-sama oleh institusi pendidikan, pelaku industri, dan pemerintah. Kementerian Ketenagakerjaan membuka peluang untuk berkolaborasi dengan pelaku industri seperti AWS, guna memastikan akan semakin banyak sumber daya manusia Indonesia yang memiliki akses terhadap pelatihan keterampilan cloud computing sesuai dengan kebutuhan industri.” kata Gunawan.

Dirinya juga menegaskan bahwa untuk memenuhi kebutuhan tersebut, AWS senang dapat bekerja sama dengan pemerintah, sehingga perusahaan dapat membuat kurikulum berbasis cloud untuk sekolah menengah dan kejuruan.

“Kami berharap dapat menciptakan sumber daya manusia kerja yang cakap di bidang cloud yang sangat penting bagi perkembangan ekonomi Indonesia,” ungkapnya.

Tags: , , , ,


COMMENTS